8 Prinsip Asuransi Syariah Bikin Tenang Berasuransi

0
60
Manfaat Asuransi Syariah Allianz
Manfaat Asuransi Syariah Allianz

“Setiap hembusan nafas yang diberikan Allah padamu bukan hanya berkah, tapi juga tanggung jawab.”

Hayo, siapa yang setuju dengan quote di atas?
Girls, kita telah diberikan banyak sekali berkah oleh Allah, Sang Pemilik Hidup, tapi pernahkah terpikir oleh kita, bahwa kita juga bertanggung jawab atas berkah tersebut?
Sebagai bentuk tanggung jawab kita kepada Allah, tentunya kita akan menjaga berkah tersebut, kan?

Apakah nikmat sehat juga termasuk berkah? Kalau iya, bagaimana sih cara kita mempertanggungjawabkan nikmat sehat tersebut? Tentunya dengan menjaga kesehatan tersebut kan?

Namun yang namanya hidup tentunya ada saja kejadian tak terduga yang datang, lalu bagaimana cara kita tetap mempertanggungjawabkan nikmat sehat itu, walau ada kejadian-kejadian yang tak terduga. Yes, dengan Asuransi Kesehatan.
Di artikel sebelumnya, kita sudah membahas mengenai pentingnya memiliki Asuransi Syariah, yaitu selain untuk mengalihkan resiko yang muncul tidak terduga juga untuk melindungi keuangan kita. Jadi ketika kita tertimpa musibah atau sakit, resiko yang muncul akibat ketidakmampuan kita untuk bekerja dapat dihindari.

Manfaat Asuransi Syariah Allianz
Manfaat Asuransi Syariah Allianz

Apakah memiliki Asuransi Kesehatan itu sesuai dengan ajaran agama?
Di dalam Islam, kita dianjurkan untuk saling tolong menolong dalam kebaikan. Seperti yang ada tertulis dalam QS Al Maidah 5 : 2; “Dan saling tolong menolonglah dalam kebaikan dan ketaqwaan dan jangan saling tolong menolong dalam dosa dan permusuhan.”

Jadi jenis asuransi yang dianjurkan di dalam Islam adalah yang berpegang pada prinsip tolong menolong. Nah, untuk lebih lengkapnya berikut adalah delapan prinsip yang harus dipegang teguh oleh asuransi yang dibenarkan dalam Islam :
1. Berpegang teguh pada prinsip tolong menolong
Jadi memiliki asuransi bukanlah hanya untuk meraih keuntungan, melainkan untuk ikut serta membantu sesama dengan cara yang Syari’
2. Menerapkan prinsip keadilan
Di dalam praktiknya, antara perusahaan asuransi dan nasabah saling bersikap adil. Sama-sama menjalankan kewajiban dan mendapatkan haknya masing-masing.
3. Tanpa riba
Islam sangat mengharamkan riba, maka dari itu semua dana atau premi yang dibayarkan oleh nasabah kepada Perusahaan Asuransi wajib diinvestasikan ke berbagai bisnis tertentu yang sesuai dengan prinsip Syariah.
4. Menjauhi judi
Dalam Asuransi Konvensional penggunaan prinsip maisir atau spekulasi atau judi, adalah hal lumrah, namun hal ini tidak berlaku dalam Asuransi Syariah. Asuransi Syariah menghindari penggunaan konsep tersebut dan akan menerapkan sistem berbagi resiko di dalam prakteknya.
5. Menghindari ketidakjelasan
Dalam Asuransi Syariah tidak diperbolehkan adanya gharar atau ketidakjelasan. Oleh karena itu Asuransi Syariah menggunakan konsep berbagi resiko dan bukan transfer resiko sebagaimana yang lazim digunakan dalam Asuransi Konvensional.
6. Menjauhi praktik suap menyuap
Baik nasabah maupun Perusahaan Asuransi wajib menjauhkan diri dari praktik suap menyuap. Karena pada dasarnya praktik suap atau risywah adalah kegiatan yang hanya menguntungkan satu pihak saja, sedangkan pihak lain dirugikan.
7. Harus amanah
Amanah tidak hanya untuk Perusahaan Asuransi saja, tapi juga untuk para nasabah. Dimana nasabah harus jujur ketika mengajukan klaim. Di lain pihak, Perusahaan Asuransi juga tidak boleh semena-mena dalam mencari keuntungan.
8. Sama-sama ridha
Nah, terakhir adalah nasabah ridha ketika dananya dikelola oleh Perusahaan Asuransi. Dan sebaliknya Perusahaan Asuransi juga harus ridha dengan amanah yang diterima dari para nasabah.

Manfaat Asuransi Syariah Allianz
Manfaat Asuransi Syariah Allianz

Jadi jelas yah girls, Asuransi Syariah sangatlah berbeda jauh dengan asuransi pada umumnya, atau yang disebut dengan Asuransi Konvensional. Ditambah lagi adanya Dewan Pengawas Syariah yang berfungsi untuk mengawasi jalannya Perusahaan Asuransi agar selalu sejalan dengan ketentuan Syariah. So girls, karena berpegang pada prinsip Syariah serta adanya pengawasan dari Dewan Pengawas Syariah, maka dipastikan produk Asuransi Syariah ini halal.

Dalam membeli asuransi, tentunya kita semua mengharapkan jaminan atas berbagai resiko yang akan timbul, sekaligus memberikan ketenangan karena telah menjalankan hukum agama, kan?

Asuransi Syariah Yang Benar-benar Syariah
Dengan berkembangnya zaman dan semakin mudahnya akses informasi, maka kesadaran kita terhadap agama kian meningkat. Karena kesadaran itulah maka semakin banyak orang yang lebih memilih produk-produk yang berbasis Syariah. Tidak terkecuali untuk berasuransi.

Perusahaan Asuransi pun kini mulai mengembangkan unit Syariahnya, tak terkecuali Allianz Life Indonesia. Nah, Allianz Life Indonesia mengembangkan unit Syariahnya dengan berpegang teguh pada prinsip Syariah serta pengawasan yang kuat dari Dewan Pengawas Syariah. Sehingga Allianz Life Indonesia menjamin produk-produk asuransi yang dikeluarkan memenuhi prinsip Syariah.

Manfaat Asuransi Syariah Allianz
Manfaat Asuransi Syariah Allianz

Allianz Life Indonesia menawarkan tiga produk andalannya yang berbasis Syariah, yakni Allianz Tasbih, AlliSya Protection, AlliSya Maxi Fund Plus serta AlliSya Care, yang kesemuanya memiliki keunggulanya masing-masing.

Allianz Tasbih – Tabungan Asuransi Biaya Haji
Allianz Tasbih adalah produk tradisional syariah yang memberikan proteksi serta tabungan berjangka untuk ibadah haji.
Allianz Tasbih menawarkan jumlah kontribusi yang lebih terjangkau dengan pilihan pembayaran bulanan, triwulanan, semesteran dan tahunan untuk mencapai akumulasi dana pembiayaan haji di masa datang.

AlliSya Protection Plus
AlliSya Protection Plus adalah produk unit link syariah yang memberikan manfaat asuransi apabila terjadi musibah berupa santuan asuransi beserta nilai investasi.

AlliSya Maxi Fund Plus
AlliSya Maxi Fund Plus adalah produk unit link syariah yang memberikan manfaat perlindungan jiwa seumur hidup hingga usia 100 tahun beserta nilai investasi yang bisa kita tentukan sendiri kapan untuk menikmati hasil tersebut.

AlliSya Care
AlliSya Care adalah produk asuransi kesehatan murni yang berbasis syariah.

Nah, mau tahu lebih banyak mengenai produk-produk Syariah dari Allianz Life Indonesia? Yuk langsung aja klik www.allianz.co.id atau hubungi nomor telepon (021) 29268888 ya.

#AllianzSyariahIsNow #Allianz #AllianzIndonesia #AllianzAsuransiSyariah #Asuransi #AsuransiSyariah #AsuransiAllianz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here