Lelah Dengan Bruntusan Di Wajah? Begini Cara Menghilangkannya

0
51
Acne 1606765 640
Cara Menghilangkan Bruntusan Pada Wajah

Hai girls, pernah ngalamin panen bruntusan di kulit wajah?
Nah, jadi bruntusan itu sebenarnya adalah bagian dari jerawat juga loh.
Jerawat itu punya banyak jenis, ada yang meradang seperti jerawat batu dan ada juga yang kecil-kecil tapi banyak, biasa disebut dengan bruntusan.

Cara Menghilangkan Bruntusan Pada Wajah
Cara Menghilangkan Bruntusan Pada Wajah

Untuk jerawat yang jenis bruntusan, biasanya lebih sering muncul di area dahi dan pipi. Bruntusan biasanya muncul di dahi atau pipi secara bersamaan, jadi membuat kulit wajah jadi merah dan terlihat kasar.

Ada banyak cara menghilangkan bruntusan, mulai dari cara alami sampai medis. Cara medis biasanya lebih cepat menghilangkan bruntusan. Tapi bagaimana nih dengan resikonya? Well, yuk kita simak cara-cara apa saja sih yang bisa menghilangkan bruntusan :

1. Laser
Mau hilangin bruntusan dengan cepat?
Laser adalah cara yang paling efektif dan cepat, namun laser memiliki resiko dan efek samping yang berbeda-beda, tergantung dengan jenis kulit kita. Selain itu, laser adalah cara yang paling mahal, kita harus merogoh kocek dalam-dalam kalau memilih treatment yang satu ini.
2. Injeksi
Mau cara yang relatif lebih aman dan terjangkau?
Nah, kamu bisa mencoba injeksi, yaitu dengan menyuntikkan serum khusus jerawat ke wajah. Injeksi juga sangat efektif dan cepat untuk menghilangkan bruntusan, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 24 jam hingga bruntusan hilang sempurna.
Tapi, kalau kamu punya jenis kulit sensitif, harus berhati-hati yah, karena serum yang diinjeksikan memiliki reaksi yang berbeda-beda. Reaksi yang muncul bisa kulit yang kemerahan, iritasi sampai munculnya keloid. Jadi sebelum mengambil jalan injeksi, wajib berkonsultasi dahulu dengan dokter ya.
3. Facial
Nah kalau cara yang satu ini adalah cara yang paling populer karena paling sering dilakukan. Facial bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan seluruh kotoran di wajah. Facial juga bisa membantu menghilangkan bruntusan. Oh ya, perlu diingat bahwa facial itu tidak boleh dilakukan terlalu sering, karena justru akan bikin jerawat makin sering muncul. Cukup lakukan facial rutin sekali sebulan ya.
4. Krim Wajah
Sebenarnya bruntusan itu masalah kulit yang umum kok, banyak yang ngalamin juga. Nah, maka dari itu, sudah banyak produk skin care yang menawarkan solusi untuk menghilangkan bruntusan. Memang sih penggunaan krim wajah tidak bisa menghilangkan bruntusan secepat 3 cara yang di atas, tapi karena biayanya relatif lebih terjangkau dan minim iritasi, sepertinya krim wajah patut dicoba.
5. Masker Alami
Punya kulit yang super sensitif? Takut pakai bahan-bahan kimia?
Cobain deh masker alami untuk menghilangkan bruntusan. Nih, kamu bisa cobain 3 cara alami ini :
1. Iris tomat dan aplikasikan sebagai masker di area wajah yang bruntusan. Lakukan rutin yah setiap seminggu sekali selama 30 menit.
2. Atau bisa cobain kompres dengan es batu. Lakukan tiap hari agar bruntusan cepat kempes.
3. Terakhir silakan gunakan air perasan lemon sebagai masker. Cara ini juga harus rutin agar bruntusan cepat hilang.
6. Rubah Gaya Hidup
Biasanya jerawat atau bruntusan, muncul karena pola makan yang tidak sehat serta tidak total dalam membersihkan wajah. Jadi lakukan beberapa hal berikut untuk mengindari munculnya bruntusan :

Cara Menghilangkan Bruntusan Pada Wajah
Salad – pixabay

1. Kurangi makan gorengan perbanyak sayuran, buah-buahan serta air putih yah.
2. Perhatikan sabun wajah, sunblock atau skin care yang digunakan, biasanya karena tidak cocok dengan jenis kulit kita, malah bikin kulit bruntusan.
3. Jaga kebersihan kulit, pastikan handuk, sarung bantal, topi ataupun helm yang digunakan bersih. Karena kuman juga bisa memicu jerawat.

Girls, itu dia berbagai cara untuk mnenghilangkan bruntusan di wajah. Kamu punya cara lain yang efektif untuk menghilangkan bruntusan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here