Kerjasama MOKA dan IWAPI untuk Memajukan Ribuan Pebisnis Wanita Indonesia

0
180
MOKA Dan IWAPI (2)
MOKA Dan IWAPI (2)

Halo girls, tahu ngga bahwa di tahun 2020 nanti, akan menjadi tonggak berbagai perubahan signifikan yang ada di Indonesia. Menurut, World Economic Forum tahun 2015 memprediksikan Indonesia akan menempati peringkat ke 8 ekonomi dunia di tahun 2020. Dan dengan adanya pengguna internet yang mencapai 140 juta, Indonesia akan menjadi pasar digital terbesar di Asia Tenggara tahun 2020.

Ini artinya Indonesia akan sangat diperhitungkan posisinya di dunia, baik dari segi ekonomi maupun dari segi sumber daya manusianya. Bangga banget yah?

Well, perekonomian Indonesia memang tidak bisa lepas dari sektor UMKM dan entrepreneurship. Sektor ekonomi Indonesia memang sangat didukung oleh para pengusaha UMKM nya. Terbukti, imbas resesi dunia tidak terlalu menghantam negara kita, karena UMKM yang terus menggerakan perekonomian dalam negeri.

Nah girls, berkaitan dengan UMKM, tanggal 21 Maret 2019 yang lalu, MOKA sebagai start up penyedia kasir digital Indonesia, menggandeng Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Pusat (IWAPI) untuk berkomitmen memajukan pengusaha wanita di Indonesia, yang jumlahnya lebih dari 30.000 pengusaha.

MOKA dan IWAPI memiliki kesamaan dalam hal visi untuk memberikan dukungan kepada para pengusaha wanita Indonesia agar dapat terus berinovasi dalam hal bisnis serta memanfaatkan teknologi. Sebagai informasi nih girls, pengusaha wanita di Indonesia telah menyumbang 9,1% dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) di tahun 2017. Dan 43% dari total usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia dimiliki oleh pengusaha wanita, loh.

Kerjasama MOKA dengan IWAPI ini ditandai dengan penandatanganan kerjasama yang berfokus pada pemanfaatan solusi operasional dan edukasi bisnis kreatif bagi seluruh UMKM di bawah naungan IWAPI, dengan target lebih dari 3000 pengusaha wanita di sepanjang 2019.

MOKA Dan IWAPI
MOKA Dan IWAPI

Pemanfaatan solusi operasional ini difasilitasi oleh MOKA dengan penyediaan teknologi real-time, yaitu MOKA Point of Sales (POS). Jadi dengan adanya MOKA POS, pelaku usaha diharapkan dapat menjalankan bisnisnya sehari-hari dengan lebih efisien.

Lalu, MOKA juga mendukung para pelaku usaha untuk mendapatkan edukasi bisnis kreatif yang fokus pada inovasi bisnis para pengusaha wanita, alias para anggota IWAPI.
MOKA sebagai startup yang berfokus pada pengembangan UMKM, berharap dapat bersinergi dan memberdayakan serta memperkuat kaum wanita di UMKM, terutama dalam hal mendapatkan akses ke teknologi baru, kemudahan pemasaran serta keuangan yang stabil.

Penandatanganan kerjasama antara MOKA dan IWAPI ini dilakukan oleh Bp. Bayu Ramadhan, selaku VP Brand & Marketing MOKA dan Ibu Ir. Nita Yudi, MBA selaku Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI).

Oh ya girls, acara pada hari itu juga diadakan talkshow inspiratif bersama beberapa wanita pelaku bisnis, di antaranya ada Ibu Elisa Sutedja – Deputy CEO Fore Coffee, Ibu Erica – Founder Buumi Playscape, Ibu Desta Rissasanti – Owner Haimimo, dan Dr. Shirley Oslan – Owner Madformakeup.

Talkshow inspiratif ini membahas banyak hal positif dan penting untuk diketahui oleh para wanita pelaku usaha. Antara lain hal-hal yang dibahas adalah mengenai pentingnya branding, hambatan yang dialami oleh pelaku bisnis serta kiat-kiat mengembangkan bisnis.

Acarapun hari itu pun ditutup dengan cooking class yang dipandu oleh Putri Habibie, yaitu seorang influencer Indonesia di dunia masak. Keseluruhan acara ini merupakan rangkaian dari acara A Cup of MOKA (ACOM) dalam rangka memperingati Hari Wanita Sedunia di tahun 2019.

MOKA Dan IWAPI
MOKA Dan IWAPI

Sekilas Tentang MOKA
Dengan seiring berkembangnya peluang usaha UMKM beberapa tahun belakang ini, MOKA, startup Indonesia, menyediakan end-to-end solutions bisnis yang dapat digunakan untuk menunjang pelaku bisnis dalam meningkatkan skala bisnisnya.

Aplikasi Mokapos
Aplikasi Mokapos

MOKA telah dipercaya lebih dari 14 ribu UMKM yang ada di 200 kota dan kabupaten di Indonesia. MOKA menawarkan kemudahan dan efisiensi dalam layanan berbasis aplikasi Point of Sale (POS) dengan fitur-fiturnya. Beberapa macam fitur yang disediakan oleh MOKA diantaranya ada MOKA Mobile Payment, MOKA Capital dan MOKA App Marketplace, kesemuanya memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis.

MOKA sendiri sudah berdiri sejak tahun 2014 loh, dan hingga kini tetap berkomitmen memberikan kesempatan bagi para pelaku bisnis mulai dari UMKM hingga enterprise besar untuk dapat menjalankan bisnisnya dari manapun dan kapanpun.
Kalau masih penasaran dengan MOKA silakan kunjungi official websitenya di www.mokapos.com

So, sudah siap berbisnis, kan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here