Kenali Jenis Alergi Pada Anak

0
151
Alergi Pada Anak
Alergi Pada Anak

Deskripsi:

Kenali lebih dalam apa saja yang menjadi alergi pada anak. Tanda-tanda alergi bisa dikenali terlebih dahulu untuk menemukan solusi dari penyembuhannya.

Artikel:

Alergi menjadi suatu hal yang sering dialami pada anak-anak. Pada kondisi ini terjadi akibat tubuh memiliki respon yang berlebihan terhadap suatu zat tertentu. Alergi pada anak terjadi ketika tubuh melakukan kontak pada suatu zat atau allergen tersebut. Pelajari selengkapnya mengenai apa saja yang menjadi tanda-tanda Alergi pada anak.

Jika Anda memiliki anak bayi, bayi ini biasanya yang paling rentan terkena alergi karena kulitnya masih sensitif dan daya tahan tubuhnya masih rendah. Pemicu dari alergi tersebut bisa berangkat dari makanan, udara, atau bahan kimia yang bersentuhan secara langsung dengan kulit anak. Tanda dari Alergi pada anak yang paling mudah terlihat yaitu munculnya ada pada kulit seperti ruam atau gatal. Simak lebih jelasnya ada pada artikel berikut ini.

Beberapa Jenis Alergi Pada Anak

Ada beberapa jenis atau tipe alergi pada anak yang paling sering terjadi. Berikut ini ulasan lengkapnya:

Alergi Makanan
Alergi ini biasa menimpa bayi hingga usia remaja. Alergi pada anak usia 2 tahun yang paling umum terjadi yaitu alergi makanan. Gejala dari alergi ini bisa berupa bintik-bintik merah, gatal-gatal, batuk, diare, muntah, dan masalah pada buang air besar.

Beberapa makanan yang sering menjadi sumber alergi pada bayi biasanya berupa olahan susu, kacang-kacangan, kerrang, dan lain-lain. Ketika sang bayi sudah mengonsumsi makanan pendamping ASI, di saat itu pula bayi akan mengalami alergi pada makanan tertentu mulai bermunculan.

Bintik Merah
Macam macam alergi kulit pada bayi biasanya timbul bintik-bintik merah. Ketika alergi terhadap substansi tertentu, maka tubuh akan melepaskan senyawa kimia histamin yang dapat memicu bintik tersebut. Bintik merah ini bisa muncul di bagian tubuh mana saja dan biasanya mereka akan berkelompok atau bergerombol.

Papular Urticaria
Obat gatal pada kulit anak bisa didapatkan setelah Anda mengetahui penyebab timbulnya gatal tersebut. Papular urticaria ini biasa disebut dengan reaksi alergi karena gigitan serangga yang biasa memicu benjolan ruam. Serangga yang dimaksud ada beragam, seperti nyamuk, kutu dan yang lainnya

Alergi ini biasa dialami oleh anak yang usianya berada di rentan dua hingga enam tahun. Alergi ini bisa juga menyerang bayi di bawah usia tersebut dan bisa bertahan hingga beberapa hari hingga beberapa minggu.

Eksim
Selain menggunakan obat apotik, Anda juga bisa mengandalkan obat tradisional alergi kulit pada anak untuk menyembuhkan alergi. Eksim adalah masalah kulit yang umum terjadi pada bayi. Ada berbagai jenis dari eksim, tapi eksim atopic merupakan yang paling sering terjadi. Ruam akibat eksim terdiri dari benjolan merah kecil yang biasanya muncul seperti gejala kulit kering.

Ada bayi yang lebih rentan terkena eksim, biasanya karena faktor keturunan dan lingkungan. Pemicu dari eksim sendiri yang paling umum adalah sentuhan kulit dengan kain yang bisa menimbulkan iritasi, sabun, dan panas. Adanya ruam karena eksim ini terlihat sedikit berbeda pada bayi yang sudah cukup besar. Bayi yang dibawah 6 bulan akan cenderung terdapat di bagian kulit kepala, wajah dan dahi, sedangkan bayi usia 6 hingga 1 tahun biasa muncul di lutut dan siku.

Demikian ulasan singkat mengenai tipe atau jenis Alergi pada anak. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memahami jenis alergi yang biasa menyerang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here