6 Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Baik Dikonsumsi Setiap Hari

12
105
Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil
Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Makanan sehat untuk ibu hamil penting sekali. Karena pada masa kehamilan apa yang dimakan oleh si ibu akan berpengaruh pada perkembangan janin saat di dalam kandungan dan juga saat ia lahir nantinya. Meski  dianjurkan mengonsumsi banyak jenis makanan untuk menambah nilai gizi. Ibu hamil juga disarankan memperbanyak beberapa jenis makanan tertentu karena kandungannya yang baik untuk ibu dan janin.

Memilih Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Membatasi jumlah makanan tertentu pada masa kehamilan adalah hal yang wajar. Beberapa makanan memang tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam jangka panjang meski sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

Contohnya beberapa buah boleh dikonsumsi tapi juga tidak boleh berlebihan. Seperti pisang. Meski baik tapi jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan terjadinya konstipasi pada ibu hamil

Kemudian makanan apa saja yang sehat dan baik dikonsumsi oleh ibu hamil tanpa resiko yang berlebihan? Simak beberapa ulasannya untuk Anda.

  1.    Ikan Salmon
Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil
Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Dipercaya sebagai sumber omega dan memiliki gizi yang lengkap. Salmon mengandung omega 3  yang sangat baik untuk perkembangan Janin di dalam kandungan. Bahkan konsumsi salmon dalam jumlah cukup dapat meningkatkan kecerdasan dan IQ yang ada pada bayi. Omega 3  berperan penting dalam perkembangan otak pada bayi selama masa kehamilan. Konsumsi salmon sangat disarankan asalkan cukup dalam kadar yang sewajarnya dan tidak berlebihan.

  1.    Ubi

Makanan yang penuh serat ini memiliki kandungan potassium. Zat besi, vitamin C, Betacaroten dan serat yang cukup tinggi. Ubi jalar sangat disrankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat memenuhi kebutuhan gizi dan juga zat besi yang dibutuhkan tubuh selama masa kehamilan. Kandungan dalam ubi jalar bermanfaat pada pembentukan mata, tulang dan juga kulit saat masa kehamilan. Konsumsi ubi jalar secara rutin juga dapat mencegah terjadinya kosntipasi yang sering dialami ibu hamil.

  1.    Telur
Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil
Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Bahan makanan yang akrab dengan kehidupan sehari- hari ini termasuk dalam kategori penting untuk ibu hamil. Karena telur mengandung nutris yang sangat diperlukan bayi dalam mencegah mereka mengalami cacat saraf saat lahir nanti. Telur juga mengandung omega 3, asam folat dan kolin. Kolin adalah senyawa yang membantu pembentukan syaraf, jaringan pembuluh darah dan otot pada bayi di dalam kandungan.

  1.    Oatmeal

Oatmeal mengandung serat, protein dan vitamin B 6 yang baik dikonsumsi oleh  ibu hamil. Kandungannya yang lengkap dapat member rasa kenyang lebih lama. Oatmeal juga disarankan dikonsumsi sebagai menu sarapan ibu hamil yang mengalami morning sickness yang cukup parah. Serat yang halus pada oatmeal dapat mencegah ibu hamil mengalami rasa mual yang berlebihan.

  1.    Kacang-kacangan

Segala jenis kacang –kacangan memiliki kadungan gizi yang kurang lebih sama. Seperti serat, Vitamin B6, mineral, zat besi. Folat dan banyak asam amino lainnya. Keseluruhan nutrisi ini sangat diperlukan dalam perkembangan otak janin pada masa kehamilan. Mengkonsumsi kacang- kacangan dengan tepat dapat mengurangi resiko kehamilan prematur pada bayi.

  1.    Daging Tanpa Lemak
makanan sehat untuk ibu hamil
makanan sehat untuk ibu hamil

Sudah menjadi rahasia umum bila daging adalah sumber protein terbaik untuk ibu hamil. Terutama daging tanpa lemak. Daging memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap. Selain mengandung protein, daging mengandung Vitamin B6, B12 dan juga zat besi. Dalam jumlah yang tepat daging bisa menjadi gizi yang  sangat baik untuk perkembangan jaringan otak dan syaraf serta pembentukan sel darah merah pada bayi selama masa kehamilan.

Masa kehamilan adalah masa keemasan yang terjadi dalam tubuh seorang ibu. Saat itulah ibu hamil mencurahkan segala kasih sayangnya pada bayi yang dia kandung. Dan wujud kasih sayang itu adalah,  dengan memberikan gizi terbaik kepada mereka selama masa kehamilan.

 

 

12 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here