Informasi Perkembangan Motorik si Kecil yang Perlu Bunda Ketahui

0
46
Blur Boy Child 1598122
perkembangan motorik

Perlu bunda ketahui bahwa perkembangan motorik kasar dan halus pada setiap anak saling berbeda antara satu sama lain, di mana perbedaan tersebut disebabkan oleh perbedaan usia anak. Motorik kasar dan halus memberikan pengaruh yang cukup besar pada gerak fisik si Kecil, serta cara berpikir, beraktivitas, dan proses mencerna makanan pada tubuhnya.

Istilah motorik kasar digunakan untuk gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar atau sebagian besar atau seluruh anggota tubuh. Gerakan tersebut dipengaruhi oleh kematangan anak itu sendiri. Adapun istilah motorik halus adalah ungkapan terkait kemampuan anak dalam mengamati sesuatu dan melakukan gerakan yang melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu dan dilakukan otot-otot kecil, di mana semua gerakan-gerakan tersebut memerlukan koordinasi yang cermat.

Menurut Widodo Judarwanto yang merupakan seorang dokter spesialis anak, sebagian anak ada yang memiliki perkembangan motorik kasar yang lebih baik, tapi sayangnya perkembangan motorik halusnya tidak demikian. Anak dengan motorik kasar yang lebih baik memiliki kemampuan yang baik dalam bidang olahraga dan aktifitas fisik lainnya, sedangkan anak dengan perkembangan motorik halus yang lebih baik memiliki kemampuan yang lebih baik dalam bidang aktifitas yang membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi. Sebagai contoh, anak tersebut mampu lebih baik dalam melakukan pewarnaan gambar dengan rapi dan tidak keluar garis.

Pada saat anak memasuki usia emas (golden age) yaitu usia 3-4 tahun, perkembangan motorik si kecil mengalami peningkatan pesat di otak dan selnya. Di usia anak yang seperti ini, bunda sangat dituntut untuk senantiasa mengawasi sejauh mana tingkat perkembangan motorik kasar dan halus si kecil agar bisa diambil langkah-langkah penanganan yang tepat.

Aktifitas Motorik Kasar Anak Usia 3 Tahun
1. Saat si kecil berada pada usia 3 tahun, biasanya dia sudah mampu melakukan beberapa aktivitas dengan motorik kasarnya, seperti :
2. Berdiri dan melompat dengan satu kaki
3. Berjalan menyusuri papan dengan seimbang
4. Mengendarai sepeda yang memiliki tiga roda
5. Menangkap bola besar
6. Melompat sejauh hingga 1 meter
7. Menangkap bola besar dengan menggunakan dua tangan
8. Berdiri dengan bertumpu pada tumit
9. Membawa sesuatu di atas baki
10. Aktifitas Motorik Halus Anak Usia 3 Tahun

Bperkembangan motorik
perkembangan motorik

Adapun beberapa contoh aktifitas yang digerakkan oleh motorik halus si kecil saat berusia 3 tahun adalah sebagai berikut :
1. Menggambar orang
2. Mencuci tangan sendiri tanpa dibantu orang lain
3. Membuat garis lurus serta lingkaran yang rapi
4. Membentuk berbagai benda dari lilin mainan
5. Mampu membuka menutup kotak
6. Menggambar sesuatu yang diketahuinya, bukan sesuatu yang dilihatnya
7. Menggunting kertas dengan pola garis lurus, melengkung, atau zig zag

perkembangan motorik
perkembangan motorik

Perkembangan motorik halus dan kasar si kecil akan berkembang lebih baik jika bunda selalu memberikan stimulasi dan pendampingan kepadanya. Beberapa bentuk stimulasi yang bisa bunda lakukan seperti menemani si kecil bereksplorasi di halaman rumah, bereksperimen dalam membuat adonan kue, mengajaknya belajar menggunakan alat tulis, bermain air dan busa sabun kala mandi, dan bentuk-bentuk stimulasi lainnya. Dengan adanya bunda yang selalu mendampingi, niscaya perkembangan motorik si kecil pun akan lebih baik dan lebih optimal.

Demikianlah artikel seputar perkembangan motorik si kecil yang perlu bunda ketahui. Semoga informasi kali ini bisa memberikan tambahan pengetahuan yang bunda butuhkan, sehingga bunda bisa menentukan langkah yang tepat dalam menghadapi perubahan dan perkembangan motorik kasar dan halus buah hati bunda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here