Konsumsi 5 Minuman Ini Untuk Membersihkan Racun Secara Alami Dari Dalam Tubuh

2
20664
Vegetable Juices 1725835 1280
Vegetable Juices - pixabay

Gaya hidup yang tidak sehat dan konsumsi makanan yang kurang bergizi membuat tubuh kita menyimpan banyak racun atau toksin. Apabila racun tersebut tidak dikeluarkan akan menumpuk dan terakumulasi di dalam tubuh sehingga mengganggu kinerja organ tubuh kita.

Lalu bagaimana caranya mengeluarkan racun-racun tersebut dari dalam tubuh kita? Nah, untuk mengeluarkan atau membersihkan racun tersebut, kita bisa melakukan detoksifikasi. Detoksifikasi sendiri berarti proses penetralan toksin atau racun dari dalam tubuh. Proses detokfikasi yang aman bisa dengan menggunakan cara alami, seperti rutin mengkonsumsi lima minuman sehat berikut :

1. Detoks lemonade
Minuman detoks lemonade ini terbuat dari campuran lemon, jahe, madu, dan air hangat. Minuman hangat ini menjadi alternatif minuman detoksifikasi terbaik. Sebaiknya minuman detoks lemonade diminum pada pagi hari setelah bangun tidur dan perut dalam keadaan kosong. Lemon kaya akan vitamin C dan asam sitrat, mengonsumsi minuman ini mampu membantu tubuh membersihkan racun secara alami dari dalam. Selain itu vitamin C juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

minuman untuk detoksifikasi
lemonade – pixabay

2. Detoks sayur
Jarang makan sayur? Coba sekarang nikmati sayur dengan cara meminumnya. Campur beberapa sayuran mentah segar yang mudah ditemukan. Contohnya mentimun, bayam, seledri, kubis, dengan bit. Cuci bersih semuanya dan bilas dengan air hangat. Lalu blender semuanya sampai halus, kemudian langsung nikmati untuk membersihkan racun dari dalam tubuh. Serat pada sayuran hijau mampu mengikat dan mengeluarkan logam-logam berat dari dalam tubuh.

minuman untuk detoksifikasi
vegetables – pixabay

3. Detoks buah-buahan
Karena rasanya yang enak, detoks buah menjadi salah satu cara lezat untuk membersihkan racun dalam tubuh. Buah-buahan yang bisa digunakan antara lain apel, jeruk, nanas, lemon, semangka, aprikot, anggur dan lain-lain. Minuman detoks dengan buah sebaiknya diminum pada pagi hari ketika bangun tidur dan saat perut masih kosong.

minuman untuk detoksifikasi
fruits – pixabay

4. Detoks minuman kuning
Cobalah blender beberapa ruas kunyit dan 1 ruas jahe yang telah dibersihkan. Lalu rebus dengan air dan tambahkan air asam jawa, serta sejumput garam. Kunyit dan jahe akan menjadi salah satu pembersih racun yang alami dari dalam tubuh. Bukan cuma itu, kunyit juga membuat metabolisme bekerja lebih maksimal dalam membakar lemak. Kunyit juga merupakan antibiotik alami serta sangat baik untuk sistem reproduksi wanita. Jadi minuman ini sangat kaya akan manfaat untuk tubuh.

minuman untuk detoksifikasi
turmeric – pixabay

5. Detoks teh
Bagi para pecinta teh, teh bisa juga menjadi alternatif minuman detoksifikasi. Untuk hasil detoks yang lebih efektif, coba tambahkan beberapa rempah untuk menjadikan minuman tersebut sebagai pembersih racun dari dalam tubuh. Misalnya jahe, daun mint, jintan, atau ketumbar. Rebus semua bahan kemudian ambil sarinya untuk mendapatkan minuman sehat detoks tubuh. Daun teh yang biasa digunakan sebagai minuman detoksifikasi biasanya adalah daun teh hijau segar. Teh hijau juga kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas serta meningkatkan imunitas tubuh.

minuman untuk detoksifikasi
tea – pixabay

Itulah lima alternatif minuman alami pembersih racun dari dalam tubuh. Selain menyehatkan, ke lima minuman tersebut dapat mempercantik kulit, menghilangkan jerawat dan memperlancar metabolisme sehingga tubuh makin langsing deh.

Selain dengan mengkonsumsi minuman tersebut, sebaiknya juga menambah asupan air putih minimal delapan gelas setiap harinya. Hindari juga makanan olahan, rokok dan alkohol. Gaya hidup sehat dan mengatur pola makan yang sehat adalah satu-satunya jalan agar hidup tetap sehat dan berkualitas. Selamat mencoba!

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here