Ini Dia Bahayanya Mencampur Susu Dengan Minuman Lain

0
798
Strawberries 1398444 640
milk - pixabay

Hai girls, kamu suka mencampur susu dengan buah-buahan seperti strawberry, pisang, jeruk atau mangga? Hati-hati loh, mencampur beberapa buah dengan susu bukannya memberikan manfaat malah justru bisa membahayakan bagi tubuh loh.

Buah-buahan banyak memiliki kandungan asam, sedangkan susu sangat kaya akan protein. Nah, sehingga apabila dikombinasikan atau dicampur justru memberikan efek yang tidak baik, karena asam pada buah akan mengikat protein pada susu, sehingga membuatnya jadi sukar dicerna oleh lambung, hati-hati ini bahkan bisa mengakibatkan fermentasi pada alat pencernaan.

Selain dengan buah-buahan, nyatanya susu juga tidak baik jika dicampurkan dengan beberapa minuman atau makanan berikut ini. Simak listnya ya.

1. Susu dengan Gula

Milk Shake 608919 640
Milk Shake – pixabay

Menambahkan gula pada susu yang dalam kondisi panas dapat berbahaya untuk pencernaan kamu, karena di dalam susu mengandung leusin atau asam amino yang apabila dicampurkan dengan gula dalam kondisi panas, akan memicu reaksi dan merubah ke zat tersebut menjadi leusin fructosyl atau radikal fluktosa. Radikal fruktosa bersifat racun dan dapat merusak tubuh orang yang mengonsumsinya. Kalau kamu menginginkan susu dengan rasa yang lebih manis, bisa menyiasatinya dengan memasukkan gula yang telah dicairkan setelah susu mulai agak dingin.

2. Susu dengan Coklat

Cappuccino 602243 640
Cappuccino 602243 640

Mencampur susu dengan coklat juga bisa membahayakan kesehatan kamu loh. Karena susu mengandung protein dan kalsium yang tinggi, sementara coklat mengandung asam oksalat yang apabila keduanya dikombinasikan, maka kalsium akan menjadi bersifat tidak larut sehingga dapat mengganggu penyerapan kalsium. Diare serta rambut menjadi kering adalah beberapa keadaan yang disebabkan oleh gangguan absorbsi kalsium.

3. Susu dan Teh

Herbal 2560601 1280
milk tea – pixabay

Teh adalah satu minuman herbal yang menyehatkan dan sudah terkenal khasiatnya, namun akan menjadi kurang bermanfaat jika dicampur dengan susu. Kenapa bisa demikian? Ini disebabkan karena susu mengandung protein casein yang apabila dicampur dengan teh justru dapat menghambat atau menurunkan kandungan pentingnya, seperti Catechin yang ampuh melawan penyakit jantung. Bukannya mendapat manfaat dari ke dua minuman tersebut malah mendatangkan penyakit. Rugi besar kan?

4. Susu beserta obat

Pills 140186 1280
Pills pixabay

Hayo, siapa yang suka makan obat sambil dipadukan dengan minum susu? Hindari minum obat dengan disertai susu, karena susu dapat mempengaruhi penyerapan manfaat obat ke tubuh. Susu mampu dengan mudah melapisi permukaan obat lalu membentuk selaput. Sehingga, zat-zat yang terkandung di dalam obat bereaksi sehingga menjadi komponen yang tidak dapat larut dalam air.

Minumlah obat dengan air putih saja. Namun apabila kamu ingin mengkonsumsi susu dan juga harus meminum obat, coba berikanlah jeda waktu minimal satu jam sebelum atau sesudah minum susu.

5. Susu dengan minuman energi

Glass 1379822 1280
milk – pixabay

Pada dasarnya minuman energi adalah minuman yang berfungsi untuk meningkatkan energi, konsentrasi, stamina dan performa. Dimana minuman ini kafein yang cukup tinggi, taurin, vitamin, suplemen herbal, gula maupun pemanis buatan.

Kandungan protein dan lemak dalam susu juga merupakan sumber energi. Yang artinya mencampur minuman energi dengan susu, berarti meningkatkan jumlah kandungan gula yang dikonsumsi dalam jumlah yang sangat besar.

Karena di dalam susu sendiri sudah memiliki banyak manfaat, namun apabila salah dalam penyajiannya justru akan merusak manfaat susu dan berbahaya untuk tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari susu, sebaiknya konsumsilah susu murni, dan akan lebih menyehatkan apabila tidak dicampurkan dengan minuman lainnya.

Nah, kalau kamu biasanya mencampur susu dengan apa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here