Hari Ginjal Sedunia, Begini Cara Sederhana Mencegah Penyakit Ginjal

15
382
Hari Ginjal Sedunia
Hari Ginjal Sedunia

Babes, sudah tahu belum kalau Hari Ginjal Sedunia diperingati setiap tahunnya pada 13 Maret. Nah, kali ini tema yang diangkat pada Hari Ginjal Sedunia adalah Ginjal Sehat untuk Semua. Tujuan dari diadakannya Hari GInjal Sedunia ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat seputar kesehatan ginjal.

Pada 13 Maret, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengadakan acara temu blogger terkait Hari Ginjal Sedunia. Direktur P2PTM Kementerian Kesehatan RI, dr. Cut Putri Arianie, M.H.Kes menyampaikan informasi yang cukup penting, dijelaskan bahwa penyakit ginjal kronis di Indonesia menempati urutan ke-13 sebagai penyebab kematian di 2017.

Berdasarkan data dari IHME, Global Burden Disease, 2017 dari total kematian 1.510.113 di Indonesia. Penyakit ginjal kronis menempati urutan ke-13 penyebab kematian terbesar yaitu sebesar 35.217 atau 2 persen dari total kematian.

20200312 134221
20200312 134221

dr. Cut Putri Arianie, M.H.Kes juga menyampaikan bahwa prevalensi Gagal Ginjal Kronis tertinggi berdasarkan diagnosis dokter, ada di provinsi Kalimantan Utara dan Sulawesi Barat sebagai yang terendah berdasarkan Riskesdas 2018.

Bila berdasarkan usia, penduduk usia 15 tahun ke atas yang terdiagnosis gagal ginjal kronis di Indonesia ada sebesar 0,38 persen atau sebanyak 739.208 jiwa. Tertinggi ada di provinsi Kalimantan Utara 0,64 persen, dan terendah Sulawesi Barat 0,18 persen.

Lalu apa saja sih yang bisa menyebabkan seseorang memiliki risiko terkena gagal ginjal kronis? Berikut 3 faktor yang harus dihindari agar tidak terkenal penyakit ginjal :

1. Obesitas
Organ ginjal harus bekerja lebih berat pada orang yang memiliki berat badan berlebih alias obesitas. Organ ginjal dibutuhkan untuk menyaring darah lebih banyak daripada normal untuk memenuhi tuntutan metabolik yang meningkat sesuai berat badan seseorang.

Peningkatan kinerja organ ginjal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan ginjal dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit ginjal kronis dalam jangka waktu lama.

2. Hipertensi
Prevalensi hipertensi, berdasarkan hasil pengukuran tekanan darah di Indonesia ada sebanyak 34,11 persen dari total penduduk memiliki hipertensi. Kalimantan Selatan menjadi yang tertinggi, ada sebanyak 44,13 persen, dan terendah di Papua sebanyak 22,22 persen.

3.Diabetes Melitus
Prevalensi Diabetes Melitus dari diagnosis dokter di Indonesia ada sebanyak 2,0 persen dari total penduduk berusia di atas 15 tahun. Prevalensi tertinggi ada di DKI Jakarta sebanyak 3,4 persen dan terendah di Nusa Tenggara Timur (NTT) sebanyak 0,9 persen.

So Babes, berdasarkan 3 faktor penyebab risiko penyakit ginjal yang telah dijabarkan di atas, kita bisa menyimpulkan cara-cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyakit ginjal dapat dilakukan sejak dini, yaitu dengan melakukan perilaku hidup sehat seperti pola makan sehat, aktivitas fisik, dan mengurangi konsumsi garam dan alkohol. Dan yang terakhir jangan malas untuk melakukan deteksi dini melalui screening kesehatan.

15 COMMENTS

  1. Waahh aku mulai naik terus berat badan nih. Dan sering konsumsi obat. Jadi agak-agak ngeri juga kadang dibilangin org-org takut kena ginjal.

    Makasih infonya yaa..

  2. Ternyata usia remaja juga nggak luput dengan penyakit gagal ginjal. Harus lebih waspada dan peduli dengan kesehatan diri sendiri, menjaga pola hidup sehat

  3. Ginjal merupakan salah satu organ vital dalam tubuh, jika fungsinya tak berjalan semestinya akibatnya sungguh fatal. Oleh karenanya wajib untuk mencegah dgn melakukan hal-hal sederhana salah satunya menghindari faktor resiko

  4. Penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit yang mesti diwaspadai ya. Tingkat kematiannya lumayan besar juga, pola hidup sehat memang harus diterapin biar terhindar dari berbagai penyakit termasuk penyakit ginjal ini

  5. Ginjal itu salah satu organ yang wajib banget dipelihara kesehatannya yaa, apalagi aku pernah konsumsi obat selama 9 bulan, minum air putih cukup bahkan lebih itu wajib banget buat aku

  6. Aku paling takut kena penyakit yang menyerang organ dalam Mbak. Nggak kelihatan tapi efeknya menyakitnya. Seperti ginjal dan jantung.

    Kata orang supaya terhindar dari penyakit ini kudu rajin minum air yang banyak. Itu sudah kulakukan, semoga kita semua selalu sehat dan terhindar dari penyakit ya

  7. Aku dan keluarga mengurangi minum obat kimia, makanan cepat saji dan minuman yg ekstra manis. Semoga kita diberikan kesehatan dan dijauhkan dari penyakit ya kak

  8. aku sekarang untuk mencegah jangan sampai ketinggalan minum air mineral, jadi di buat alarm gitu kak. Padahal ada apps nya, ya tapi jadi nyaman pas setting sendiri

  9. Aku kena kristal ginjal nih kak.. cuma yaitu susah banget minum air putih aja. Pengennya yang berwarna terus hikss. Obesitas juga nih haduhh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here