4 Cara Sederhana Namun Ampuh Mengobati Sakit Gigi

0
572
Obat Sakit Gigi
Obat Sakit Gigi

Hai babes, pernah ngerasain sakit gigi? Sakit gigi sebenarnya adalah rasa nyeri yang timbul dan berasal dari di dalam atau di sekitar gigi. Intensitas nyeri yang dirasakan bisa ringan hingga sangat parah. Tingkat rasa nyeri tersebut bisa sangat tajam dan terasa secara terus menerus atau sesekali timbul lalu hilang.

Ada banyak hal yang menybabkan timbulnya rasa sakit gigi, misalnya saja lubang kecil pada gigi, retak pada gigi, atau bisa juga efek samping dari penyakit lain seperti sakit pada gusi dan sinus.

Sakit gigi termasuk ke dalam jenis sakit yang yang paling menyakitkan secara fisik. Sakit gigi juga sering tiba-tiba saja muncul, tanpa adanya gejala. Maka dari itu, banyak orang yang sengat takut akan sakit gigi, dan selalu sedia obat sakit gigi di rumahnya. Obat sakit gigi yang biasa digunakan biasanya obat pereda rasa nyeri.

Nah babes, kalau kamu terkena sakit gigi secara tiba-tiba, sebaiknya kamu jangan langsung panik, yah. Ada beberapa cara mudah dan sederhana kok, yang dapat kamu lakukan untuk mengobati sakit gigi untuk sementara waktu.

Babes, di bawah ini adalah beberapa tips mudah dan sederhana mengobati sakit gigi yang tiba-tiba datang secara darurat. Bahan-bahan yang diperlukan juga sangat mudah didapat kok, yuk simak tipsnya berikut ini :

1. Air garam
Babes, air garam memang sudah sangat terbukti ampuh untuk meredakan rasa nyeri dan peradangan karena sakit gigi. Coba deh larutkan 1-2 sendok makan garam dapur ke dalam 1 gelas air hangat. Aduk garam hingga larut, kemudian lalu berkumurlah dengan air garam tersebut selama 30 detik dan kemudian buang airnya.

Sebaiknya sikatlah gigi terlebih dahulu sebelum berkumur dengan air garam, agar gigi dan rongga mulut benar-benar bersih dari sisa-sisa makanan. Garam terbukti mampu meredakan peradangan pada gigi yang disebabkan oleh bakteri serta membunuh bakteri tersebut.

2. Kompres dengan es batu
Sakit gigi biasanya disertai dengan pembengkakan di area gusi. Pembengkakan terjadi karena adanya peradangan serta perdarahan dalam jaringan gusi. Mengompres pipi dengan menggunakan es batu membantu redakan nyeri serta menghentikan perdarahan di sekitar gusi. Rasa dingin pada es batu juga dapat memberikan efek kebas, jadi rasa ngilu yang timbul karena sakit gigi dapat berkurang.

Kamu bisa membungkus beberapa keping es batu dengan kain atau handuk kecil, lalu tempelkan pada area pipi yang mengalami pembengkakan. Lakukan kompres selama 20 hingga 30 menit. Ulangi kompres hingga bengkak pada pipi menghilang.

3. Bawang Putih
Nah, bawang putih juga mampu meredakan rasa nyeri karena sakit gigi, loh dan bawang putih sangat mudah ditemukan. Bawang putih dipercaya mampu membunuh bakteri dalam pengobatan tradisional.

Bawang putih memiliki sifat antiseptik dan antibiotik alami, yang efektif melawan infeksi. Bawang putih juga mengandung Allicin, yaitu senyawa yang bisa mengurangi rasa nyeri di gigi.

Oh yah, cara menggunakan bawang putih sebagai obat sakit sangat mudah, kok. Cukup kupas dan bersihkan bawang putih, lalu belah menjadi dua bagian. Kemudian letakan potongan bawah putih tersebut ke area gigi yang sakit. Jadikan potongan bawang putih itu sepebagai kompres. Atau, kamu bisa juga langsung mengunyah potongan bawang putih tersebut selamat beberapa menit.

4. Obat sakit gigi
Nah, alternatif lain untuk meredakan sakit gigi dengan cepat adalah dengan meminum obat sakit gigi. Obat sakit gigi efektif untuk meredakan rasa nyeri serta pembengkakan yang timbul. Ada banyak obat sakit gigi yang dijual bebas di apotek tanpa memerlukan resep dokter, dan ini bisa menjadi solusi darurat untuk meredakan rasa nyeri karena sakit gigi.

Tapi ingat yah babes untuk membaca petunjuk penggunaan obat sakit gigi yang tertera pada kemasan. Baca juga dosis pemakaiannya, dan apabila sakit gigi tidak membaik juga langsung hubungi dokter, yah.

Solusi Kesehatan yang Lebih Mudah, Lengkap dan Terpercaya
Babes, ingat yah, jangan anggap remeh rasa sakit. Bila rasa sakit yang kamu derita tidak kunjung membaik setelah mengkonsumsi obat, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Aplikasi Halodoc
Aplikasi Halodoc

Halodoc merupakan aplikasi kesehatan yang bertujuan memberikan kemudahan dan kecepatan bagi siapa saja dalam akses layanan kesehatan. Aplikasi Halodoc mampu menyederhanakan akses terhadap layanan kesehatan yang selama ini dikenal rumit dan berbelit-belit.

Dengan aplikasi Halodoc, semua orang berkesempatan mengakses layanan kesehatan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan smartphone.

Selain memudahkan penggunanya untuk berkonsultasi dengan dokter, aplikasi Halodoc juga memudahkan kebutuhan medis dengan adanya fitur pharmacy delivery. Nah, jadi kapanpun kamu membutuhkan obat, seperti misalnya obat sakit gigi, kamu tinggal memesannya di aplikasi Halodoc.

Fitur Aplikasi Halodoc
Fitur Aplikasi Halodoc

Itu dia babes, 4 cara sederhana yang terbukti ampuh mengobati sakit gigi dengan cepat. Tapi ingat yah babes, apabila sakit gigi berlanjut segeralah berkonsultasi dengan dokter, dan ngga perlu repot untuk mengunjungi dokter apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Kamu bisa berkonsultasi dengan menggunakan aplikasi Halodoc kapan saja dan dimana saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here