Hai Konten Kreator, Bermasalah dengan Reach dan Engagement?

0
93
Waktu Yang Tepat Untuk Posting Instagram
Instagram

Berdasarkan survei We Are Social, Hootsuite 2020, Instagram masih menjadi salah platform media sosial yang paling di minati di Indonesia. Instagram menduduki posisi ke empat setelah Youtube, WhatsApp dan Facebook dengan jumlah pengguna sekitar 79% di Indonesia. Dan tahukah kamu, bahwa Indonesia merupakan negara pengguna media sosial terbesar ke empat setelah India, USA dan Brazil?

Fakta tersebut di atas tentunya membuat Instagram menjadi platform yang sangat menarik untuk para influencer dan konten kreator untuk mempublikasikan kontennya.

Tapi tentunya, tidak mudah mendapatkan perhatian di media sosial yang punya pengguna sangat banyak. Sudah menempuh banyak cara, seperti memperbaiki kualitas konten, kadang para konten kreator mendapatkan reach konten yang rendah namun engagement yang tinggi ataupun sebaliknya. Jadi bagaimana solusinya? Well, coba cek solusinya di bawah ini.

Waktu Yang Tepat Untuk Posting Instagram
menaikan reach dan engagement Instagram

1.Reach konten rendah tapi engagement tinggi
Nah, kalau reach kamu rendah tapi engagement tinggi, sebaiknya perbaiki strategi post dan pemilihan hashtag.

Coba deh ubah waktu postingan kamu. Cek, di jam berapa kah selama ini kamu post konten kamu? Ingat untuk post konten di waktu para follower kamu aktif, lalu perbanyak post interaktif seperti mengajak kompetisi, pooling, membagikan giveaway atau bisa juga mengajak para followers untuk kolaborasi konten.

Oh iya, membagikan postingan interaktif di Instgram story akan memberikan dampak engagement yang lebih baik. Ini karena followers akan merasa dilibatkan secara langsung.

Strategy lainnya bisa dengan menggunakan Instagram ads. Lalu cari tahu dan gunakan hashtag yang efektif, relevan, spesifik dan tepat. Kamu bisa juga mengurangi jumlah postingan feed yang mendapatkan likes dan komentar yang sedikit.

2.Reach konten tinggi tapi engagement rendah
Untuk permasalah yang ini, solusi terbaiknya adalah memperbaiki strategi konten.
Coba cek, apakah konten kamu seperti itu-itu saja? Apakah tidak ada perubahan dari isi konten kamu selama berbulan-bulan? Kalau isi Instagram feed kamu itu-itu saja tentunya sangat membosankan untuk para followers kamu. Coba posting sesuatu yang beda!

Strategi lainnya adalah coba untuk berinteraksi lebih dekat dengan followers kamu. Balaslah setiap komentar yang masuk, dan coba buat pertanyaan yang membuat mereka ingin berdiskusi lebih dalam dengan kamu.

3.Reach konten dan engagement sama-sama rendah
Whoa, bagaimana kalau kasusnya reach serta engagement sama-sama rendah? Well, cara yang paling efektif adalah lakukan ke dua tips di atas dan cobalah konsisten selama minimal tiga bulan.

Dengan berkembangnya reach serta engagement kamu, tentunya memudahkan sangat memudahkan untuk membagikan konten kamu di Instagram. Ingat, konsistensi akan mengalahkan segalanya, jadi jangan mudah menyerah, terus atur dan perbaiki strategi kamu yah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here