Cek Kulit Kamu, Apakah Kamu Termasuk yang Mengalami Kulit Dehidrasi?

0
633
kulit dehidrasi
kulit dehidrasi

Babes, apakah kamu termasuk pemilik jenis kulit wajah kering? Memang nyebelin yah punya jenis kulit kering, wajah jadi terlihat kusam dan kasar. Eits, tapi tahukah kamu, ternyata jenis kulit kering bukan selalu berarti kekurangan cairan atau dehidrasi, loh.

Jenis kulit kering biasanya disebabkan oleh faktor genetik, atau faktor keturunan, dan biasanya makin kering seiring dengan pertambahan usia. Sedangkan ada juga kulit kering yang disebabkan oleh kurangnya cairan, kondisi kulit seperti ini disebut dengan kulit dehidrasi. Nah, penasaran apa sih kulit dehidrasi itu? Apakah kamu termasuk yang mengalaminya?

Kulit Dehidrasi
Kulit dehidrasi adalah kondisi kulit yang kekurangan cairan, kondisi ini membuat kulit terlihat kering. Kondisi kulit dehidrasi disebabkan faktor luar, karena cairan yang diterima tubuh kurang. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, bahkan untuk yang tipe kulitnya berminyak ataupun kering.

Kondisi kulit dehidrasi bisa disebabkan oleh banyak hal, dan penyebab paling banyak terjadi adalah kurangnya minum air putih. Selain kurang minum air putih, faktor udara yang kering, suhu yang panas atau dingin serta paparan sinar matahari yang berlebih juga bisa menyebabkan kondisi kulit dehidrasi. Jadi jelas yah, penyebabnya pasti dari luar, bukan dari dalam diri sendiri.

Ciri-Ciri Kulit Dehidrasi
Kondisi kulit yang dehirasi langsung bisa dikenali dari tampilannya. Biasanya kulit yang mengalami dehidrasi terlihat kusam, kasar, terlihat berminyak namun terasa kering. Bisa juga terlihat kemerahan dan terasa gatal.

Kamu juga bisa melakukan cek atau tes langsung dengan cara mencubit. Coba cubit sedikit bagian kulit pipi atau dagu kamu, apabila kulit bekas cubitan tidak langsung kembali ke bentuk semulanya setelah beberapa detik, itu artinya kulit kamu sedang mengalami dehidrasi. Ayo segera minum segelas air putih yah!

Cara Mengatasi Kulit Dehidrasi
Nah, apabila kamu sedang mengalami kondisi kulit dehidrasi, kamu bisa segera melakukan beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya :

1.Minum air putih
Biasakan untuk rutin mengonsumsi air putih atau air mineral minimal 8 gelas setiap hari. Biasakan untuk selalu minum satu gelas air putih setiap pagi setelah bangun tidur. Fungsinya adalah mengganti cairan tubuh yang hilang setelah tidur semalaman.

2.Hindari mencuci wajah dengan air hangat
Air hangat mampu mengangkat lapisan minya alami pelindung kulit wajah. Jadi, hindari mencuci wajah dengan air hangat, ya!

3.Gunakan sunscreen
Seperti yang sudah dibahas di atas, paparan sinar matahari bisa membuat kulit dehidrasi. Gunakan sunscreen atau tabir surya setiap kali memulai beraktifitas, agar kulit terjaga dari sinar matahari.

4.Rajin makan buah dan sayuran
Buah dan sayuran mengandung banyak cairan yang baik untuk menghidrasi kulit. Vitamin, antioksidan serta mineral yang terkandung di dalamnya membuat kulit sehat. Oh ya, kurangi untuk mengonsumsi garam, yah. Makanan yang tinggi garam bisa membuat kulit dehidrasi. Garam memiliki sifat menyerap cairan yang ada di dalam tubuh.

5.Rajin menggunakan pelembab
Jangan pernah lupa atau malas mengaplikasikan pelembab ke kulit wajah kamu. Krim pelembab mampu menjaga kelembapan kulit serta memberikan nutrisi yang baik ke kulit.

Ingat yah babes, kulit dehidrasi sebenarnya mudah kok untuk diatasi, yang terpenting selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh. Lalu jangan lupa untuk menghindari faktor penyebab kulit dehidrasi. Selamat mencoba, babes!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here