Keuntungan dan Kerugian Teknologi Hologram

0
620
Hologram Teknologi
Hologram Teknologi

Pada saat kita melihat suatu objek di dunia nyata, sebenarnya itu adalah mata kita yang menerima cahaya yang memantulkan objek itu sebagai gelombang cahaya. Bagian depan gelombang menggabungkan informasi kompleks yang dapat ditafsirkan oleh mata kita tentang sifat kecerahan, warna, dan jarak gelombang cahaya, yang memungkinkan kita untuk melihat objek dalam tiga dimensi (3D).

Sebaliknya, saat kita melihat layar tampilan, kita melihat cahaya yang dipancarkan dari bidang dua dimensi oleh piksel individu layar (meskipun piksel tersebut terlalu kecil untuk dilihat mata kita). Hologram bertujuan untuk mereplikasi efek dunia nyata dari cahaya yang dipantulkan dari suatu objek. Pada dasarnya, hologram masa kini terdiri dari replika muka gelombang yang dihasilkan komputer yang diproyeksikan dari layar tampilan atau ke panel transparan, menggunakan pola interferensi untuk meniru muka gelombang dunia nyata dari suatu objek — membuat proyeksi 2D tampak 3D

Pada masa-masa awal hologram, pelat fotografi dengan lapisan khusus digunakan untuk merekam informasi amplitudo dan fase muka gelombang untuk membuat gambar. Saat ini, komputer dan layar digunakan untuk menghasilkan proyeksi holografik. Hologram yang dihasilkan komputer biasanya dihitung dengan algoritme dan diproyeksikan menggunakan modulator cahaya spasial.1 Sementara beberapa sistem augmented reality (AR) menggunakan layar tampilan seperti OLED yang memancarkan gambar atau panel bening yang mencerminkan gambar yang diproyeksikan, teknik holografik canggih adalah muncul sebagai pendekatan visualisasi AR dengan potensi pasar massal.

Perangkat AR / VR tradisional didasarkan pada tampilan penglihatan binokular atau tampilan bidang cahaya, yang keduanya dapat mengalami konflik akomodasi-vergensi yang menyebabkan pusing atau kelelahan pengguna. Tampilan holografik menawarkan persepsi visual 3D tanpa menciptakan konflik fokus konvergensi pada penampil, mengurangi efek negatif pengguna ini. Para peneliti dan perusahaan terus mendorong kemajuan teknologi dengan mengejar metode augmented reality dan holografik yang lebih interaktif, imersif, dan bebas headset untuk meningkatkan pengalaman.

Cara Kerja Teknologi Hologram
Cara Kerja Teknologi Hologram

Keuntungan Teknologi Hologram

Berikut ini sekilas beberapa keuntungan teknologi hologram dan inovasi holografik lebih lanjut, interaktivitas, imersi, dan sistem tanpa headset yang dapat membantu mengatasi hambatan adopsi AR konsumen dan mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi di masa depan.

Pengalaman AR Tanpa Headset

Perkembangan terkini mendorong inovasi holografi lebih jauh, khususnya di ranah AR. Tampilan holografik generasi berikutnya — secara beragam disebut sebagai antarmuka holografik, tampilan bidang cahaya, tampilan superstereoskopik, atau tampilan volumetrik yang akan memungkinkan pengguna untuk pertama kalinya membebaskan diri dari penggunaan perangkat keras seperti headset atau kacamata pintar karena gambar diproyeksikan ke dalam ruang nyata. Hal ini tidak hanya memungkinkan satu pengguna untuk melihat hologram tanpa beban, tetapi memungkinkan banyak pengguna untuk mengalami hologram yang sama pada saat yang sama, dari berbagai sudut 3D.

Sistem baru ini berarti bahwa sekelompok orang sekarang dapat berinteraksi dengan karakter dan dunia virtual tanpa harus bersusah payah, mewujudkan janji masa depan holografik yang telah lama dijanjikan dalam fiksi ilmiah. Aplikasi potensial dari terobosan tanpa headset ini adalah luas, dengan prediksi bahwa hampir setiap industri pencitraan medis, komunikasi, desain 3D, periklanan, industri kenangan, hiburan, desain obat, pendidikan akan diubah oleh pergeseran ini selama beberapa tahun mendatang. Industri otomotif juga menerapkan teknik AR untuk sistem head-up display (HUD) pada kendaraan. Ini merupakan salah satu keuntungan teknologi hologram yang terbaik.

Sistem AR memungkinkan arsitek melihat pratinjau desain bangunan dalam 3D, tetapi anggota timnya yang lain tidak dapat melihat gambar tanpa headset. Antarmuka holografik baru akan dapat dilihat oleh semua untuk meningkatkan kolaborasi.

AR holografik

Area inovasi lain dalam holografi disebut “Realitas Tertambah Holografik”, jangan disamakan dengan hanya menggunakan holografi untuk memproyeksikan objek atau gambar ke lingkungan pengguna saat ini (dengan atau tanpa headset). AR holografik mengacu pada pengalaman yang lebih imersif, di mana pengguna memasukkan dirinya ke dalam lingkungan interaktif. Holographic Augmented Reality mengekstraksi orang dan / atau objek dari dunia nyata, dalam waktu nyata, dan membenamkannya ke dalam lingkungan virtual tempat mereka dapat berinteraksi dengan elemen digital secara alami. Dengan kata lain, AR Holografik memungkinkan pengguna untuk melihat diri mereka sendiri di dunia virtual dan berinteraksi dengan objek yang ditemukan dalam ruang yang sama.

Aspek kunci AR Holografik adalah integrasi gerakan tubuh, gerakan tangan, ekspresi wajah, dan bahkan perintah suara untuk mengontrol pengalaman, daripada memerlukan perangkat pengontrol genggam. Jenis pelacakan pengguna organik ini disebut Antarmuka Pengguna Alami , yang mencakup pekerjaan yang dikutip di atas menggunakan gerakan jari.

AR holografik memiliki potensi yang signifikan untuk tujuan pendidikan, misalnya, membenamkan siswa dalam lingkungan yang mereka pelajari dan memungkinkan mereka untuk menjelajahi dan berinteraksi secara virtual dengan lingkungan tersebut. Ini merupakan salah satu keuntungan teknologi hologram yang terbaik.

Keuntungan Teknologi Hologram dalam Pemasaran

Seperti yang disebutkan, hologram adalah jenis pemasaran yang sangat bermanfaat yang harus dipertimbangkan merek karena sejumlah alasan.

“Faktor Kejutan”

Pertama, hologram memiliki “faktor kejutan” yang unik. Saat ini, sebagian besar konsumen tidak berinteraksi dengan hologram seperti yang mereka lakukan dengan periklanan tradisional dan pemasaran media sosial. Karena media sosial menjadi lebih terkonsentrasi dengan iklan, dan konsumen dibombardir dengan iklan setiap hari, merek mengalami kesulitan untuk menarik perhatian konsumen. Pemasaran hologram menerobos kebisingan. Hologram adalah sesuatu yang baru dan unik yang menarik bagi calon pelanggan. Ini merupakan salah satu keuntungan teknologi hologram yang terbaik.

Pengalaman Baru

Selain “faktor kejutan”, hologram adalah bentuk pemasaran berdasarkan pengalaman. Mayoritas konsumen tidak akan berjalan melewati iklan holografik tanpa menyadarinya. Mereka akan berhenti untuk mempelajarinya lebih lama. Selain itu, berfungsi sebagai hiburan bagi penonton. Ini bukan hanya baliho sederhana atau iklan media sosial. Iklan hologram memungkinkan pengguna merasakan sifat 3D-nya dan mengamati penampilannya yang dinamis. Ini merupakan salah satu keuntungan teknologi hologram yang terbaik.

Lebih Berkesan

Hologram dalam pemasaran dan hologram secara umum, sangat berkesan karena kualitasnya yang realistis. Baik “faktor kejutan” dan kemampuan pengalaman hologram menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi penonton. Konsumen tidak hanya melihat iklan hologram dan kemudian melupakannya. Itu membuat mereka terkesan. Mirip dengan “faktor kejutan”, menjadi mudah diingat memotivasi pemirsa untuk berbagi pengalaman melihat iklan hologram dengan teman dan pengikut mereka di media sosial. Oleh karena itu, kualitas hologram yang mudah diingat menghadirkan manfaat kemudahan dibagikan. Baik itu di media sosial atau dalam pesan langsung, hologram berpotensi melekat di benak konsumen dan memaksa mereka untuk membagikannya dengan orang lain. Ini merupakan salah satu keuntungan teknologi hologram yang terbaik.

Personalisasi

Terakhir, hologram memiliki kemampuan untuk menciptakan lingkungan yang dipersonalisasi bagi konsumen. Ini akan memungkinkan pengguna untuk menggulir dengan satu gesekan, membuat produk muncul di depannya dalam 3D. Ini hanyalah salah satu contoh bagaimana hologram dapat digunakan untuk meningkatkan personalisasi, khususnya untuk pengalaman di dalam toko. Ini merupakan salah satu keuntungan teknologi hologram yang terbaik.

Kerugian Teknologi Hologram

Salah satu kerugian teknologi hologram interaktif atau imersif adalah beban komputasi yang terlibat. Perhitungan hologram tradisional tidak dapat diskalakan ke cloud titik masif yang terlibat dalam menghasilkan gambar yang dapat bergerak dan berubah dalam waktu nyata. Peneliti telah mengembangkan algoritma FFT (Fast Fourier Transform) berbasis lapisan dengan panel LCoS, dan menerapkan metode tambahan untuk mempercepat kemampuan pemrosesan. Sederhananya, layar LCoS memiliki satu set lubang yang dilewati cahaya, memungkinkan sistem mengontrol pola interferensi untuk menghasilkan gambar resolusi tinggi dalam warna penuh.

Pasar untuk perangkat HMD AR sejauh ini terbatas karena tantangan seperti faktor bentuk yang besar, ketegangan mata, dan panas berlebih setelah penggunaan yang lama. Pendekatan AR Holografik baru membantu menghilangkan hambatan ini, memperlancar jalan untuk adopsi konsumen massal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here