Si Hitam Dengan Segudang Manfaat Yang Bisa Kamu Gunakan Sehari – hari

0
444
Girl 2201434 1280
Girl - pixabay

Activated charcoal atau karbon aktif atau yang biasa kita sebut dengan arang aktif, adalah arang yang diproses alami dan sedemikian rupa sehingga mempunyai daya serap/adsorpsi yang tinggi terhadap bahan yang berbentuk larutan atau uap. Biasanya activated charcoal ini terbuat dari batok kelapa yang telah menjadi arang.

manfaat arang aktif
Charcoal – pixabay

Sudah sejak jaman dahulu arang aktif dipercaya memiliki khasiat yang besar tidak hanya untuk kesehatan namun juga untuk kecantikan. Nah berikut ini adalah enam manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan arang aktif :

1. Membersihkan bakteri dan jamur
Tanpa sering kita sadari, bakteri dan jamur bisa masuk dengan mudah ke dalam tubuh kita. Bakteri dan jamur tersebut bisa masuk melalui saluran pernafasan atau bisa juga melalui saluran cerna. Dengan meminum larutan arang aktif akan membunuh bakteri serta jamur yang berbahaya bagi tubuh.

Caranya mudah sekali, cukup siapkan satu gelas air hangat dan masukan satu sendok makan arang aktif. Aduk hingga larut dana lalu minum larutan tersebut. Tapi pastikan juga kamu mengkonsumsi air mineral yang banyak yan, agar bakteri dan jamur bisa dengan mudah keluar dari tubuh melalui saluran pembuangan.

2. Menetralkan racun
Arang aktif sejak dulu dipercaya secara medis mampu mengikat racun atau zat kimia yang berbahaya seperti merkuri dan pestisida dari dalam tubuh. Yang lebih hebatnya lagi, setelah berhasil mengikat racun dan zat kimia dari dalam tubuh, arang aktif tidak akan tertinggal atau meninggalkan residu di organ pencernaan atau organ tubuh lainnya. Arang aktif akan ikut terbuang dari tubuh bersama dengan urin atau feses.

3. Menghilangkan jerawat yang meradang
Bermasalah dengan kulit wajah yang berjerawat? Sudah mencoba berbagai macam perawatan kulit namun jerawat tidak mau hilang dan terus meradang? Nah kali ini kamu harus coba masker arang aktif.

masker penghilang jerawat
Face Mask – pixabay

Cara bikinnya gampang sekali, cukup campurkan satu sendok makan bubuk arang aktif dengan dua sendok teh gel lidah buaya dan kemudian oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama 20 hingga 30 menit lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

Zat arang yang telah diaktifkan mampu mengikat dan mengangkat kotoran serta bakteri yang bisa menimbulkan jerawat. Khasiat paling penting adalah arang bisa membuka pori-pori kulit sehingga minyak, bakteri yang terkurung di bawah lapisan kulit bisa di keluarkan. Arang aktif juga bekerja untuk menyerap minyak berlebih yang merupakan biang penyebab munculnya jerawat. Dengan penggunaan yang rutin, masker arang aktif mampu mengangkat sel kulit mati dan noda bekas jerawat secara lembut.

4. Meredakan gas lambung dan kembung karena masuk angin
Arang aktif juga mampu mengikat zat-zat yang bisa menghasilkan gas berlebih dalam sistem pencernaan kamu. Zat-zat tersebut biasanya berasal dari makanan atau minuman yang kamu konsumsi.

Caranya cukup dengan meminum larutan arang aktif dengan air putih sebanyak mungkin supaya bisa mempercepat proses pembuangan cairan atau gas berlebih dari dalam lambung.

5. Memutihkan gigi
Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, arang aktif sangat efektif mengangkat kotoran, sehingga arang aktif juga mampu membersihkan gigi dari noda makanan dan minuman yang mengakibatkan gigi kuning.

Zat arang aktif juga berfungsi untuk menyeimbangkan kadar keasaman di dalam mulut, mencegah gigi berlubang, mengusir bau mulut, dan meredakan penyakit gusi.

masker wajah
Charcoal Powder – pixabay

Ambil satu sendok teh arang aktif, lalu tambahkan sedikit air sehingga terbentuk pasta. Kemudian oleskan bubuk arang aktif pada seluruh gigi secara merata. Lalu diamkan selama 15 menit dan kemudian setelah itu sikat gigi kamu seperti biasa, terutama pada bagian yang menguning atau bernoda membandel.

6. Mencerahkan kulit
Karena sifatnya yang mengangkat kotoran, arang aktif mampu mencerahkan kulit kamu. Arang aktif mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan noda bekas jerawat dengan lembut.

Untuk mendapatkan khasiat ini, cukup campurkan arang aktif dengan madu hingga mengental, lalu aplikasikan pada wajah secara merata sebagai masker. Diamkan masker mengering atau tunggu sekitar 30 menit kemudian basuh dengan air hangat. Cara ini juga bisa dijadikan sebagai lulur tubuh loh.

Tuh kan, banyak sekali manfaatnya, tapi ada beberapa hal penting yang harus diketahui sebelum kamu mengkonsumsi arang aktif. Di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Sebaiknya jangan mengkonsumsi arang aktif secara terus menerus karena dapat mengakibatkan konstipasi atau sembelit, sakit perut, mual, muntah, bahkan diare. Selain itu arang aktif juga akan menghambat penyerapan nutrisi yang baik untuk tubuh. Sebaiknya konsumsi arang aktif hanya pada saat tubuh memerlukan saja.

2. Arang aktif dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Jadi pastikan saat kamu mengkonsumsi arang aktif, kamu meminum lebih banyak cairan dari biasanya.

3. Jangan mengkonsumsi arang aktif bersamaan dengan mengkonsumsi obata-obatan. Arang aktif dapat mengurangi kemampuan tubuh menyerap efek dari obat-obatan tersebut.

Demikian ulasan mengenai manfaat dari penggunaan arang aktif, tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi arang aktif asalkan dilakukan dengan cara yang tepat. Selamat mencoba ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here