Smartwatch Facebook dengan Dua Kamera Segera Rilis

0
192
Facebook Watch
Facebook Watch

Smartwatch Facebook dikabarkan akan memiliki layar yang dapat dilepas dengan dua kamera internal untuk mengambil gambar dan video untuk dibagikan di Facebook, Instagram, dan juga WhatsApp. Kamera di bagian depan tampilan jam tangan akan tersedia yang bisa digunakan untuk panggilan video, sementara kamera 1080p di bagian belakang dapat digunakan untuk mengambil foto saat badan jam dilepas dari rangka jam tangan yang terbuat dari material baja tahan karat. Smartwatch itu kemungkinan akan dinamai Facebook Watch

Dikutip dari The Verge, ketertarikan Facebook dalam membangun jam tangan pintar sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Hal itu terlihat saat Facebook mengakuisisi produsen smartwatch, Fitbit pada 2019. Sejak itu, Facebook telah menghabiskan dana sekitar US$ 1 miliar untuk mengembangkan versi pertama jam tangan mereka.

Facebook berencana bekerja sama dengan perusahaan lain untuk membuat aksesori yang bisa dipasang di bagian hub kamera jam tangan, seperti tas ransel. Facebook berharap orang-orang akan menggunakan jam tangan dengan cara yang sama seperti yang digunakan smartphone sekarang untuk menghindari kontrol Apple dan Google atas pengguna Facebook mobile.

Rumor sebelumnya tentang smartwatch Facebook akan menampilkan koneksi seluler yang tidak memerlukan smartphone, dan pemakainya akan dapat mengirim pesan dengan layanan Facebook seperti Messenger dan WhatsApp. Ini juga diharapkan memiliki fitur pelacakan kesehatan bawaan seperti monitor detak jantung, dan akan menjalankan versi khusus Android.

Facebook bekerja sama dengan operator nirkabel di Amerika Serikat (AS) untuk mendukung konektivitas LTE di smartwatch. Hal itu berarti perangkat ini tidak hanya digunakan untuk telepon saja. Pengembangan ini merupakan bagian dari rencana CEO Facebook Mark Zuckerberg membangun lebih banyak perangkat agar menghindari doupoli Apple dan Google. Apple juga akan menambahkan kamera ke Apple Watch, tetapi sejauh ini belum terjadi.
Mengingat rekam jejak Facebook yang buruk dalam hal pengumpulan data dan privasi, orang mungkin ragu untuk menggunakan jam tangan pintar yang dirancang Facebook, terutama yang dilengkapi dengan banyak kamera serta mikrofon.

Diharapkan smartwatch Facebook ke depannya akan berfungsi sebagai perangkat input utama untuk kacamata augmented reality yang juga sedang dikerjakan oleh Facebook. Facebook bertujuan untuk meluncurkan jam tangan pintar barunya musim panas mendatang, dan itu bisa dihargai sekitar $400.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here