Cara Mudah Mengompres Video di iPhone Kamu

1
76
cara kompres video pada iphone
kompres video iphone

Pengguna Apple iPhone pasti memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk bisa mengompres video.

iPhone dianggap memiliki kamera terbaik untuk membuat video. Bahkan jajaran iPhone 13 terbaru menawarkan fitur-fitur seperti kamera yang dirombak dan mode perekaman video sinematik. Meskipun kualitas video bisa sangat mengesankan dari iPhone, sayangnya video yang disimpan juga menghabiskan banyak ruang penyimpanan. File video besar ini tidak dapat dilampirkan ke email karena memiliki batas ukuran untuk lampiran. Apple belum memperkenalkan metode default untuk mengompresi video di iPhone.

Cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan merekam video yang perlu dikompres dalam kualitas rendah daripada mode lain yang tersedia seperti 4K atau 1080p. Tapi, kalau kamu sudah merekam video dan perlu membuatnya lebih kecil lagi, ini bisa cukup mudah dilakukan dengan alat yang tepat. Nah, berikut inilah semua yang perlu kamu ketahui untuk mengompres video pada iPhone.

IPhone13 Series
IPhone13 Series

Cara mengompres video di iPhone
Sayangnya, tidak ada cara default untuk mengompres video di iPhone. Pengguna harus bergantung pada aplikasi pihak ketiga untuk mengompres video dengan ukuran yang besar. Ada beberapa aplikasi kompresi video yang dapat dengan mudah ditemukan di App Store.

Cara yang paling sederhana dan mudah untuk menghemat media penyimpanan adalah dengan cukup merekam dengan kualitas lebih rendah untuk menghemat ruang — untuk melakukannya, kamu cukup ubah kualitas rekaman, buka Pengaturan > Kamera > Rekam video. Tetapi untuk mengubah ukuran video yang ada, ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini untuk mengompres video di iPhone menggunakan aplikasi Kompres Video.

Unduh aplikasi Kompres Video dari App Store
Setelah terinstal, ketuk tanda ‘+’ di beranda.
Aplikasi akan meminta izin yang relevan, seperti mengakses aplikasi foto. Tekan OK. Kompres Video kemudian akan menampilkan daftar semua video yang tersedia di Rol Kamera kamu.

Klik pada video yang ingin kamu kompres dengan mengetuknya. Pengguna dapat memilih beberapa video untuk dikompres sekaligus.

Aplikasi sekarang akan menampilkan opsi pengguna pada tingkat kompresi yang mereka inginkan untuk video. Preset yang tersedia di aplikasi Video Compress termasuk kualitas full-HD yang dikompres menjadi 28.6MB per menit dan yang terendah adalah 360p yang dikompres menjadi 3.6MB per menit. Lalu pilih opsi yang kamu inginkan.

Video Compress kemudian akan meminta pengguna untuk memilih Album Tujuan. Jika opsi yang ditawarkan tidak berfungsi, pengguna dapat memilih ‘Tambah Album Baru’ pada bagian bawah. Setelah tujuan dipilih, proses kompresi video dimulai. Proses ini memakan waktu sekitar 30 detik atau lebih.

Pada akhirnya, aplikasi meminta pengguna untuk memilih apakah mereka ingin menyimpan video asli atau menghapusnya. Video terkompresi baru akan muncul di Album Tujuan dan di Rol Kamera juga. Bagaimana, cukup mudah kan mengompres video pada iPhone?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here