Tips Mengoptimasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi

14
364
Tips Mengoptimasi Medsos Sebagai Sarana Promosi
Tips Mengoptimasi Medsos Sebagai Sarana Promosi

Kegiatan pemasaran sangat penting bagi semua bisnis baik skala besar maupun kecil. Seiring era aktivitas komunikasi pemasaran digital telah bergeser ke platform digital, salah satu yang paling populer adalah media sosial. Perkembangan media komunikasi di era digital sangat pesat, media sosial yang semula banyak digunakan hanya sebagai sarana berekspresi kini berkembang menjadi platform digital marketing yang paling banyak digunakan sebagai media promosi. Hampir semua pemilik bisnis menggunakan iklan media sosial sebagai medianya.


Iklan Media Sosial Meningkatkan Keuntungan
Tujuan utama bisnis adalah menjual produk dan layanan untuk mendapatkan keuntungan. Melalui iklan media sosial, pemilik bisnis akan mendapatkan keuntungan dengan memberi tahu lebih banyak orang tentang produk yang mereka jual sehingga dapat meningkatkan keuntungan bisnis mereka. Iklan media sosial juga dapat membantu konsumen membuat keputusan tentang produk dan layanan mana yang akan dibeli. Semua pemilik bisnis harus melakukan kegiatan pemasaran dan kegiatan pemasaran terkadang harus menghabiskan banyak anggaran. Biasanya pemilik usaha akan mencari solusi yang efektif dengan harga yang terjangkau dan tetap dapat mengiklankan produknya secara maksimal.


Namun masalahnya, terkadang sulit untuk menemukan media periklanan yang efektif dan murah. Maka diperlukan perhitungan yang matang untuk memilih media sosial mana yang akan digunakan untuk mengiklankan produk Anda.


Cara Membuat Iklan yang Efektif
Membuat iklan media sosial yang efektif bukanlah hal yang mudah. Apa itu iklan yang efektif? Iklan yang efektif adalah iklan media sosial yang sederhana, murah dan tepat sasaran. Berikut beberapa strategi yang perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan media sosial sebagai media periklanan:

  1. Buat profil yang menarik
    Menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran berarti kita harus membuat orang ingin mengunjungi media sosial kita. Profil adalah hal yang paling penting karena profil adalah hal pertama yang akan dilihat jika kita membuka media sosial atau toko online seseorang. Profil di media sosial harus berisi informasi yang jelas dan ringkas, seperti kontak, jenis bisnis, dll.
  2. Kenali target pelanggan Anda
    Setiap pelaku bisnis harus mengetahui siapa target konsumennya sebelum mencoba memasarkan produknya. Ini adalah langkah penting dalam setiap strategi pemasaran baik online maupun offline. Dengan mengetahui target konsumen, iklan media sosial dapat dilakukan secara efektif dan manfaat dari iklan media sosial dapat langsung dirasakan.
  3. Menggunakan CTA atau ‘ajakan bertindak’ di media sosial
    Dengan menggunakan CTA, Anda secara tidak langsung memberi tahu konsumen apa yang harus mereka lakukan selanjutnya setelah melihat konten media sosial Anda. CTA dapat digunakan untuk meningkatkan keterlibatan media sosial Anda.
  4. Buat konten yang menarik
    Konten merupakan salah satu hal penting yang mempengaruhi berhasil tidaknya suatu kegiatan pemasaran. Apalagi sekarang ini setiap orang dituntut untuk lebih kreatif dalam memenuhi kebutuhan industri. Anda bisa membuat postingan media sosial semenarik mungkin dan juga bisa memunculkan tema kekinian atau masalah pribadi.
  5. Gunakan hashtag yang tepat
    Penggunaan hashtags bisa dikatakan penting dan tidak penting tetapi jika Anda ingin produk Anda mudah ditemukan, Anda dapat menggunakan hashtags sebagai salah satu solusi terutama pada platform Instagram. Namun, gunakan hashtag yang tepat untuk produk Anda dan jangan berlebihan.
  6. Jangan takut memasang iklan berbayar
    Bagi pelaku bisnis yang sudah berjalan mungkin perlu meningkatkan branding produknya dengan menggunakan iklan di platform media sosial berbayar agar jangkauan untuk mengiklankan produknya lebih luas sehingga lebih banyak konsumen yang bisa ditangkap.

Gimana?

14 COMMENTS

  1. Bener sih, emang kita harus modal kalau mau optimasi medsos. Jangan takut pake jasa iklan berbayar karena emang jangkauannya lebih luas. Dan CTA itu emang efektif juga.

  2. Iya kak. Sepakat banget dengan artikel ini. Iklan Media Sosial Meningkatkan Keuntungan. Walalu Mila pemula, alhamdulillah ada, insyaAllah kedepannya bisa bertambah. terima kasih kak

  3. Selama ini medsosnya cuma buat nyimpen foto saja. Next harus belajar buat naik kelas dengan mengoptimasinya menjadi salah satu saran promosi bisnis.
    Nice artikel, thanks Kak untuk informasinya

  4. Nah yang belum pernah aku lakuin tuh pasang iklan berbayarnya hehehe. Dlupernah nyoba tuh tapi ngga berhasil bayarnya (entah ya eror atau apa). kata orang2 sih efektif yah

  5. Nah poin jangan takut masang iklan berbayar belom dicoba karena masih ragu-ragu.. Masih harus nyari tips jitunya sekaligus harus punya modalnya ya XD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here