Bisnis Rumahan Yang Menguntungkan : Pengepul Rongsokan

2
2510
Bisnis Rumahan yang Menguntungkan - Pengepul Rongsokan
Computer - pixabay

Satu inspirasi Bisnis Rumahan yang menguntungkan, bisa kita lihat dari contoh usaha rumahan sebagai pengepul barang-barang bekas atau rongsokan. Usaha semacam ini mungkin bukan sebuah ide usaha baru. Seiring geliat dari banyaknya industri yang membutuhkan bahan baku yang bisa didaur ulang, maka usaha di bidang jual beli barang-barang bekas atau rongsokan juga semakin ramai, dan barang-barang bekas yang ada di masyarakat pun semakin diburu.

Lalu kenapa usaha seperti ini cocok untuk Bisnis Rumahan..? ya, bisnis semacam ini tak perlu lokasi yang strategis. Dimanapun rumah berada asal ada pekarangan yang cukup sebagai tempat untuk barang rongsokan, maka itu sudah cukup. Toh aktifitas usaha semacam ini yang terpenting adalah strategi dalam mencari barang. Mencari barang-barang bekas bisa dilakukan dengan menggunakan tenaga orang lain yang turun ke lapangan, maupun membidik orang-orang sekitar rumah yang memiliki potensi sampah rumah tangga yang memiliki unsur bahan seperti plastik, kertas, dan logam.

Bisnis Rumahan yang Menguntungkan - Pengepul Rongsokan
Plastic – pixabay

Alasan Sebagai Bisnis Menguntungkan
Bisnis ini dibilang menguntungkan tentu bukan tanpa alasan. Logikanya begini, barang yang beli dengan harga murah, lalu dijual kembali dengan harga berlipat atau lebih tinggi, tentu sangat realistis untuk sebuah usaha yang menguntungkan. Dan itu memang nyata untuk bisnis semacam jual beli barang rongsokan ini. Selain itu, ada beberapa jenis barang yang sangat menguntungkan bila dijual dalam jumlah besar. Yakni barang-barang yang mengandung unsur logam seperti besi. Namun sejatinya barang-barang rongsokan lainnya seperti plastik, juga tak kalah menguntungkan bila jumlahnya sangat banyak.

Modal Awal Rendah
Untuk terjun di bisnis emacam ini, sebenarnya tak membutuhkan persiapan yang rumit. Yang paling penting adalah strategi dalam mencari barang. Baik mengoptimalkan wilayah sekitar rumah atau wilayah terdekat maupun membidik wilayah-wilayah yang potensi barang bekas atau rongsokannya cukup bagus. Modal awal yang dikelurkan bisa sangat rendah, hanya beberapa juta saja sudah bisa memutar uang untuk membeli barang rongsokan dari warga sekitar maupun dari para tukang barang bekas keliling.

Sasaran Pencarian Barang
Ada trik khusus untuk bisa meraup banyak untung dari usaha ini. Yakni dari lokasi pencarian barang bekas yang tepat dan banyak barang bekas bernilai di sana. Lokasi-lokasi yang cukup potensial untuk mendapatkan rongsokan bernilai pun harus diketahui. Bila pada cara yang paling mudah untuk mendapatkan barang bekas adalah dari tetangga di sekitar atau membelinya dari pemulung atau tukang barang bekas.

Bisnis Rumahan yang Menguntungkan - Pengepul Rongsokan
E Waste – pixabay

Maka ada lokasi atau tempat untuk membeli benda-benda rongsokan logam yang nilai jualnya tentu saja bagus. Rumah-rumah usaha seperti bengkel sepeda motor, bengkel mobil, dan bengkel las, adalah tempat-tempat yang berpotensi menghasilkan rongsokan besi. Membelinya pun dalam ukuran kilo gram. Dan sampah logam tersebut tentu saja dibeli dengan harga rendah namun bisa dijual ke pelebur dengan harga yang lebih tinggi.

Demikianlah tadi ulasan kita mengenai Bisnis Rumahan pengepul rongsokan yang mungkin dapat menjadi referensi bagi kamu. Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi.

2 COMMENTS

  1. Having read this I believed it was extremely enlightening.

    I appreciate you taking the time and energy to put this short article
    together. I once again find myself spending way too much time both reading and leaving comments.

    But so what, it was still worthwhile!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here