Strategi Menentukan Harga Jual dalam Usaha Makanan

0
1420
Strategi Menentukan Harga Jual dalam Usaha Makanan
Cafe - pixabay

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa harga merupakan salah satu faktor penting dalam menarik konsumen, selain ragam menu, rasa, service dan pemasaran produk. Secara naluri konsumen akan lebih mempertimbangankan harga yang lebih murah untuk produk sejenis dengan kualitas yang tidak jauh berbeda. Bukan karena faktor finansial namun lebih pada kondisi psikologis yang dirasa lebih memberikan keuntungan bagi konsumen.
Hal inilah yang menjadi faktor penting melakukan Strategi Menentukan Harga Jual dalam Usaha Makanan. Kepesatan dan persaingan di bisnis kuliner yang saat ini semakin marak menuntut para pengusaha kuliner lebih kreatif dalam menarik minat pasar.

Strategi Menentukan Harga Jual dalam Usaha Makanan
Coffee Break – pixabay

Harga memang penting dalam menentukan posisi usaha di mata pasar. Untuk itu sebelum menentukan harga, kita harus memahami betul kondisi pasar jangan sampai harga terlalu tinggi sehingga membuat konsumen menghindar atau terlalu murah dan merugikan diri sendiri.

Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses menetapkan harga:
• Tetapkan harga yang realistis, jangan tetapkan harga terlalu tinggi yang tidak masuk akal atau terlalu rendah hanya supaya produk laku keras dipasaran.
• Pastikan semua biaya sudah diperhitungkan.
• Pastikan telah mengantongi data-data tentang harga jual yang ditetapkan oleh kompetitor, sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan harga jual produk kita sendiri.
• Bereaksilah dengan cepat namun tetap hati-hati bila kompetitor melakukan perubahan harga.
• Jangan menaikkan harga jual bila terjadi inflasi.
• Sebaiknya hindari memberikan diskon yang terlampau banyak dan sering.
• Buang mindset bahwa konsumen hanya akan membeli produk dengan harga yang murah.

Setelah mengetahui beberapa hal diatas, jangan sampai membuat kita terjebak. Pada dasarnya hal tersebut merupakan satu dari beberapa strategi yang bisa dilakukan. Ingat bahwa tidak selamanya menjadi “paling murah” itu menguntungkan. Justru jika produk makanan yang kita jual terlalu murah akan menimbulkan asumsi bahwa makanan tersebut tidak baik, mungkin menggunakan pengawet atau zat-zat yang membahayakan tubuh.

Strategi Menentukan Harga Jual dalam Usaha Makanan
Cake – pixabay

Demikianlah tadi beberapa tips dan Strategi Menentukan Harga Jual dalam Usaha Makanan. Jadi intinya, jadilah berbeda, ciptakan produk yang unik, yakinkan bahwa produk kita layak dikonsumsi serta berikan harga yang bersaing. Sehingga konsumen juga akan merasa aman dan nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here