Review ASUS Zenfone 9 : Smartphone Flagship dengan RAM 16 GB

0
58
ASUS Zenfone 9
ASUS Zenfone 9


ASUS Zenfone 9 merupakan smartphone penerus dari ASUS Zenfone 8 yang dirilis tahun lalu. ASUS Zenfone 9 rilis resmi di pasar global 28 Juli 2022 yang lalu.

ASUS secara resmi meluncurkan smartphone flagship terbarunya, ASUS Zenfone 9 di pasar global 28 Juli 2022. Smartphone flagship ini hadir sebagai perangkat yang compact dengan layar berukuran 5,9 inci. Sebagai smartphone flagship terbaru, Zenfone 9 telah didukung oleh Snapdragon 8+ Gen 1.

Melalui acara peluncuran yang disiarkan secara virtual, ASUS mengatakan bahwa Zenfone 9 telah didesain ulang secara total untuk memberikan tampilan dan nuansa premium. Zenfone 9 hadir dengan body ringkas yang ramping, ASUS Zenfone 9 punya empat pilihan warna baru yang menarik dan sertifikasi IP68.

Desain modern menampilkan sistem kamera ganda yang ditingkatkan secara optimal dengan kamera
utama Sony® IMX 766 50 MP. Kamera utamanya telah dilengkapi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer baru, Electronic Image Stabilization (EIS) dan teknologi autofokus ultracepat untuk foto dan video.

Sementara, kamera kedua yang mendampingi kamera utama adalah lensa ultra-wide 12 MP dengan sensor Sony IMX636. Sementara, untuk memanjakan pengguna yang masih suka foto selfie, ASUS melengkapi Zenfone 9 dengan kamera depan 12 MP Sony IMX663 dalam sebuah punch-hole. Karena Zenfone 9 sangat pas di satu tangan, interface ASUS ZenUI 9 (Android™ 12) telah dioptimalkan
untuk penggunaan satu tangan. Ada juga ASUS ZenTouch yang unik, tombol daya multifungsi yang
dipasang di samping dengan sensor sidik jari untuk membuka kunci.

ASUS Zenfone 9 juga dilengkapi dengan aksesoris Connex Case terbaru. Sehingga penggunanya dapat memasang Connex Card Holder atau Connex Smart Stand. Ada juga aksesoris lainnya, yakni Smart Backpack Mount baru untuk memasang Zenfone 9 ke tali ransel dengan aman.

Compact Size. Big Possibilities
Zenfone 9 hadir dengan layar 5,9 inci, membuatnya menjadi sangat ringkas dalam genggaman. Selain itu, smartphone ini juga memiliki performa yang optima karena dukungan Platform Seluler Snapdragon® 8+ Gen 1, dengan RAM LPDDR5 hingga 16 GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 hingga 256 GB.

ASUS Zenfone 9 juga dapat berjalan lebih dingin dari seri sebelumnya. Ini dikarenakan ASUS telah membekali smartphone ini dengan sistem pendingin yang diubah total. Kali ini ASUS menggunakan ruang uap berteknologi tinggi. ASUS juga sudah menyisipkan penyebar panas canggih yang menggunakan tembaga, lembaran grafit, dan juga pasta termal. Sementara itu, di sektor catu daya, Zenfone 9 telah dipasok baterai 4.300 mAh dengan dukungan adaptor HyperCharge 30W.

Untuk sektor tampilan, Zenfone 9 punya layar AMOLED 120Hz, dengan akurasi warna Delta E <1 yang luar biasa dan pengguliran yang sangat mulus, bersama dengan color gamut DCI-P3 115% sRGB dan 112% tingkat bioskop untuk warna yang sangat cerah dalam kondisi apa pun. Ini membuat ASUS Zenfone 9 sangat nyaman dalam visual.

Kolaborasi ASUS dengan perusahaan pemrosesan visual terkemuka Pixelworks® juga mampu menghadirkan visual dengan akurasi warna yang luar biasa. Sementara itu, layar memukau dari smartphone ini telah dilindungi oleh Corning® Gorilla® Glass Victus®.

Big on Personality
ASUS telah mampu mencuri perhatian lewat Zenfone 9 dengan menciptakan warna baru yang menarik. Ada cool Moonlight White, exciting Sunset Red, gorgeous Starry Blue, dan classy Midnight Black. Nuansa smartphone ini dibuat benar-benar premium, berkat bahan permukaannya yang bertekstur.

Tidak hanya kuat, Zenfone 9 juga nyaman saat dicengkram dengan satu tangan. Semua material yang disematkan ke dalam smartphone ini membantu mengurangi bobot penutup belakang hingga 36% dibandingkan dengan Zenfone generasi sebelumnya. Zenfone 9 juga bersertifikat IP68.

Big on Photography
Zenfone 9 memiliki kamera utama Sony IMX766 50 MP yang ditingkatkan secara maksimal. Maka dari pada itu pengguna Zenfone 9 dapat mengambil foto sempurna di tempat yang paling gelap sekalipun.

Adapun dukungan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer terbaru menjaga semuanya bebas blur dan goyang, bahkan saat bergerak. OIS gimbal baru yang fantastis ini memantau setiap gerakan Zenfone 9, ke segala arah, dan menggunakan informasi itu untuk menyesuaikan seluruh modul kamera secara real-time. Ini dapat mengkompensasi pergeseran hingga +/- 3°.

Dikombinasikan dengan teknologi autofokus ultracepat, yang mampu berfokus dengan cepat dan bereaksi dengan mulus terhadap perubahan serta algoritma anti guncangan EIS terbaru, Zenfone 9 menghadirkan bidikan aksi yang super mulus dan tampak profesional, apa pun subjeknya.

Ada juga dukungan mode Light Trail (Beta) baru selain mode Night, Pro, Panorama, Slow Motion, dan Timelapse. Jelas, semua dukungan itu membantu pengguna untuk memastikan pengambilan gambar dan video yang sempurna dalam kondisi apa pun.

Sementara, perekaman audio juga dibawa oleh ASUS ke tingkat berikutnya di Zenfone 9 yang datang sebagai smartphone unggulan. Audio HDR memungkinkan pengguna menangkap setiap suara dari yang paling tenang hingga yang paling keras, seperti telinga manusia.

3D Surround menangkap suara spasial yang sangat akurat dalam fidelitas tinggi yang terdengar alami. Dan saat di luar ruangan, fitur Wind Noise Reduction juga mampu menangkap rekaman sejernih kristal dalam kondisi yang kurang ideal. Zenfone 9 masih dilengkapi dengan jack audio standar 3,5 mm.

One-handed to the Max
Ukuran Zenfone 9 yang ramah dengan ukuran tangan dan desain yang ringan membuatnya mudah
digunakan untuk tugas apa pun, di mana pun. Tombol daya multi-fungsi ZenTouch baru yang dipasang di samping membuat segalanya menjadi mudah, cukup hanya dengan satu tangan.

Selain membuka kunci sekali sentuh dengan built-in sensor sidik jari, pengguna Zenfone 9 juga bisa menggesekkan ibu jari mereka ke atas, ke bawah atau klik dua kali untuk berbagai fungsi termasuk voice-to-text, membuka notifikasi, memuat ulang halaman web, dan pindah ke bagian atas ataupun bawah halaman.

Kemudian bagaimana dengan antarmukanya? ASUS Zenfone 9 datang dengan antarmuka ZenUI 9 berbasiskan Android 12. Antarmukanya ini juga telah berhasil dioptimasilasi oleh ASUS sehingga lebih baik dan bisa dioperasikan sepenuhnya untuk penggunaan satu tangan.

Panel alat kamera memungkinkan navigasi yang lebih mudah dari pengaturan dasar, dan ada juga Edge tool yang memungkinkan pengguna menemukan aplikasi favorit dengan lebih mudah. Ketuk dua kali di bagian belakang dapat dikonfigurasi untuk mengambil tangkapan layar dan membuka kamera.

ASUS telah mengumumkan secara resmi harga Zenfone 9. Smartphone ini dibanderol seharga 799 Euro, atau jika dikonversi dengan nilai tukar saat ini adalah Rp12 juta. Jadi kita tunggu saja kehadirannya di tanah air!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here