Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy Z Flip3

0
124
Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy Z Flip3
Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy Z Flip3

Apakah Samsung Galaxy Z Flip4 worth to buy? Bagaimana perbandingannya dengan pendahulunya; Samsung Galaxy Z Flip3? Apakah Samsung Galaxy Z Flip4 lebih baik?

Setelah beberapa hari menunggu, Samsung akhirnya resmi meluncurkan hp layar lipat vertikal generasi terbarunya, yang diberi nama dengan Samsung Galaxy Z Flip4.

Seperti namanya, ini merupakan penerus dari Samsung Galaxy Z Flip3 yang diluncurkan tahun lalu. Jadi dalam kurun waktu 1 tahun, apa perbedaan yang dibuat Samsung dengan hp lipat terlaris mereka di seri Z Flip? Bagaimana perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy Z Flip3?

Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy Z Flip3, Mana Yang Terbaik?
Yuk temukan jawabannya bersama kami melalui artikel perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy Z Flip3 di bawah ini berdasarkan dari desain, sistem kamera, layar, chipset dan baterai.

Desain dan warna
Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy Z Flip3 pertama yang kita bahas adalah dari segi desain dan warna. Samsung Galaxy Z Flip4 dan Z Flip3 mempunyai bahasa desain yang cukup mirip dengan gaya desain layar lipat vertikal seperti cangkang kerang(clamshell), memiliki kamera ganda, serta layar sekunder kecil di bagian belakang. Namun, Samsung Galaxy Z Flip4 mempunyai peningkatan baru dengan menggunakan engsel yang bisa dilipat dan memiliki batas layar yang sangat tipis, sehingga membuat pengalaman penggunaan lebih nyaman dan rapi.

Dari segi warna, Samsung Galaxy Z Flip4 di pasar Indonesia ditambah dengan dua warna baru, yaitu varian warna pink dan biru muda, selain abu-abu dan ungu. Untuk Samsung Galaxy Z Flip3 sebelumnya ada 4 warna ungu, hitam, krem, biru tua.

Selain poin-poin di atas, kedua hp lipat Samsung ini merupakan hp yang tahan lama karena telah dilapisi dengan Armor Aluminium dan generasi baru Corning Gorilla Glass Victus + untuk melindungi bagian depan dan belakang, dan telah menggunakan fitur standar tahan air IPX8.

Sistem kamera yang diupgrade
Seperti yang diungkapkan oleh Samsung, Galaxy Z Flip4 mempunyai sistem kamera ganda 12MP di bagian belakang dan kamera selfie 10MP di bagian depan seperti yang digunakan pada Galaxy Z Flip3. Namun, jika kamu melihat lebih dekat, perusahaan Korea ini telah membawa sejumlah perbaikan yang meningkatkan pengalaman fotografi kepada penggunanya.

Sehingga, kamera utama Samsung Galaxy Z Flip4 meskipun mempertahankan resolusi 12MP, tetapi Samsung mengatakan bahwa sensor kamera ini telah mempunyai ukuran piksel 1,8 mikrometer dan menggunakan lensa aperture f/1.8. Sehingga memungkinkan sensor menangkap lebih banyak cahaya dan menghasilkan foto yang lebih baik dibandung pendahulunya Z Flip3. Menurut perusahaan, sensor kamera baru ini 65% lebih terang dan telah meningkatkan OIS (teknologi stabilisasi optik).

Layar hp lipat terbaru di Galaxy Z Flip4 juga meningkatkan pengalaman fotografi seluler bagi penggunanya melalui fitur Mode Fleksibel yang disempurnakan, termasuk FlexCam. FlexCam adalah fitur kamera yang menawarkan dukungan lebih baik untuk digunakan update aplikasi media sosial pihak ketiga dan Quick Shot.

Layar dan kaca UTG yang lebih baik
Seperti generasi sebelumnya, Samsung Galaxy Z Flip4 terbaru telah dilengkapi dengan layar Dynamic AMOLED 2X Infinity Flex dengan ukuran 6,7 inci yang bisa dilipat dengan resolusi 2.640 x 1.080 piksel, untuk kerapatan piksel 425 ppi dan memiliki kecepatan refresh 120Hz.

Layar sekunder eksternal hp ini memiliki ukuran 1,9 inci, sama seperti generasi sebelumnya, dan telah dilindungi oleh Gorilla Glass Vicus+. Namun, layar lipat hp ini hadir dengan menggunakan kaca pelindung UTG (Ultra Thin Glass) yang upgrade dengan memiliki daya tahan yang lebih baik.

Tingkatkan baterai, kinerja, dan penyimpanan.
Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy Z Flip3 dari segi perangkat keras, Samsung Galaxy Z Flip4 telah dilengkapi dengan chipset 4nm Snapdragon 8+ Gen 1, sudah bukan menggunakan Snapdragon 888. SoC baru dari Qualcomm ini akan memberikan kinerja yang lebih kuat serta memiliki efisiensi energi yang lebih besar.

Selain itu, varian baru tersedia dengan pilihan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB, 256GB atau 512GB, sedangkan Galaxy Z Flip3 tidak mempunyai varian dengan ROM atau penyimpanan internal 512GB.

Lebih menarik lagi, Samsung Galaxy Z Flip4 mempunyai sistem baterai ganda yang ditingkatkan dengan total kapasitas baterai menjadi 3.700mAh, naik dari yang digunakan pada Galaxy Z Flip3 yang hanya memiliki kapasitas baterai 3.300mAh. Masa pakai baterai telah menjadi salah satu masalah terbesar yang dikeluhkan oleh banyak pengguna saat menggunakan model Galaxy Z Flip sebelumnya, dan sepertinya Galaxy Z Flip4 bisa menyelesaikan masalah ini.

Selain itu, kapasitas baterai 3.700mAh yang lebih besar juga sudah mendukung teknologi pengisian cepat 25W, naik dari 15W yang digunakan pada Galaxy Z Flip3. Sehingga dengan kapasitas baterai lebih besar akan membantu pengguna menghemat lebih banyak waktu saat mengisi ulang baterai smartphone.

Kesimpulan
Jadi, apakah Samsung Galaxy Z Flip4 merupakan hp yang lebih baik dibandingkan Samsung Galaxy Z Flip3? Jawabannya tentu saja; ya lebih baik, Samsung tampaknya telah menerima masukan dari pelanggan dengan baik, dan melakukan perubahan yang diminata pelanggan di seri Samsung Galaxy Z Fliip4 terbaru.

Untuk mendapatkan Samsung Galaxy Z Flip4 kamu harus siap mengeluarkan budget sektiar Rp 13,99 juta, sedangkan harga Samsung Galaxy Z Flip3 saat ini adalah sekitar Rp 12,99 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here