Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy S22+

0
131
Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy S22+
Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy S22+


Dengan budget Rp 15 jutaan, pasti banyak dari kamu yang bertanya-tanya apakah akan membeli Samsung Galaxy Z Flip4 yang baru diluncurkan atau Samsung Galaxy S22 Plus.

Kedua smartphone ini merupakan hp kelas atas yang diluncurkan oleh Samsung pada tahun 2022. Jadi, manakan diantara Samsung Galaxy Z Flip4 atau Samsung Galaxy S22+ yang layak untuk dibeli? Mari kita bandingkan kedua produk tersebut dengan perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy S22+ di bawah ini!

Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy S22+, Mana yang Paling Layak Dibeli?
Berikut ini adalah perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy S22+ yang dibahas dari segi desain, layar, performa, kamera dan daya tahan baterai.

Desain
Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy S22+ pertama adalah dari segi desain. Desain merupakan salah satu perbedaan terbesar antara kedua smartphone Samsung ini. Meskipun memiliki kesamaan pada kedua smartphone ini karena menggunakan rangka Aluminium Armor yang sangat ramping dan kokoh. Tetapi desain Galaxy Z Flip4 mempunyai desain lipat vertikal, membuat smartphone ini memiliki desain yang sangat ringkas saat tidak digunakan. Samsung Galaxy S22 Plus didesain dengan gaya tradisional dan memiliki ukuran yang lebih besar.

Desain ringkas dari Galaxy Z Flip4 telah membawa banyak kemudahan bagi pengguna saat digunakan. Galaxy Z Flip menggunakan engel yang mudah untuk dilipat dan dibuka banyak sudut yang berguna untuk melakukan panggilan video, mengambil foto atau menonton video Youtube.

Meski tidak mempunyai desain yang unik seperti Z Flip4, tetapi Samsung Galaxy S22+ mempunyai ketahanan air dan debu IP68 yang mampu bertahan di kedalaman air sampai maksimal 1,5m selama 30 menit. Sedangkan smartphone layar lipat Samsung hanya support ketahanan air IPX8.

Dari segi warna, Samsung Galaxy Z Flip4 hadir dalam varian warna ungu, pink, biru, dan abu-abu. Untuk Samsung Galaxy S22+ varian warnanya biru, hitam, pink dan putih.

Layar
Berikutnya Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy S22+ berdasarkan layarnya. Samsung Galaxy S22+ dibekali layar dengan ukuran 6,6 inci, sedikit lebih kecil dari Galaxy Z Flip4 yang berukuran 6,7 inci. Kedua smartphone ini menggunakan panel 2X AMOLED kelas atas dan sudah support kecepatan refresh 120Hz, untuk pengoperasian gesekan layar dan gerakan foto yang halus dan tajam. Oleh karena itu, kualitas tampilan layar kedua smartphone tidak akan jauh berbeda.

Namun, jika membandingkan visibilitas luar ruangan, Samsung Galaxy S22+ jauh lebih unggul dengan kecerahan maksimum hingga 1.750 nits. Sementara Galaxy Z Flip4 mendapat skor pada layar sekunder eksternal 1,9 inci, telah menggunakan panel Super AMOLED untuk kualitas tampilan yang baik dan sangat berguna saat menampilkan notifikasi, tanggal dan waktu, menambahkan utilitas dan pengguna. Kamu bisa menggunakannya untuk berfoto selfie dengan menggunakan kamera belakang .

Performa
Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy S22+ berikut adalah tentang performa. Karena merupakan smartphone yang baru diluncurkan, konfigurasi Samsung Galaxy Z Flip4 lebih kuat dibandingkan Samsung Galaxy S22+.

Secara khusus, Samsung membekali smartphone layar lipat vertikal generasi barunya dengan chip Snapdragon 8+ Gen 1 dengan menghasilkan kinerja 10% lebih cepat, 30% lebih hemat energi dibandingkan dengan chip Snapdragon 8 Gen 1 di Samsung Galaxy S22+. Namun, model unggulan dari Samsung Galaxy S masih merupakan smartphone yang sangat kuat yang lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu sehari-hari.

Mengenai RAM dan ROM, kedua smartphone flagship ini setara, karena menggunakan RAM 8GB yang sama dan memori internal 128GB yang sama. Namun, Samsung Galaxy Z Flip4 mempunyai pilihan lainnya dengan memori internal 512GB yang menawarkan kapasitas memori lebih besar. Dari segi perangkat lunak, kedua smartphone Samsung ini berjalan di sistem operasi Android 12 dengan antarmuka pengguna OneUI Samsung.

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy Z Flip4 memberikan performa yang sedikit lebih kuat dibandingkan Samsung Galaxy S22+.

Kamera
Lanjut dengan perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy S22+ dari segi kamera. Dari segi kamera Samsung Galaxy Z Flip4 kalah dengan spek kamera dimiliki Samsung Galaxy S22+. Smartphone ini hanya dilengkapi dengan sistem kamera belakang ganda, yang berisi sensor utama dan lensa super wide-angle dengan resolusi 12MP yang sama. Sedangkan Samsung Galaxy S22+ mempunyai 3 kamera belakang, yang terdiri dari sensor utama 50MP, kamera ultra-wide-angle 12MP, dan sensor telefoto 10MP yang mendukung kemampuan 3x optical zoom.

Kedua kamera depan smartphone Samsung ini menggunakan sensor 10MP. Dengan perbedaan jumlah dan resolusi serta fitur, Samsung Galaxy S22+ mampu mengambil foto yang jauh lebih unggul dari Z Flip4.

Daya tahan baterai
Terakhir, perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy S22+ dari segi daya tahan baterai. Baterai Samsung Galaxy S22+ lebih besar dan lebih disukai karena dilengkapi dengan kapasitas baterai hingga 4.500 mAh, mendukung pengisian cepat kabel 45W, dan pengisian cepat nirkabel 15W, serta fitur pengisian balik 4,5W.

Sementara Samsung Galaxy Z Flip4 hanya dilengkapi dengan baterai kapasitas 3.700 mAh yang lebih kecil, smartphone ini juga hanya support pengisian cepat kabel 25W, pengisian nirkabel 14W dan pengisian terbalik 4,5W. Pada aspek ini terlihat bahwa Samsung Galaxy S22+ jauh lebih unggul.

Samsung Galaxy Z Flip4 atau Galaxy S22+, HP Mana Yang Harus Dibeli?
Melalui perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy S22+ di atas, terlihat bahwa masing-masing model smartphone samsung kelas atas ini mempunyai keunggulannya masing-masing.

Jika Kamu menyukai desain lipat yang unik dan rapi, maka Kamu harus memilih Samsung Galaxy Z Flip4. Jika Kamu ingin mengambil foto yang bagus dan mempunyai daya tahan baterai yang lebih tahan lama digunakan sepanjang hari, maka Kamu harus memilih Samsung Galaxy S22+.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here