5 Pemanfaatan Teknologi di Perkebunan, CCTV Salah Satunya!

0
179
Teknologi Perkebunan
Teknologi Perkebunan

Kekayaan alam Indonesia yang berlimpah, menjadikan perkebunan sebagai salah satu mata pencaharian sebagian penduduknya. Perkebunan sendiri pada dasarnya terbukti mampu mendatangkan penghasilan besar bagi pemiliknya, apabila dikelola secara profesional. Dalam arti pemeliharaan yang juga melibatkan kemajuan teknologi. Namun di satu sisi, petani juga harus mampu menyikapi hasil perkebunan yang berlimpah, sebab hal ini dapat menjadi pemicu terjadinya tindakan kriminal. Maka penting kiranya untuk melakukan pengawasan di lokasi perkebunan dengan cara efektif, seperti mencari rekomendasi CCTV terbaik.

5 Tujuan Pemanfaatan Teknologi Di Bidang Perkebunan
Penggunaan teknologi di bidang perkebunan, sejatinya memiliki beberapa tujuan atau manfaat, yang pastinya memberikan keuntungan bagi pemiliknya.

  1. Meningkatkan Produktivitas Perkebunan
    Pengolahan perkebunan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, terbukti mampu meningkatkan produktivitas. Pastinya hal ini terkait dengan hasil kebun yang banyak dan berkualitas, serta minimnya kemungkinan gagal panen dari satu lahan yang sama.
  2. Mendapatkan Hasil Perkebunan Yang Berkualitas
    Penerapan teknologi dalam pengolahan perkebunan, akan menghasilkan bibit unggul dan berkualitas, yang akan menjadi nilai tambah tersendiri saat dijual kepada calon pembeli. Tentunya perkebunan yang memiliki hasil panen terbaik, akan menjadi rujukan pembeli untuk terus membeli hasil kebun di tempat tersebut.
  3. Tercapainya Efisiensi Kinerja
    Penggunaan alat perkebunan yang memanfaatkan kecanggihan teknologi, akan berpengaruh pada efisiensi dari segi waktu dan biaya. Alokasi waktu untuk mengolah perkebunan akan lebih cepat, dan bahkan dapat dilakukan hanya dengan sedikit saja tenaga manusia.
  4. Terjaganya Kelestarian Lingkungan
    Pengolahan perkebunan juga tak lepas dari aktivitas pembuangan limbah. Dengan demikian penting pula bagi petani untuk membuat sistem pembuangan limbah berbasis teknologi. Tujuannya tak lain agar limbah yang terbuang tidak berpeluang merusak dan mencemari lingkungan.
  5. Mengurangi Resiko Kerugian
    Perkebunan yang dipantau dengan teknologi kamera pengawas, sangat berpotensi untuk menjaga hasil panen tetap berkualitas dan berlimpah. Hal ini dikarenakan keberadaan kamera outdoor mampu mendeteksi semua hal atau kejadian tak terduga, seperti pemberian pestisida berlebihan oleh salah satu personil pengelola perkebunan.
source : https: //pixabay.com/id/photos/tomat-kebun-sayuran-sehat-3016550/
Teknologi di Perkebunan

5 Jenis Teknologi Di Bidang Perkebunan
Setelah memahami tujuan pemanfaatan teknologi di bidang perkebunan, lantas teknologi apa saja yang kini dapat dimanfaatkan, untuk mengolah tanah perkebunan hingga memberikan hasil terbaik?

  1. Teknologi Penanaman Bibit
    Teknologi penanaman bibit atau yang biasa disebut sebagai transplanter ini, merupakan alat yang memudahkan petani menanam bibit dengan jarak tepat. Penanaman bibit dengan jarak yang tepat ini, faktanya dapat meningkatkan hasil panen berlipat ganda, karena petani memiliki keleluasaan dalam merawat bibit tersebut.
  2. Teknologi Hasil Panen
    Teknologi hasil panen ini memungkinkan petani untuk memanen hasil kebunnya dengan cara mudah. Dimulai dari pemotongan, pengangkutan, pembersihan dan pemilihan hasil panen terbaik hingga pengemasan. Teknologi ini pada akhirnya memudahkan petani untuk memanen hasil kebunnya sendiri dengan cepat, bahkan tanpa bantuan tenaga manusia lainnya.
  3. Teknologi Pemilihan Bibit Unggul
    Adanya alat untuk memilih bibit kebun terbaik, berpotensi menghasilkan hasil perkebunan terbaik pula. Alat pemilah bibit ini akan memberikan kemudahan kepada petani terutama pemula, yang belum memiliki pengetahuan bagaimana mendapatkan bibit unggul perkebunan.
  4. Teknologi Pengolahan Limbah
    Sistem pembuangan limbah berbasis teknologi, akan membuat limbah terorganisasi dengan baik. Limbah yang sudah tak bisa dimanfaatkan dapat terbuang tanpa mencemari lingkungan. Sedangkan limbah perkebunan yang masih dapat digunakan, dapat diolah kembali sebagai pupuk untuk menyuburkan lahan perkebunan.
  5. Teknologi Pengamanan Perkebunan
    Teknologi pengamanan perkebunan tak lain adalah keberadaan CCTV, yang dapat mengawasi semua proses dan aktivitas di area perkebunan. CCTV ini dapat dimanfaatkan untuk memantau ada tidaknya tindak kecurangan, atau kejadian di luar dugaan, yang berpotensi kerugian terhadap perkebunan. Pada akhirnya petani hendaknya juga memiliki cukup informasi terutama terkait rekomendasi CCTV terbaik, sebagai langkah pengamanan lokasi perkebunan.

Hindari Resiko Kerugian Dengan Rekomendasi CCTV Dari Hikvision AcuSense
Pengamanan lokasi perkebunan secara optimal, pastinya dapat dicapai dari beberapa rekomendasi CCTV dengan berbagai keunggulannya. Seperti halnya CCTV dari Hikvision AcuSense, yaitu sebuah teknologi pengawasan dengan menggunakan kamera outdoor terbaik. Lalu mengapa CCTV dari Hikvision AcuSense menjadi rekomendasi terbaik bagi petani, yang ingin melakukan pengawasan secara maksimal di lahan perkebunannya?

  1. Unggul Dalam Hal Kecepatan
    CCTV Hikvision AcuSense terbaik di kelasnya dalam hal kecepatan mendeteksi adanya alarm. Maksudnya CCTV ini dapat mendeteksi sebuah peristiwa secara real time. Dimana peristiwa tersebut secara cepat diteruskan kepada gawai pemilik kebun, sehingga memungkinkannya melakukan tindakan pencegahan kerugian.
  2. Keakuratan Pendeteksian
    Teknologi CCTV Hikvision AcuSense mampu membedakan objek manusia, kendaraan serta benda bergerak lainnya dengan cepat dan akurat. Kelebihan tersebut yang membawa CCTV ini hanya terfokus pada peristiwa penting yang terekam dalam kamera.
  3. Terbaik Dalam Efisiensi
    Penggunaan CCTV Hikvision AcuSense membawa dampak efisiensi dalam hal biaya dan waktu. Hal ini dikarenakan kecepatan dan keakuratan dalam merekam peristiwa, sehingga sangat menguntungkan, bila dibandingkan dengan menyewa jasa pengamanan seperti satpam.
  4. Unggul Dalam Kemudahan Penggunaan
    Hikvision AcuSense juga sangat mudah digunakan, dikarenakan memiliki kemampuan menyesuaikan, layaknya kamera pengawas yang profesional. Dilengkapi dengan alarm yang sangat memudahkan mendeteksi peristiwa saat itu juga.

Hasil perkebunan yang melimpah dan berkualitas, akan mendatangkan keuntungan bagi petani. Tetapi selain itu juga berpotensi mengundang tindak kejahatan seperti pencurian atau perampokan. Namun kini hal itu bukan menjadi masalah, selama tindakan pencegahan dilakukan secara maksimal. Tentunya dengan memilih rekomendasi CCTV terbaik seperti Hikvision AcuSense.

Jadi, apakah Anda seorang petani yang ingin mendapatkan hasil panen terbaik? Pastikan Anda memilih CCTV terbaik dari Hikvision AcuSense sebagai cara pengamanan terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here