Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy S22 Ultra

0
91
Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy S22 Ultra
Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy S22 Ultra

Samsung Galaxy Z Flip4 merupakan salah satu dari dua model hp lipat kelas atas yang baru saja diluncurkan oleh Samsung di acara Galaxy Unpacked 2022 yang diadakan beberapa minggu lalu.
Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, smartphone ini mempunyai banyak peningkatan mulai dari segi desain, konfigurasi, hingga fitur untuk memberikan pengalaman pengguna menjadi lebih baik. Jadi apakah Galaxy Z Flip4 layak dibeli lebih dibandingkan Galaxy S22 Ultra, yang merupakan smartphone tercanggih di seri Galaxy S Samsung ? Yuk temukan jawabannya melalui artikel perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy S22 Ultra di bawah ini.

Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy S22 Ultra, Mana Yang Layak Dibeli?
Jika kamu bingung ingin membeli Samsung Galaxy Z Flip4 atau Galaxy S22 Ultra, maka kamu bisa membaca beberapa perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy S22 Ultra yang kami bagikan di bawah ini!

Desain
Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy S22 Ultra pertama kita bahas adalah soal desainnya. Seperti yang bisa Kamu bayangkan, kedua smartphone Samsung ini mempunyai bahasa desain yang sangat berbeda.

Jika Galaxy S22 Ultra mempunyai desain tradisional yang terlihat cukup familiar, berbeda dengan Galaxy Z Flip4 hadir dengan desain hp lipat vertikal yang unik dan baru. Saat melihat poin ini, jelas bahwa Samsung menargetkan pelanggan yang berbeda untuk setiap seri smartphonenya. Samsung Galaxy Z Flip4 akan membantu Kamu menggunakan smartphone dengan lebih fleksibel karena bisa dilipat untuk kemudahan saat dibawa.

Dari segi kualitas pembuatannya, kedua smartphone flagship Samsung ini mempunyai bingkai aluminium dan bagian belakang kaca yang mewah. Namun, Samsung Galaxy Z Flip4 hanya mempunyai berat 187 gram, jauh lebih ringan dibandingkan Galaxy S22 Ultra yang beratnya 228 gram. Oleh karena itu, pengalaman memegang dengan satu tangan pada hp layar lipat generasi baru Samsung akan jauh lebih nyaman.

Namun, Samsung Galaxy S22 Ultra sudah support ketahanan air dan debu IP68, sedangkan Z Flip4 hanya mendukung ketahanan air IPX8. Dari segi versi warna, Samsung Galaxy Z Flip4 tampil memukau dengan banyak pilihan warna muda seperti Graphite Grey, Champagne Pink, Bora Purple dan Lovebird Blue.
Sementara itu, Samsung Galaxy S22 Ultra juga mempunyai 4 warna yang lebih netral, seperti varian warna Phantom Black, Phantom white, Zeta blue dan Burgundy red.

Layar
Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy S22 Ultra selanjutnya tentang layar. Samsung Galaxy S22 Ultra mempunyai layar melengkung 6,8 inci, support resolusi Quad-HD+ (1.440 x 3.088 piksel), dan memiliki kecepatan refresh adaptif 120Hz. Secara khusus, layar hp ini juga support S-Pen, untuk memberikan pengalaman kerja dan hiburan yang lebih baik.

Di sisi lain, Samsung Galaxy Z Flip4 mempunyai layar utama dengan ukuran 6,7 inci saat dibuka dan saat ditutup dilengkapi dengan layar sekunder berukuran 1,9 inci di bagian belakang. Layar utama mempunyai resolusi Full-HD+ (1.080 x 2.640 Piksel) dan juga mempunyai kecepatan refresh adaptif 120 Hz.

Perbandingan kecerahan layar maksimal, Samsung Galaxy S22 Ultra akan lebih unggul ketika smartphone ini memberikan kecerahan hingga 1.750 nits, sedangkan Galaxy Z Flip4 hanya support hingga 1200 nits. Jika berbicara tentang keunikannya, Galaxy Z Flip4 akan mempunyai keunggulan berkat dukungan layar sekunder eksternalnya.

Kamera
Lanjut dengan perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy S22 Ultra dari segi kamera. Samsung Galaxy Z Flip4 terbilang lebih inferior dibanding Galaxy S22 Ultra dalam hal kemampuan fotografi.
Karena smartphone layar lipat baru Samsung ini telah mempunyai sistem kamera ganda 12MP di bagian belakang, termasuk sensor utama dan kamera sudut super lebar. Bagian kamera depan smartphone ini mempunyai kamera selfie 10MP.

Sementara itu, Samsung Galaxy S22 Ultra telah dilengkapi dengan sistem 4 kamera di bagian belakang, termasuk sensor utama 108MP, dilengkapi dengan lensa super wide-angle 12MP, ditambah dengan kamera telefoto 10MP yang support fitur 3x optical zoom dan tambahan kamera telefoto 10MP lainnya yang support 3x optical serta fitur zoom 10x zoom optik. Oleh karena itu, kualitas foto yang diambil dari flagship Samsung Galaxy S22 ini akan melampaui smartphone layar lipat.

Namun, berkat desain lipatnya, Samsung Galaxy Z Flip4 mempunyai beberapa mode fotografi dan perekaman video unik yang tidak dimiliki oleh Galaxy S22 Ultra. Secara khusus, Samsung telah menciptakan tiga fungsi selfie yang berbeda untuk memanfaatkan mekanisme lipat pada flip4.
Kamu bisa mengambil foto selfie, merekam video, dan menempatkan subjek Kamu di tengah frame saat merekam. Samsung menyebutnya mekanisme ini dengan nama Flex Cam dan ditujukan untuk anak muda yang sering memotret atau berswafoto tanpa bantuan alat seperti tripod, dengan memanfaatkan kemampuan kamera selfie 10MP yang ada di Flip4 dengan baik.

Performa
Untuk Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy S22 Ultra selanjutnya adalah membahas tentang kamera yang digunakan. Galaxy S22 Ultra ditenagai oleh prosesor Snapdragon 8 Gen 1 , sedangkan Z Flip4 menggunakan SoC Snapdragon 8+ Gen 1 yang baru dan sedikit lebih bertenaga. Namun, pengguna hampir tidak akan melihat perbedaan kinerja kedua smartphone Samsung ini saat menggunakan tugas-tugas dasar dan umum.

Dari segi memori dan penyimpanan, Samsung Galaxy Z Flip4 mempunyai RAM 8GB dan varian penyimpanan 128GB/256GB/512GB. Sedangkan dengan Galaxy S22 Ultra, Kamu akan mendapatkan varian RAM 8GB/12GB dan varian penyimpanan internal 128GB/256GB/512GB. Tak satu pun dari kedua smartphone ini mendukung slot kartu microSD .

Baterai dan pengisi daya
Samsung Galaxy S22 Ultra mempunyai baterai berkapasitas 5.000 mAh dan mengungguli baterai Galaxy Z Flip4 dengan baterai berkapasitas 3.700 mAh. Oleh karena itu, Samsung Galaxy S flagship akan mempunyai daya tahan baterai yang lebih mengesankan.

Dari segi teknologi pengisian daya baterai, Samsung Galaxy S22 Ultra mendukung fast charging 45W, sedangkan Galaxy Z Flip4 ini hanya menggunakan fast charging 25W.

Samsung Galaxy S22 Ultra atau Z Flip4 Yang Layak Dibeli?
Baik smartphone Samsung Galaxy S22 Ultra dan Z Flip4 menawarkan pengalaman premium karena keduanya adalah smartphone flagship Samsung. Namun, keduanya smartphone samsung kelas atas ini memiliki target pasar yang berbeda.

Berdasarkan perbandingan Samsung Galaxy Z Flip4 VS Galaxy S22 Ultra di atas. Samsung Galaxy S22 Ultra, smartphone ini lebih unggul dengan desain persegi, support S-Pen, memiliki konfigurasi luar biasa, masa pakai baterai yang awet, kamera kelas atas, dan smartphone ini cocok bagi mereka yang menyukai seri Galaxy Note.

Sedangkan untuk Samsung Z Flip4, smartphone ini mempunyai desain yang unik, modis, dan bertenaga bagi pengguna yang menyukai hp lipat yang ringkas dan trendi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here