Tips Memulai Usaha Kecil

0
367
Tips Memulai Usaha Kecil
Education - pixabay

Harus kita sadari bahwa kadang kenyataan memang berbeda dengan apa yang kita harapkan, untuk itu kita perlu persiapan yang cukup untuk mengantisipasi setiap kemungkinan, mari kita coba bahas Tips Memulai Usaha Kecil berikut ini satu per satu.

Melihat Segala Sesuatu Seperti Apa Adanya
Ketika Kita memulai membuat sebuah model bisnis, mari kita lihat dulu ke sekeliling Kita, coba cari dan temukan contoh sukses dari model bisnis yang Kita inginkan atau kehendaki, setelah itu pelajari detailnya. Bila ternyata ada satu kondisi dimana Kita tidak dapat menemukan satupun contoh model bisnis yang Kita ingin jalankan, bisa dikatakan bahwa “mungkin” Kita ini terlalu jenius he he he, atau jangan-jangan itu pertanda bahwa model bisnis Kita ini tidak akan pernah berhasil di dunia nyata.

Tentang Investasi Modal Awal
Bisnis mulai dari saat kita bangun sampai berjalan bisa dikatakan sebagai sebuah proses perjalanan panjang yang beresiko, kenapa Kita tidak bermitra saja atau mencari partner. Apa arti pentingnya ? ya tentu saja jika semuanya tidak berjalan sesuai dengan yang direncanakan, maka Kita tidak akan terlalu fatal jika harus mengalami kondisi bangkrut, dan yang jelas jangan sampai kita dikejar utang. Dengan bermitra atau menggandeng partner maka dengan team yang kita buat ini akan memudahkan kerja dan berbagi beban.

Bekerja Keras dan Menunda Kesenangan
Jika Kita masih terpola bekerja sekenanya dan tidak bersedia untuk bekerja keras, bahkan sampai harus lembur, termasuk menunda kesenangan untuk sementara waktu, maka bisa dikatakan bahwa dunia wirausaha ini tidak cocok Kita. Tentu Kita menyadari bahwa saat memulai, Kita pasti akan punya banyak keterbatasan bahkan mungkin belum mampu membayar karyawan, jadi saat itu Kita harus rangkap jabatan dulu, sebagai owner sekaligus karyawan, dan kita harus totalitas disini.

Bekerja dengan Efisien dan Hargai Waktu
Harga yang dimaksud disini adalah harga dengan arti sebenarnya, semisal kita pathok harga perjam kita adalah 25 ribu maka dari patokan ini Kita bisa gunakan untuk membandingkan nilai yang diperoleh pada setiap aktivitas Kita. Para pebisnis senior sering mencontohkan demikian, kalau Kita punya pathokan ini maka ketika dari Solo Kita akan membeli sesuatu ke Semarang maka bisa Kita bandingkan apakah Kita harus berangkat ke Semarang atau cukup menggunakan jasa pengiriman, lebih murah mana? bagaimana dengan waktunya? dan lain-lain. Bekerjalah dengan effisien dan selalu buat perhitungan yang baik.

Hati-hati dalam Proses Rekruitmen
Asal ada yang mau bekerja untuk Kita dan membantu Kita … itulah yang sering terjadi pada usaha baru, kurangnya rasa percaya diri untuk memilih karyawan yang baik dan sesuai dengan visi Kita. Ada baiknya memang, walaupun usaha kita masih baru atau masih kecil atau apapun istilahnya, Kita tetap melakukan proses rekruitmen karyawan dengan hati-hati dan teliti seperti halnya perusahaan besar, bahkan kalau perlu harus lebih teliti dibanding perusahaan besar karena karyawan ini nantinya akan Kita ajak berjuang bersama mengembangkan perusahaan ini.

Nilai Tambah dari Produk Kita

Tips Memulai Usaha Kecil
Analytics – pixabay

Persaingan dalam usaha saat ini memang semakin ketat, dan terkadang ini menjebak KIta untuk ikut dalam banting-bantingan harga, jelas ini tidak sehat. Buatlah produk yang mempunyai nilai plus dibandingkan produk sejenis lainnya dan belajarlah berkomunikasi dengan baik kepada parapelanggan untuk memberikan informasi selengkap-lengkapnya tentang produk Kita dan nilai tambah dari layanan Kita.

Pahami Tentang HPP dan Komponennya
Sangatlah penting sekali untuk benar-benar mengetahui berapa jumlah dana yang dibutuhkan untuk menjalani usaha, dihitung mulai dari sewa tempat, biaya listrik, biaya asuransi karyawan, sampai dengan biaya tinta printer, kertas, dan juga pajak. Dari nilai nominal itu kemudian dibagi dengan berapa hari kerja dalam setahun, dari sinilah angka dasar jumlah minimum pendapatan yang Kitaa butuhkan setiap hari. Nah … Jika Kita tidak bisa atau tidak pernah mau berpikir tentang angka dasar ini, ada baiknya pikirkan kembali usaha Kita sebelum melangkah lebih jauh.

Update Tekhnologi

Tips Memulai Usaha Kecil
Business – pixabay

Selalu lakukan update informasi dan terapkan tekhnologi terbaru yang berbiaya rendah sesuai dengan kondisi usaha Kita. Banyak fasilitas yang bisa dipakai dan didapatkan dengan harga murah saat ini yang bisa membantu sebuah usaha kecil untuk berkembang seperti halnya perusahaan-perusahaan besar.

Vendor adalah Mitra
Berusahalah untuk memperlakukan vendor dan suplier Kita sebaik mungkin, sama halnya dengan Kita memperlakukan para konsumen atau pelanggan setia Kita. Bangun hubungan baik dan jagalah, berbagai macam bentuk kemudahan akan Kita dapatkan nantinya dengan adanya keterikatan ini.

Selalu Berikan yang Terbaik, Jangan Setengah-setengah

Tips Memulai Usaha Kecil
Business – pixabay

Berusahalah untuk selalu melakukan yang terbaik untuk pelanggan Kita dan kekuatan word of mouth akan terus menyebar manakala Kita mampu melakukannya dan terus menjaga kualitas baik dalam produk maupun layanan.

Demikian beberapa Tips Memulai Usaha Kecil yang berhasil kami kumpulkan saat ini semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan. Salam Sukses!!.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here