Bisnis Angkringan, Bisnis yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

1
1304
Bisnis Angkringan Bisnis Yang Menguntungkan Dengan Modal Kecil
Bisnis Angkringan Bisnis Yang Menguntungkan Dengan Modal Kecil

Apakah Kamu tahu bahwa ada bisnis yang menguntungkan dengan modal kecil ..? Ya.. tentu kita banyak tahu mengenai beberapa jenis peluang usaha yang ada di sekitar kita utamanya daerah perkotaan, yang sangat menguntungkan meski dibangun dengan modal yang cukup rendah. Dan salah satu jenis bisnis yang tergolong menguntungkan namun modalnya sedikit adalah Bisnis Angkringan.

Sekilas Tentang Bisnis Angkringan

Ini merupakan sebuah usaha dengan konsep gerobak kayu khas jawa yang memiliki dua roda dengan desain gerobak sangat tradisional. Adapun angkringan ini biasanya juga menjual ragam jenis makanan khas jawa, utamanya makanan seperti gorengan, kacang rebus, kopi jawa, dan nasi kucing. Paling menonjol untuk Bisnis Angkringan adalah nasi kucingnya.

Nasi kucing adalah sebutan akrab untuk nasi yang dibungkus dengan daun pisang namun jumlahnya tidak banyak. Adapun kombinasi dari nasi tersebut biasanya adalah kering tempe, mie goreng, hingga sambal teri khas jawa. Dengan keunikan ragam makanan sederhana yang dijual ini, angkringan memiliki daya tarik tersendiri bagi semua kalangan. Tak hanya dari keunikan sajian makanannya saja, namun susana keakraban bisa ditemukan dalam angkringan.

Pangsa Pasar Anak Muda

Pada umumnya, angkringan dibuka di lokasi-lokasi ramai, khususnya berada di pinggiran jalan, sepetti di depan ruko, pinggir trotoar maupun di dekat taman kota. Angkringan juga punya pangsa pasar yang cukup unik, yakni dari kalangan anak muda. Anak-anak muda lebih suka makan di angkringan tentu bukan tanpa alasan. Makan malam dengan dihiasi lampu kota dan suasana malam yang ramai sambil melihat jalanan, tentu menjadi daya tarik tersendiri.

Selain itu di suatu angkringan biasanya dijadikan ajang nongkrong untuk para komunitas, maupun digunakan tempat ngobrol bagi para pekerja yang tidak langsung pulang ke rumah. Di suatu angkringan biasanya disediakan tempat duduk berupa kursi sederhana dan juga lesehan tikar. Dan inilah yang menjadikan kesan santai dan banyak kalangan muda yang betah berada di angkringan.

Bisnis Angkringan Bisnis yang Menguntungkan dengan Modal Kecil
Buffet – pixabay

Modal Sedikit Jam Kerja Malam Hari

Untuk membangun usaha angkringan, persiapannya sebenarnya nampak repot namun sederhana. Pembuatan gerobak kayu sederhana yang tanpa cat sehingga unsur Jawanya sangat kental, menjadi daya tarik tersendiri. Dan untuk pembuatannya pun tidak mahal.

Selain persiapan gerobak, menu-menu yang disajikan juga cukup sederhana, yakni nasi kucing yang sudah dibungkus dengan kertas minyak atau daun pisang, dan beberapa lauk sederhana seperti mendoan, tempe goreng, keripik kacang, tahu isi, dan lain-lain. Untuk minuman, bisa menyediakan minuman kopi bermerk maupun kopi asli.

Untuk peralatannya pun cukup sederhana seperti teremos, kompor gas sendok garpu dan beberapa atal pendukung lainnya. Intinya untuk modal tergolong rendah atau jauh di bawah 10 juta. Jam buka malam hari, mampu menyerap pangsa pasar yang cukup potensial. Dimana pada malam hari banyak kalangan muda yang suka nongkrong diangkringan. Jam buka umumnya adalah mulai jelang maghrib hingga tengah malam.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai seputar Bisnis Angkringan. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan menginspirasi akan peluang bisnis dan usaha yang ada di sekitar kita. Semoga bermanfaat, dan selamat berkarya!!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here