Ternyata Terlalu Sering Cuci Muka Bisa Bikin Jerawatan

0
1043
mencuci wajah memicu jerawat
Girl - pixabay

Hai girls, siapa di sini yang bermasalah dengan jerawat?
Ya, jerawat memang akan sangat mengganggu penampilan, belum lagi rasa nyeri yang disebabkan oleh jerawat yang meradang bikin makin tidak percaya diri deh.

mencuci wajah memicu jerawat
Acne – pixabay

Penyebab dari jerawat memang beragam, bisa karena faktor ketidakseimbangan hormon, faktor makan, atau bisa juga karena bakteri. Nah salah satu cara mencegah munculnya jerawat adalah dengan rutin mencuci atau membersihkan wajah. Karena dengan mencuci wajah dapat mengurangi sebum atau minyak wajah, serta menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit.

Namun, membersihkan wajah dengan sabun lebih dari dua kali sehari, malah akan sangat berisiko memicu munculnya jerawat di wajah. Loh, kok bisa seperti ini?

Seperti telah disebutkan sebelumnya, masalah kulit yang satu ini sering muncul karena adanya penyumbatan pori-pori kulit oleh kotoran. Selain itu, jerawat juga sering muncul ketika kandungan minyak di kulit berlebih, akhirnya memudahkan kotoran menempel pada kulit.

mencuci wajah memicu jerawat
Skincare – pixabay

Tapi, ternyata kalau kita membersihkan wajah terlalu sering dengan menggunakan sabun pembersih malah justru bisa membuat kulit menjadi lebih kering. Untuk tetap mempertahankan kelembapannya, kulit secara alami mengeluarkan minyak. Nah, dengan terlalu sering mencuci wajah, kulit malah akan makin banyak memproduksi minyak. Inilah yang menyebabkan jerawat.

mencuci wajah memicu jerawat
Soap – pixabay

Bahan kimia yang terkandung di dalam sabun cuci wajah didesain untuk mungkin membunuh bakteri di kulit wajah. Namun, kulit kita tidak hanya memiliki bakteri buruk, tapi ada juga bakteri baiknya loh. Nah ketika semua bakteri terbunuh, ini akan membuat kulit wajah semakin mudah terserang masalah jerawat, komedo hingga masalah lainnya.

Nah girls, kalau kulit wajah kamu termasuk kulit wajah yang mudah berjerawat, cobalah untuk rutin melakukan hal-hal berikut ini :

1. Rutin mencuci wajah
Cucilah wajah maksimal dua kali dalam sehari setiap kali kamu selesai beraktivitas. Gunakan sabun pencuci wajah yang lembut.

2. Cek kosmetik kamu
Hindari juga penggunaan produk kosmetik yang memicu munculnya jerawat, misalnya alcohol.

3. Air putih
Selalu konsumsi air putih minimal delapan gelas tiap harinya, agar kulit terjaga kelembapannya.

4. Jaga higienitas
Hindari memegang area kulit wajah dengan tangan yang kotor. Perhatikan juga kebersihan handuk dan peralatan kosmetik kamu ya girls.

5. Buah dan sayuran
Konsumsi buah dan sayuran yang pastinya kaya nutrisi untuk mencegah radikal bebas dan munculnya jerawat.

mencuci wajah memicu jerawat
Green Juice – pixabay

Last but not least hindari juga stres juga depresi, olah raga juga mampu menjaga sirkulasi darah tetap lancar sehingga jerawat tidak akan muncul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here