7 Dampak Buruk Penggunaaan Kosmetik Secara Berlebihan

0
620
Bahaya makeup
Indonesian - pixabay

Hai girls, apakah kamu termasuk yang sering menggunakan makeup? Tidak bisa keluar rumah tanpa mengenakan makeup?

Makeup untuk sebagian wanita memang sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi, namun tahukah kamu bahwa makeup pun bisa menjadi sangat berbahaya untuk kesehatan jika dikenakan terlalu sering?

Ternyata mengaplikasikan makeup terlalu sering pada wajah, dapat merugikan kesehatan kita loh, dan berikut ini beberapa bahaya yang mengintai bila kita terlalu sering menggunakam makeup :

Resiko kanker kulit

Bahaya makeup
Girl – pixabay

Bahan aktif kimia yang terkandung di dalam produk kosmetik dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker jika digunakan dalam jangka waktu yang berkepanjangan, hal itu dikarenakan kandungan kimia tersebut bisa saja menumpuk dan menjadi racun yang dapat menyebar di tubuh kita.

Masalah pernafasan

Pada beberapa jenis kulit yang sensitive, kosmetik dapat menyebabkan alergi. Selain menyerang kulit, alergi terhadap kosmetik mungkin juga bisa menyerang organ pernafasan kita.

Mengganggu sistem reproduksi 

Penggunaan produk kosmetik secara berlebihan dan berkepanjangan dapat merusak sel-sel reproduksi di dalam tubuh, hal ini masih terkait dengan bahan aktif kimia yang ada di dalam produk kosmetik.

Infeksi mata 

Bahaya makeup
Women – pixabay

Penggunaan kosmetik pada sekitar area mata seperti eyeshadow, eyeliner, dan lain-lain dapat menyebabkan infeksi pada mata. Beberapa kasus infeksi sempat viral di beberapa sosial media.

Sakit pada bagian kepala 

Menggunakan makeup setiap hari dapat menyebabkan sakit kepala. Hal ini masih terkait dengan adanya bahan kimia pada makeup. Aroma dari makeup pun dapat memicu sakit kepala pada sebagian orang. Mengurangi penggunaan makeup tentu saja dapat meredakan nyeri pada bagian kepala.

Rusaknya keindahan alami kulit

Bahaya makeup
Woman – pixabay

Penggunaan make yang berlebihan dan rutin akan menimbulkan kerusakan pada area kulit wajah. Biasanya akan muncul bercak-bercak hitam, iritasi, kulit yang memerah dan gatal-gatal. Kulit wajah yang terbiasa terkena makeup juga akan lebih kering serta lebih cepat muncul keriput.

 

Depresi

Bahaya makeup
Woman – pixabay

Kandungan kimia dalam kosmetik ternyata mampu mempengaruhi hormon-hormon yang ada di dalam tubuh kita. Ketidakseimbangan hormon inilah yang menyebabkan munculnya depresi.

Itu dia girls, tujuh bahaya yang mengintai kita apabila terlalu sering mengenakan makeup. Makeup tentu saja penting untuk seluruh wanita, tapi dengan adanya bahaya yang mengintai tentulah tidak bijak bila harus digunakan tiap hari.

Untuk aktivitas sehari-hari alangkah lebih baik mengenakan makeup seminimal mungkin. Nah, di antara seluruh produk kosmetik yang kamu miliki, kosmetik mana yang paling tidak bisa kamu tinggalkan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here