Stop Pergi Ke Tempat Perawatan Wajah Terlalu Sering! 5 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Di Rumah

0
652
cara mengecilkan pori-pori wajah
Dalat - pixabay

Hai girls, suka sebel ngga sih kalau saat memakai makeup hasilnya ngga rapih dan mulus gara-gara pori-pori wajah yang membesar? Pori-pori wajah yang terbuka lebar memang sering mengganggu penampilan kita. Apalagi di saat menggunakan make up, riasan jadi terlihat tidak sempurna dan bedak jadi mudah sekali luntur.

Penyebab pori-pori wajah yang membesar biasanya beragam, mulai dari bekas jerawat, penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit, fator usia hingga kebiasaan memencet jerawat.

Memang beberapa salon kecantikan mengklaim dapat membuat pori-pori wajah menjadi lebih kecil, namun biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatan ini terbilang masih cukup mahal. Beberapa perusahaan kosmetik juga telah mengeluarkan produk-produk perawatan kulit yang mampu mengecilkan pori-pori wajah, namun kita juga harus berhati-hati dengan kandungan bahan kimia di dalam produk tersebut loh.

Nah, daripada bingung-bingung, kenapa tidak mencoba cara yang alami saja? Selain aman karena terbuat dari bahan-bahan alami, tentunya biayanya juga jauh lebih terjangkau kok.  Cara alami ini juga cukup dipercaya memiliki khasiat untuk memperkecil pori-pori kulit wajah sehingga terlihat lebih halus dalam waktu yang relative singkat.

Pasti penasaran kan apa saja caranya? Yuk langsung ikuti ulasan lengkapnya di bawah ini.

Penguapan
Salah satu penyebab pori-pori wajah yang lebar dan besar adalah adanya kotoran, seperti polusi dan debu. Nah, agar kulit wajah selalu bersih dari polusi, debu dan kotoran, kita harus rutin membersihkannya.

cara mengecilkan pori-pori wajah
Ease – pixabay

Untuk membersihkan wajah, tidak cukup hanya menggunakan sabun pembersih, karena kotoran mampu menempel di dalam pori-pori kulit. Oleh karena itu agar bersih sempurna kita harus melakukan penguapan.

Caranya siapkan air hangat, lalu campur dengan minyak zaitun dan ekstrak bunga mawar. Uapi wajah selama 15-20 menit, kemudian lakukan scrubbing dengan lembut. Setelah itu bilas wajah sampai bersih dengan menggunakan air dingin.

Apel dan Mentimun
Setelah wajah dibersihkan dengan uap hangat dan scrubbing, masker wajah dengan apel dan mentimun. Kandungan antioksidan, vitamin serta nutrisi yang tinggi pada apel mampu membuat pori-pori menjadi kecil. Begitu juga dengan mentimun yang memiliki sifat astrigen, yang mampu menyegarkan kulit wajah dan membantu mengecilkan pori-pori wajah.

cara mengecilkan pori-pori wajah
Apple – pixabay

Caranya sangat mudah, siapkan satu buah apel dan mentimun. Kemudian parut atau bisa juga blender keduanya hingga halus. Lalu aplikasikan pada wajah sebagai masker dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan menggunakan air dingin.

 

Tomat
Selain apel dan mentimun, buah tomat juga bisa menjadi alternative untuk masker loh. Tomat efektif untuk mengecilkan pori pori di wajah. Buah yang satu ini banyak mengandung potassium dan vitamin C yang tentunya sangat baik untuk menjaga kecantikan kulit wajah.

cara mengecilkan pori-pori wajah
Tomato – pixabay

Caranya juga mudah dan tidak berbeda dengan masker sebelumnya. Cukup haluskan dua buah tomat yang sudah masak. Kemudian aplikasikan tomat yang sudah halus ini pada wajah. Diamkan masker tomat selama 30 menit, lalu bersihkan wajah dengan menggunakan air dingin.

 

Putih Telur
Nah, bahan yang satu ini sudah sangat terkenal untuk mengecilkan pori-pori di kulit wajah. Selain itu, putih telur juga dipercaya mampu membuat kulit wajah terlihat lebih kencang dan cerah.

Untuk membuat masker wajah dari putih telur, cukup satu butir telur, lalu pecahkan hati-hati dan pisahkan bagian putihnya. Untuk hasil yang lebih baik, tambahkan 1 sendok teh madu murni ke dalam putih telur dan aduk sampai benar-benar tercampur. Setelah tercampur sempurna, aplikasikan bahan tersebut sebagai masker di wajah wajah. Diamkan hingga masker tersebut mongering kemudian bersihkan wajah dengaan air dingin hingga benar-benar bersih.

 

Olahraga
Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah olahraga. Aktivitas yang satu ini memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh termasuk kesehatan kulit wajah.

Lakukan olahraga secara rutin setiap hari, minimal 30 menit yah. Dengan berolahraga, metabolism dan peredaran darah juga menjadi lebih baik, sehingga membantu proses regenerasi kulit secara alami.

cara mengecilkan pori-pori wajah
People – pixabay

Itu dia beberapa cara alami yang bisa kita lakukan untuk mengatasi pori-pori wajah yang membesar atau lebar. Tapi ingat yah, lakukan cara-cara tersebut secara rutin agar hasil yang didapat juga maksimal. Karena kalau hanya dilakukan sesekali kita tidak akan mendapatkan manfaatnya, jadi rugi sendiri kan?

So, selamat mencoba yah girls semoga berhasil!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here