Bermalam di Taman Nasional Tanjung Puting

0
404
Taman Nasional Tanjung Puting
untuk detail silakan kunjungi Instagram @pramesi

Berwisata merupakan salah satu tujuan untuk menghilangkan penat selama berada di dalam kekangan aktivitas yang padat. Berwisata juga bisa menjadikan suatu pengalaman berharga dan sekaligus menambah wawasan tentang tempat yang dikunjungi. Jika kamu hobi berwisata sekaligus hobi ke tempat dimana terdapat satwa-satwa langka, Taman nasional Tanjung Putinglah tempat yang cocok untuk kamu.

Taman Nasional Tanjung Puting
untuk detail silakan kunjungi Instagram @destinasinusantara

Taman Nasional Tanjung Puting ini terletak di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat dengan ibu kota Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Bagi kamu yang sudah mempunyai jiwa traveling, mungkin jarak ini tidak akan menjadi halangan untuk kamu. Taman Nasional Tanjung Puting ini memiliki luas wilayah sekitar 415.040 ha yang terdiri dari Suaka Margasatwa Tanjung Puting seluas 300.040 ha, hutan produksi seluas 90.000 ha (eks. HPH PT Hesubazah), dan kawasan perairan seluas 25.000 ha. Dengan menggunakan kapal yang biasa disebut kelotok oleh warga Kalimantan, kamu bisa menyusuri taman nasional ini Karena kita harus menyusuri taman ini dengan kapal. Jadi kegiatan sehari-hari seperti mandi, makan, tidur semua dilakukan di kapal. Tapi tenang saja di kapal terdapat fasilitas yang lengkap dari dari mulai kasur, kelambu, meja makan sampai dengan toilet yang dilengkapi dengan shower. Hal ini yang mungkin belum pernah kamu alami kan? dan ini juga merupakan salah satu keunikan yang mungkin akan menjadi pengalaman berharga kamu. Meski begitu kamu masih bisa  trekking ke dalam hutan meski harus di dampingi oleh guide untuk meminimalisir kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan.

Taman Nasional Tanjung Puting
untuk detail silakan kunjungi Instagram @borneotalk

Disana kamu bisa melihat hewan mamalia 7 diantaranya hewan primata yang cukup dikenal dan dilindungi seperti orang utan (Pongo pygmaeus), bekantan (Nasalis larvatus), owa-owa (Hylobates agilis), dan beruang madu (Helarctos malayanus). Ada juga yang tergolong ke dalam mamalia besar seperti rusa sambar, kijang (Muntiacus muntjak), kancil (Tragulus javanicus), dan babi hutan (Sus barbatus) dapat dijumpai di kawasan ini. Bahkan, sempat ada laporan yang melihat beberapa jenis mamalia air seperti duyung (Dugong dugong) dan lumba-lumba. Selain hewan mamalian, disini juga kamu bisa melihat banyak tumbuhan liar yang ada di hutan ini. Yang mungkin belum pernah kamu lihat sebelumnya.

So, segera packing perlengkapan kamu dan kita bertemu di Taman Nasional Tanjung Puting!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here