7 Makanan Pengubah Lemak Menjadi Energi

0
589
makanan yang bikin kurus
Yoga - pixabay

Hai girls, tahukah kamu kalau tubuh sangat membutuhkan Biotin? Biotin atau yang biasa disebut sebagai vitamin B7 memiliki peranan yang sangat penting untuk tubuh kita.

Biotin mampu mengubah lemak menjadi energi. Biotin yang tergolong dalam kelompok vitamin B Kompleks juga mampu mengubah protein serta karbohidrat menjadi tenaga.
Tidak hanya itu, biotin juga mempunyai peran menjaga kesehatan rambut dan kulit kita. Jadi Biotin atau vitamin B7 adalah salah satu vitamin yang paling sering ditambahkan ke dalam produk kecantikan.

Kekurangan vitamin ini bisa membuat kulit menjadi kering, iritasi, tubuh kurang berenergi, nyeri pada otot, kram, kerusakan saraf, dan perubahan mood.
Nah, maka dari itu jangan sampai tubuh kita kekurangan Biotin yah. Biotin sangat mudah ditemukan di makanan seperti daging, telur, alpukat, kembang kol, buah beri, beberapa jenis ikan, serta jamur.

Berikut ini beberapa contoh jenis makanan yang banyak mengandung Biotin :

1. Hati sapi
Hati sapi mengandung vitamin B7 dalam kadar yang sangat tinggi. Hati sapi mengandung nutrisi yang tinggi seperti biotin dan folat, serta protein berkualitas tinggi.

Tambahkan hati sapi ke dalam menu makanan sehari-hari, dan disertai juga dengan olahraga yang rutin ya, maka kamu bisa dengan mudah mengubah lemak menjadi otot.

2. Telur
Telur sudah angat dikenal sebagai makanan kaya protein dan asam amino yang ekstensif. Tapi telur juga kaya vitamin B7 loh, dimana vitamin ini sangat berguna untuk membantu pertumbuhan otot, dan tentunya kadar lemak dalam tubuh tidak akan bertambah.

3. Ikan Salmon
Biotin atau vitamin B7 yang ditemukan di dalam ikan salmon juga dikenal dengan asam lemak omega 3.

makanan yang bikin kurus
Salmon – pixabay

Nutrisi penting ini mengurangi peradangan yang disebabkan polutan dan radikal bebas. Selain itu, asam lemak omega 3 mampu melindungi jantung, meningkatkan kesehatan otak, dan menjaga kulit tetap cantik loh.

4. Ubi jalar
Nah siapa yang suka makan ubi jalar? Ternyata ubi jalar juga mengandung vitamin B7 yang dapat mengubah lemak jadi energi.
Mulai sekarang, daripada mengkonsumsi nasi yang tinggi karbohidrat, ada baiknya kamu menggantinya dengan ubi jalar. Jadi lebih sehat kan?

5. Kacang almond

makanan yang bikin kurus
Almond – pixabay

Kacang almond kaya akan mineral, seperti magnesium, selain itu kacang almond juga tinggi vitamin B7.
Kalau kamu ingin membakar lemak di tubuh, rajin-rajinlah mengkonsumsi kacang almond. Kamu juga bisa mengganti susu kamu dengan susu dari kacang almond, yang pastinya lebih menyehatkan

6. Tuna
Ikan tuna mengandung 0,6 miligram biotin dan asam lemak omega-3 dalam jumlah yang cukup tinggi.

makanan yang bikin kurus
Sushi – pixabay

Asam lemak omega-3 ini membantu mengurangi kadar kolesterol di dalam arteri dan darah, sehingga efektif mencegah penyakit jantung koroner.

7. Bayam
Bayam rendah lemak dan kolesterol. Seikat bayam mengandung 0,5 mg biotin dan kaya zat besi.
Artinya dengan cukup mengkonsumsi bayam, kamu sudah mendapat asupan tenaga tanpa pusing-pusing akan kelebihan berat badan loh.

Secara keseluruhan vitamin B7 atau Biotin sangatlah penting untuk tubuh, terlebih yang sedang dalam program diet. Karena dengan mengkonsumsi tujuh jenis makanan di atas, kamu sudah mendapatkan energi yang cukup tanpa harus mengkonsumsi karbohidrat.
Belum lagi manfaatnya yang dapat membakar lemak. Dengan asupan Biotin yang cukup dan olahraga yang teratur, tubuh yang ideal bukan lagi impian loh.
Selamat mencoba dan tetap sehat yah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here