Stop Makan Makanan Pedas. Intip Bahayanya Di Sini

0
569
bahaya makanan pedas
Food - pixabay

Makanan pedas dari jaman dulu hingga sekarang ini memang sangat digemari. Tidak hanya di daerah tertentu, rasanya hampir di seluruh Indonesia memiliki makanan dengan cita rasa pedas.

Nah, jika kamu salah satu penggemar makanan bercita rasa pedas, sebaiknya mulai dari sekarang kurangilah kebiasaan mengkonsumsi jenis makanan ini secara berlebihan. Jenis makanan yang bercita rasa pedas pada dasarnya memiliki manfaat juga loh untuk tubuh kita. Di antaranya adalah dapat memperlancar metabolisme tubuh, meningkatkan sirkulasi darah serta merupakan sumber vitamin C dan E yang baik untuk tubuh kita.

Namun, seperti yang kita tahu, segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Begitu juga dengan makanan pedas, kalau makanan tersebut dikonsumsi secara berlebihan dan hampir setiap hari justru malah akan membehayakan kesehatan kita, khususnya untuk lambung kita.

bahaya makanan pedas
Spicy – pixabay

Berikut ini enam bahaya mengkonsumsi makanan yang bercita rasa pedas untuk kesehatan kita :

1. Sakit kepala
Makanan yang terlalu pedas akan mengakibatkan serangan sakit kepala. Mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas dapat menyebabkan naiknya asam lambung, inilah yang menyebabkan munculnya rasa sakit pada kepala.

2. Penyebab badan kurus
Makanan pedas dapat mengakibatkan berat badan kamu semakin menurun. Jadi kalau kamu terlalu kurus dan ingin memiliki berat badan yang ideal, mulailah kurangi kebiasan memakan makanan yang pedas.

3. Hilangnya nafsu makan
Cita rasa pedas mampu membuat seseorang kehilangan nafsu makannya. Tentu saja ini bukanlah hal yang baik, karena manusia butuh asupan energi serta nutrisi yang lengkap tiap harinya.

4. Insomnia
Makanan yang pedas juga bisa mengakibatkan kamu terkena insomnia atau susah tidur pada malam hari, loh. Agar kamu dapat beristirahat dengan nyaman pada malam hari, sebaiknya kamu tidak memakan makanan pedas di saat makan malam ya.

5. Penyebab gastritis

bahaya makanan pedas
Chili – pixabay

Efek yang paling berbahaya dari makanan pedas adalah munculnya gejala gastritis, yaitu iritasi pada lapisan lambung. Gejalanya antara lain adalah rasa panas pada lambung, mual, muntah, perut tersa kembung, hilangnya nafsu makan dan gangguan saluran pencernaan.

Iritasi pada lapisan lambung ini dikarenakan makanan yang pedas memiliki kadar asam yang terlalu tinggi, sehingga menyebabkan kerusakan lapisan lambung.

Nah girls, sudah tahu kan bahayanya mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas? So, sebaiknya kurangilah mengkonsumsi makanan yang bercirasa pedas ini ya.
Semoga informasi ini bermanfaat, dan silakan share ke teman-teman kamu yang suka dengan makanan pedas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here