7 Hal Penyebab Munculnya Uban Di Usia Muda

0
138
Gray Hair 1720827 640
Gray Hair - pixabay

Girls, dulu mungkin kita mengenal bahwa parameter dari makin bertambahnya usia seseorang adalah munculnya uban di rambut kita. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, rambut yang memutih kini tidak lagi menunjukan usia yang menua. Kini uban bisa juga tumbuh di rambut seorang remaja. Kenapa bisa seperti itu?

Ternyata banyak faktor yang mempengaruhi munculnya uban pada seseorang yang masih berusia muda, beberapa faktor pemicu tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Kebiasaan merokok
Dengan merokok, artinya kita memasukan racun radikal ke dalam tubuh, racun-racun yang ada pada rokok inilah yang mampu menurunkan produksi melanin. Melanin yang berkurang akan membuat pertumbuhan uban menjadi lebih cepat dan ingat, tidak hanya perokok aktif saja yang dapat terkena dampak buruk ini, perokok pasif pun akan mengalami bahaya yang sama.

2. Ketidakseimbangan hormon
Banyak hal yang dapat mempengaruhi ketidakseimbangan hormon, diantaranya makanan yang kurang sehat, gaya hidup yang tidak sehat hingga kehamilan. Berbagai faktor tersebut dapat membuat memicu ketidakseimbangan hormon, sehingga mengganggu produksi melanin dan uban pun muncul.

3. Menopause dini
Salah satu penyebab munculnya uban di usia muda adalah menopause dini. Ketidakseimbangan hormon adalah biang keladi dari menopause dini.

4. Diet yang salah

Ipenyebab tumbuhnya uban
bread – pixabay

Girls, kamu suka diet? Hati-hati, karena diet yang salah merupakan salah satu penyebab munculnya uban di usia muda. Terobsesi memiliki tubuh langsing dan ideal memang tidak salah, tapi obsesi tersebut jangan sampai membuat kita menjalani deit yang ekstrim dan tidak sehat.

Tubuh tetap berhak mendapatkan asupan nutrisi dan mineral yang cukup, karena apabila tubuh tidak mendapatkannya, maka berbagai macam masalah kesehatan hingga munculnya uban di usia muda akan timbul.

5. Pengaruh genetik
Faktor yang satu ini memang tidak dapat kita cegah. Tapi kita bisa rutin melakukan perawatan rambut serta makan makanan yang penuh gizi untuk menunda tumbuhnya uban di usia muda.

6. Faktor psikologis
Faktor yang satu ini biasanya erat kaitannya dengan stress dan perasaan sedih. Perasaan yang tidak menentu, stress serta sedih mampu mengurangi sel-sel melanin dalam tubuh, sehingga memicu tumbuhnya uban. So girls, stop being stress ok?

7. Penggunaan hair dryer, catok rambut serta pewarna rambut secara berlebihan
Siapa sangka ternyata penggunaan hair dryer, catok rambut dan pewarna rambut mampu memicu tumbuhnya uban di usia muda? Nah girls, sebaiknya mulai dari sekarang yuk mulai kurangi penggunaan hair dryer dan catokan rambut. Kamu bisa mengeringkan rambut kamu dengan bantuan kipas angin atau mencoba beberapa bahan alami yang mampu meluruskan rambut secara alami.

Dan buat kamu yang suka mewarnai rambut dan tidak mau memiliki uban di usia yang muda, yuk stop penggunaan cat rambut. Selain itu membiarkan rambut kamu dengan warna alaminya mampu membuat rambut tumbuh lebih sehat kok.

Ipenyebab tumbuhnya uban
Body – pixabay

Last but not least, yuk mulai gaya hidup sehat dengan selalu berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan penuh nutrisi. Agar kesehatan kita tetap terjaga.

Selamat mencoba, girls.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here