Bagaimana Merawat Kesehatan dan Kebersihan Vagina Yang Benar?

0
1243
cara membersihkan dan merawat vagina
Woman - pixabay

Hai girls, sebagai seorang cewe merawat diri adalah sangat penting, termasuk merawat organ intim loh. Karena organ intim yang sehat dan terawat menjadi bagian dari kepercayaan diri seorang cewe.

Nah, khusus untuk bagian organ intim, kita tidak boleh sembarangan melakukan perawatan, karena kalau sampai salah malah berdampak buruk untuk sistem reproduksi kita loh girls. Berikut ini bebera cara yang tepat untuk menjaga organ intim kita sebagai cewe. Penasaran bagaimana cara merawat organ intim yang tepat dan benar? Yuk langsung kita simak ulasan berikut ini ya.

1. Hindari penggunaan sabun
Bau yang kurang sedap dari organ intim kita memang bikin percaya diri jadi hilang, dan banyak dari cewe yang berusaha menghilangkan bau tidak sedap itu dengan mencuci organ intimnya menggunakan sabun. Wah, padahal sabun mengandung zat kimia yang dapat merusak keseimbangan PH organ intim kita. Nah, maka dari pada itu saat sedang menstruasi, sebaiknya cukup membasuh organ intim dengan air hangat dan bersih saja.

2. Hindari parfum
Hindari penggunaan parfum yang disemprotkan di sekitar area organ intim. Parfum memiliki kandungan alkohol, dan itu akan merusak keseimbangan PH vagina loh. Inilah yang akan menyebabkan iritasi pada area sekitar vagina.

cara membersihkan dan merawat vagina
Denim – pixabay

3. Jagalah kebersihan saat menstruasi
Saat menstruasi, sangat penting untuk menjaga kebersihan organ intim. Gantilah pembalut minimal setiap 3 jam sekali. Mengganti pembalut dengan rutin efektif untuk menghindari kuman dan bakteri penyebab iritasi untuk berkembang biak.

4. Menggunakan celana dalam yang berbahan katun
Bahan katun mampu dan mudah menyerap keringat lebih baik dibandingkan dengan bahan kain lainnya. Katun juga dapat mencegah infeksi jamur yang terjadi karena lembap.

5. Kenakan pakaian longgar
Pakaian yang ketat, apalagi celana yang terlalu ketat akan menyebabkan vagina menjadi lembap. Akibatnya jamur dan bakteri akan mudah berkembang biak. Selain itu pakaian yang terlalu ketat dapat menyebabkan infeksi dan ruam pada area sekitar organ intim.

6. Rutin mencukur rambut kemaluan
Rambut kemaluan dapat menjadi sarang bertumbuhnya bakteri, kutu dan jamur yang akan menciptakan infeksi pada organ intim. Maka karena itu, rutinlah untuk mencukur bulu kemaluan minimal sebulan sekali, agar kesehatan organ intim tetap terjaga ya.

cara membersihkan dan merawat vagina
People – pixabay

Itu dia girls, enam cara mudah yang dapat kita lakukan untuk dapat menjaga kesehatan organ intim kita. Tidak susah dan pastinya harus rutin dilakukan yah agar organ intim kita tetap terjaga kesehatan dan kebersihannya. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here