Area Cewe

Informasi Kekinian Cewek Harus Tahu

Cara Bisnis Online Dengan Facebook
Life Style Teknologi

9 Tips Penting Bagaimana Menggunakan Internet yang Aman

Penggunaan internet saat ini sudah menjadi hal yang wajib. Tidak bisa dipungkiri, internet sudah menjadi kebutuhanpokok, namun menggunakan internet dengan aman juga sangat penting.

Menggunakan internet yang aman akan melindungi informasi pribadi dan menghindari risiko penggunanya dari kejahatan siber, pencurian identitas, dan serangan malware. Berikut adalah 9 cara untuk menggunakan internet dengan aman:

  1. Gunakan sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap akun online yang kamu miliki. Jangan pernah menggunakan sandi yang sama untuk beberapa akun.
  2. Gunakan perangkat lunak keamanan seperti antivirus dan firewall pada komputer atau perangkat gadget yang kamu gunakan, untuk melindungi dari serangan malware.
  3. Pastikan bahwa situs web yang kamu kunjungi aman dan terenkripsi dengan protokol HTTPS, ya. Kamu dapat memeriksa apakah situs web aman dengan melihat adanya kunci gembok pada bilah alamat atau URL yang dimulai dengan https: //.
  4. Ingat untuk selalu menghindari mengklik tautan dari email yang mencurigakan atau tidak dikenal, dan jangan pernah memberikan informasi pribadi seperti kata sandi atau nomor kartu kredit melalui email.
  5. Gunakan jaringan WiFi yang aman atau pribadi, dan hindari menggunakan jaringan WiFi publik tanpa proteksi. Jika memungkinkan, gunakan jaringan seluler kamu sebagai alternatif.
  6. Pastikan bahwa perangkat lunak yang kamu gunakan selalu diperbarui dan diupgrade dengan versi terbaru untuk menghindari kerentanan keamanan yang ditemukan pada versi sebelumnya.
  7. Penting nih; jangan membagikan informasi pribadi seperti nomor identitas, nomor rekening bank, atau informasi kartu kredit pada situs web yang tidak dikenal atau tidak terpercaya.
  8. Jangan pernah membuka lampiran email dari pengirim yang tidak dikenal atau mencurigakan, atau bahkan dari pengirim yang kamu kenal tetapi tidak mengharapkan email tersebut.
  9. Ingatlah bahwa jika suatu penawaran terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, maka kemungkinan besar itu tidak benar. Jangan mudah percaya pada penawaran yang terlalu menggiurkan atau yang terlalu mengada-ada.

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, Kamu dapat menggunakan internet dengan lebih aman dan melindungi diri kamu dari ancaman keamanan siber.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *