Cara Mudah Mengganti Ban Mobil Untuk Para Cewe

1
131
cara mudah mengganti ban
People - pixabay

Girls, apakah kamu termasuk orang dinamis yang memiliki mobilitas yang tinggi? Sehingga kamu dituntut untuk sering mengendarai mobil sendiri?

cara mudah mengganti ban
Drive – pixabay

Nah kalau kamu yang termasuk sering mengendarai mobil sendiri maka berarti kamu juga harus bisa mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi terkait dengan mobil kamu. Misalnya saja ban mobil yang tiba-tiba kempes atau bocor.

Sebagai seorang cewe, mengganti ban mobil yang tiba-tiba kempes memang agak susah sepertinya, tapi  jangan khawatir, kamu bisa belajar dari langkah-langkah sederhana berikut ini ya.

Langkah pertama yang harus dilakukan saat ban mobil kamu tiba-tiba kempes adalah tepikan terlebih dahulu mobil di tempat yang aman, ingat agar hindari tempat yang sepi. Setelah kamu yakin mendapatkan tempat yang aman, jangan lupa untuk menyalakan hazard dan pasang segitiga pengaman.

Langkah kedua, siapkan ban cadangan, dongkrak dan kunci roda. Jika kamu merasa tidak kuat mengangkat ban candangan tersebut, kamu cukup gelindingkan saja ban tersebut sampai ke posisi ban yang kempes.

Lalu longgarkan baut ban satu persatu sebelum kamu memasang dongkrak, tidak perlu sampai lepas dari tempatnya, cukup dilonggarkan saja ya. Setelah itu, kamu bisa posisikan dongkrak ke bagian roda yang sudah ditentukan.

Setelah roda terangkat, kamu dapat melepas semua baut dan letakkan di tempat yang terjangkau. Setelah itu, lepaskan ban dengan cara digeser atau digelindingkan. Kemudian pasang ban cadangan diposisi yang benar dan tepat. Setelah ban terpasang di tempat yang benar dan tepat, kamu bisa pasang semua baut, namun tidak perlu sampai terlalu kencang. Setelah itu, turunkan dongkrak secara perlahan.

Kemudian setelah roda menyentuh tanah, kamu bisa mengencangkan baut dengan cara bersilangan. Setelah semua baut terpasang dengan kencang, simpan kembali dongkrak, kunci roda dan ban tadi ke tempat semula.

Nah, girls pernah ngga sih kamu ganti ban sendiri di tengah perjalanan?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here