Cara Menjadi Top Post Di Instagram

0
1762
bagaimana menjadi Top Post Instagram
Instagram - pixabay

Buat kamu yang aktif menggunakan sosial media pasti sudah tahu bahwa Instagram menjadi sosial media paling populer saat ini. Carolyn Everson, selaku Vice President Global Marketing Solutions Facebook yang merupakan perusahaan induk Instagram mengklaim bahwa ada sekitar 800 juta pengguna aktif Instagram di dunia.

Bagaimana dengan Indonesia? Wow, ternyata Indonesia berada di posisi ke 3 sebagai negara dengan pengguna Instagram terbanyak di dunia. Ada sekitar 53 juta pengguna aktif Instagram di Indonesia, selisih sekitar 4 juta di bawah Brazil.
Dengan angka pengguna sebesar itu, Instagram menjadi ladang bisnis yang sangat menggiurkan, mulai online shop hingga bisnis selebgram adalahi hal wajar kita temui di Instagram.

Nah, kalau kamu mulai menggunakan Instagram sebagai tempat promosi bisnis kamu, maka kamu harus bisa membuat produk kamu menjadi yang paling populer di Instagram. Di antara banyaknya saingan bisnis di Instagram, sangat penting untuk bisa tetap berada di posisi Top Post di Instagram.

cara menjadi Top Post di Instagram
Top Post

Top Post Instagram adalah postingan yang ditampilkan paling atas pada mesin pencari Instagram. Kalau postingan kamu berada di Top Post Instagram sudah pasti postingan kamu akan menjadi yang pertama dilihat oleh pengunjung di mesin pencarian Instagram. Namun, bagaimana sih caranya untuk menjadi Top Post di Instagram? Ini dia beberapa tips untuk menjadi Top Post pada hasil pencarian di Instagram.

1. Aktif melakukan Follow, Like dan Comments
Tidak berbeda jauh dengan Google, mesin algoritma pada Instagram sangat mengutamakan engagements dari penggunanya, terutama pada likes, comments dan reply comments. Karena engagements ini menunjukkan bahwa posting itu memang benar disukai oleh users lain. Jumlah likes dan comments yang kamu berikan di postingan orang lain juga mempengaruhi algoritma instagram loh. Maka daripada itu, rutinkanlah untuk memberikan like serta comment pada postingan Instagram orang lain, karena aktifitas ini akan menaikan rating engagement akun Instagram. Apalagi kalau orang yang kamu comment membalas memberikan like serta comment di pontingan kamu. Ini akan membantu postingan kamu akan lebih cepat menjadi Top Post.

2. Gunakan hashtags yang sesuai postingancara menjadi Top Post di Instagram

HashtagsHashtags mempunyai peranan yang penting agar postingan kamu masuk ke dalam Top Post Instagram. Semakin banyak hashtags yang kamu gunakan, akan membantu pengguna lainnya menemukan foto kamu. Namun pastikan menggunakan hashtags yang sesuai dengan postingan kamu ya. Jangan pernah menggunakan hashtags yang tidak sesuai, karena mesin pencari akan menganggap postingan kamu sebagai spam, dan bisa-bisa postingan kamu semakin jauh dari Top Post Instagram.
Sebagai tambahan informasi, mulailah dengan menggunakan hashtags yang kecil. Apa maksudnya hashtags yang kecil? Artinya adalah hastags yang tidak terlalu populer, biasanya berjumlah di bawah 10.000 posts.
Tujuannya adalah agar postingan kamu bisa lebih mudah menguasai hashtags tersebut. Nah, kalau postingan kamu sudah berada di urutan atas dari hashtags tersebut, kamu bisa mengedit postingan kamu dengan menambahkan hashtags yang lebih populer.

3. Post menggunakan Videocara menjadi Top Post di Instagram

cara menjadi Top Post di InstagramTahukah kamu bahwa algoritma Instagram sangat menyukai postingan yang berupa video. Kamu bisa melakukan tes kecil dengan masuk ke kolom search, maka akan terlihat bahwa video akan lebih ditonjolkan. Instagram lebih memprioritaskan postingan video, dan pastinya postingan video memiliki chance yang lebih besar berada di Top Post.

Nah, itu dia 3 cara mudah untuk menjadikan postingan kamu menjadi Top Post di Instagram. Cukup mudah dan bisa langsung di aplikasikan yah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here