Hati-hati, Inilah 8 Hal Yang Bisa Bikin Bibir Kamu Pecah-Pecah

0
398
Chilli 1437775 640
Chilli - pixabay

Bibir mempunyai kondisi unik yang berbeda jika dibandingkan dengan bagian kulit di bagian tubuh lainnya, loh. Tidak seperti bagian kulit yang lain, bibir tidak memiliki kelenjar minyak untuk menjaga kelembapannya. Maka daripada itu girls, paparan sinar matahari di saat musim panas atau kemarau dan juga rendahnya kelembapan udara bisa membuat bibir menjadi kering dan kemudian pecah-pecah. Kondisi tersebut dapat semakin memburuk apabila kita tidak melakukan perawatan yang baik dan tepat terhadap bibir.

Portrait 2218882 1280
Portrait – pixabay

Bibir pecah-pecah biasanya disebabkan oleh dehidrasi atau kurangnya cairan dalam tubuh, tapi selain karena kurangnya cairan, tujuh hal berikut juga bisa bikin bibir kamu menjadi pecah-pecah, simak ulasannya ya :

1. Kebiasaan menjilati bibir

Person 840784 640
Person – pixabay

Mungkin kita bermaksud agar bibir tetap lembab, maka kita menjilati bibir. Namun faktanya adalah kebiasaan ini membuat bibir semakin menjadi kering. Karena pada dasarnya fungsi dari air liur adalah untuk membantu makanan agar lebih mudah dicerna usus bukan untuk melembapkan bibir. Air liur sangat cepat menguap dan bisa menyebabkan bibir menjadi lebih kering dari sebelum dijilat.

Daripada menjilati bibir lebih baik oleskan pelembap bibir atau lip balm yang memang berfungsi melembapkan bibir.

2. Infeksi jamur

Lip 1147365 640
Lip – pixabay

Apabila bibir pecah-pecah, terutama pada bagian pinggir bibir maka sebaiknya berhati-hatilah. Hal ini bisa jadi disebabkan karena adanya infeksi jamur pada bagian bibir. Jamur biasanya bisa tumbuh berlebih dari air liur yang tidak sehat di daerah sekitar bibir.

Oleh karena itu, sekali lagi, hindari membasahi bibir dengan air liur. Sebaiknya perbanyak meminum air putih dan buah-buahan yang mengandung banyak air agar bibir terhidrasi dengan sempurna.

3. Alergi

Lipstick 1367772 1280
Lipstick – pixabay

Alergi terhadap sesuatu yang bersentuhan langsung dengan kulit bibir juga bisa membuat area ini menjadi pecah-pecah. Biasanya bisa diakibatkan oleh produk-produk kecantikan, pasta gigi maupun makanan yang mengandung zat pewarna.

Jika bibir kamu terasa panas dan gatal saat mengenakan lipstik sebaiknya cuci bibir kamu dan hentikan penggunaannya. Perhatikan juga apabila pasta gigi kamu bikin bibir menjadi kering, sebaiknya gantilah dengan pasta gigi yang lebih lembut di bibir.

4. Terkena sinar matahari berlebih

Fashion 985556 640
Fashion – pixabay

Berada di luar ruangan dan terpapar sinar matahari secara langsung bisa membuat bibir kering lalu pecah-pecah. Untuk mengatasi keadaan ini, biasakan untuk mengoleskan lip balm yang mengandung SPF minimal 15 pada bibir setiap kali akan keluar rumah. Kandungan SPF pada lip balm mampu mengurangi efek pengeringan pada bibir akibat sinar ultraviolet.

5. Kekurangan vitamin

Fruit 2305192 640
Fruit – pixabay

Bibir kering dan pecah-pecah juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin B2 (riboflavin), B3 (niasin), B9 (asam folat), dan vitamin C. Kekurangan vitamin C juga bisa menimbulkan sariawan dan masalah pada gusi.

Sebaiknya konsumsi makanan yang kaya vitamin B seperti misalnya telur, ikan dan daging serta buah-buahan yang kaya vitamin C bisa menjadi solusi.

6. Kelebihan vitamin A
Apabila tubuh mendapatkan asupan vitamin A yang berlebihan atau lebih dari 25 ribu IU per hari bisa berdampak buruk bagi tubuh. Salah satunya membuat kulit dan bibir kering dan pecah-pecah.

Teeth 1560353 1280
Teeth – pixabay

Jadi apabila kamu mengkonsumsi suplemen vitamin A, sebaiknya berhati-hati dan perhatikan agar jangan melebihi dari 25 rbu IU per harinya.

7. Konsumsi obat tertentu

Smile 2607299 640
Smile – pixabay

Biasanya obat-obatan yang berfungsi untuk mengatasi masalah jerawat memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, dan seperti yang telah dijelaskan di atas, kelebihan asupan vitamin A mampu membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Obat-obatan untuk darah tinggi dan kolesterol pun bisa memicu bibir pecah-pecah.

8. Dehidrasi

Drinking Water Filter Singapore 1235578 640
Drinking Water – pixabay

Dehidrasi atau kurangnya cairan dapat merusak keseimbangan mineral dalam tubuh, salah satu akibatnya adalah kulit menjadi hilang kelembapannya. Begitu juga dengan bibir apabila tubuh kita kekurangan cairan.

Agar tubuh terhindar dari dehidrasi pastikan tubuh mendapat asupan cairan minimal delapan gelas setiap harinya. Hindari alkohol, karena alkohol mengganggu penyerapan mineral dan vitamin dari dalam tubuh.

Pasti kita semua mendambakan bibir yang sehat, lembut dan merah merona kan? Maka dari itu rawatlah bibir kamu dengana baik. Penuhi asupan nutrisinya dan lindungi bibir dari sengatan matahari. Jika kamu sering mengalami bibir kering dan pecah-pecah ada baiknya konsultasikan masalah tersebut dengan dokter agar keluhan kamu dapat segera diatasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here