Contoh Aplikasi Teknologi Hologram

0
27
Cara Kerja Teknologi Hologram
Cara Kerja Teknologi Hologram

Salah satu inovasi teknologi giliran mungkin tampak seperti fantasi penggemar fiksi ilmiah, tetapi hologram di tempat kerja menjadi kemungkinan yang berbeda. Itu mungkin tampak tidak masuk akal, tetapi memanfaatkan teknologi seperti itu di masa depan lebih mungkin daripada yang Kits pikirkan.

Penggabungan AI dan Digital

Teknologi Kecerdasan buatan sudah ada untuk meningkatkan pekerjaan , bukan menggantikannya. AI memiliki potensi besar untuk menumbuhkan dunia kerja, membawa serta lapisan rantai nilai digital, otomatisasi back office, dan komoditisasi. Meskipun orang-orang masih takut akan kemungkinan AI ada di sini untuk mencuri pekerjaan mereka, kenyataannya jauh lebih positif. Jika AI diintegrasikan dengan benar dalam ruang kerja, kemampuan manusia dapat ditingkatkan, memungkinkan mereka untuk fokus pada pemikiran tingkat tinggi, kreativitas, dan pengambilan keputusan. Sementara itu, mesin dapat membantu orang memproses, menganalisis, dan mengevaluasi banyaknya data yang dibuat oleh dunia saat ini.

Pekerjaan jarak jauh telah dimungkinkan oleh teknologi generasi terbaru, yang mencakup segala sesuatu mulai dari internet broadband berkecepatan tinggi dan konferensi video hingga alat manajemen proyek dan pesan instan. Teknologi ini telah meningkatkan kecepatan komunikasi dan memungkinkan kami untuk tetap terhubung dengan pekerjaan dengan menyelesaikan proyek di mana saja dari kantor pusat hingga kamar tidur kami. Namun, alat generasi berikutnya menawarkan lebih banyak lagi. Harapkan simulasi kolaborasi dan interaksi rekan kerja di tempat kerja tradisional. Disebut “realitas campuran”, beberapa perusahaan sedang mengerjakan teknologi yang menggambarkan realitas baru ini.

Aplikasi Teknologi Hologram
Aplikasi Teknologi Hologram

Contoh Aplikasi Teknologi Hologram

Kita sudah terbiasa dengan teknologi yang memungkinkan berinteraksi dengan pekerja jarak jauh, seperti layar konferensi video 2D. Saat para pekerja semakin tersebar di seluruh dunia, biasakan diri dengan gambar holografik 3D, avatar, dan realitas virtual dan augmented yang berlangsung di kantor Anda.

Perangkat lunak seperti Microsoft Hololens memungkinkan tim untuk bertemu, berinteraksi, dan berkolaborasi melalui realitas campuran. Secara khusus, HoloMeetings memungkinkan perusahaan mengadakan rapat di ruang kerja holografik bersama. Peserta dapat berbagi konten 3D dan 2D, yang dapat dilihat oleh semua orang dalam rapat. Yang menarik dari teknologi yang diusulkan ini adalah kenyataan bahwa jika seseorang memilih untuk berjalan di sekitar ruang kerja bersama, avatar mereka – bentuk holografik yang mengambil bentuk kepala dan bahu orang tersebut – meniru mereka, yang terlihat oleh pengguna dan lainnya. peserta. Rapat itu sendiri meniru lingkungan kantor pada umumnya. Misalnya, tidak ada tombol mute. Orang-orang juga bebas untuk datang dan pergi sesuka mereka, yang meniru rekan kerja yang tiba-tiba mampir ke meja Anda di tempat kerja. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi teknologi hologram masa depan.

Dan manfaatnya jelas – pertemuan virtual mengurangi kebutuhan akan ruang kantor dan perjalanan udara, yang memiliki pengaruh di seluruh dunia karena meminimalkan penggunaan energi dan mengurangi biaya.

Bagaimana Hologram Bekerja

Untuk membuat hologram, kita merekam objek atau orang di lingkungan yang bersih dengan sinar laser. Informasi tersebut kemudian diterapkan pada media perekam yang akan memperjelas gambar bagi pemirsa. Sinar laser dibagi menjadi dua dan diarahkan ke cermin, dengan salah satu sinar diarahkan ke objek. Segmen cahaya memantulkan objek dan direkam pada medium. Saat ini terjadi, berkas kedua, juga dikenal sebagai berkas referensi, diarahkan ke media pengkodean ulang, memungkinkan berkas untuk berkoordinasi dan membuat gambar yang tepat di lokasi hologram. Kedua sinar laser itu berpotongan dan saling mengganggu. Pola yang dibuat dicetak pada media perekaman untuk membuat ulang gambar 3D.

Dan perusahaan sudah meluncurkan aplikasi mereka untuk hologram 3D. Misalnya, Microsoft memiliki headset HoloLens, Apple menggunakan ARKit dan Google menampilkan hologram di ARCore. Tak lama lagi, perusahaan lain akan berlomba untuk mendominasi pasar AR.

Hologram Masa Depan

Hologram adalah bisnis utama dan publik pasti terpesona olehnya. ini tidak terjadi di masa depan yang luas; faktanya, hologram saat ini digunakan dengan cara berikut:

Manufaktur

Salah satu industri yang ingin menjadi pengguna awal teknologi komunikasi virtual adalah sektor manufaktur. Minyak dan gas lepas pantai menggunakan AR dan VR untuk memindahkan pengetahuan ahli ke mana pun diperlukan. Misalnya, insinyur lapangan senior BT bekerja dengan University of Essex dan menggunakan headset realitas campuran untuk menjalankan uji coba yang melibatkan melihat dan menasihati kolega junior dari jarak jauh dalam berbagai tugas teknik untuk mengurangi waktu respons dan personel onboard dengan cepat. Menurut Profesor Hani Hagras, direktur penelitian di Sekolah Ilmu Komputer dan Teknik Elektronik, Universitas Essex, jenis proyek ini akan segera menjadi rutinitas di sektor teknik. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi teknologi hologram masa depan.

Pemetaan Militer

Hologram berdimensi penuh telah digunakan untuk pengintaian yang lebih baik, karena kecerdasan geografis sangat penting untuk strategi militer. Peta holografik 3D dari “ruang pertempuran”, yang dibuat menggunakan data gambar terkomputerisasi dan diubah menjadi lembaran holografik, memungkinkan tentara melihat medan tiga dimensi, mengintip di sekitar “sudut,” dan yang terpenting, berlatih untuk misi. Peta juga membantu dalam skenario penyelamatan militer dan evakuasi bencana. Jenis teknologi ini mudah digunakan dan dapat digulung untuk memudahkan penyimpanan dan transportasi. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi teknologi hologram masa depan.

Penyimpanan Informasi

Sejumlah besar data dihasilkan oleh masyarakat setiap hari. Dan hologram memiliki manfaat tambahan untuk merekam data murni dan menyimpan informasi dalam jumlah yang tak terhitung. Dan di zaman di mana keamanan siber menjadi perhatian besar, hologram menyimpan data dalam tiga dimensi jadi jika satu halaman informasi rusak, Anda masih memiliki dua lapisan lainnya untuk digunakan. Dengan cara ini, hologram menawarkan jenis keamanan jangka panjang khusus. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi teknologi hologram masa depan.

Medis

Berkat hologram, alat baru dapat digunakan untuk memvisualisasikan data pasien serta melatih ahli bedah dan pelajar. Dengan menggunakan teknologi pencitraan canggih, sistem terkini seperti Pencitraan Resonansi Magnetik (MRI) dan pemindaian ultrasound menghasilkan data kompleks dengan menggunakan teknologi pencitraan mutakhir. Teknologi ini mampu menghasilkan hologram 3D penuh warna yang dihasilkan komputer. Saat gambar 3D digunakan untuk pelatihan dan tampilan, hologram tidak memerlukan perangkat atau kacamata untuk melihat. Pelajar dan dokter hanya dapat “melihat”, tanpa gangguan, gambar tiga dimensi, yang dapat mencakup organ dan sistem tubuh yang kompleks, seperti jantung, paru-paru, hati, otak, saraf, dan otot.

Keamanan Dan Anti Penipuan

Hologram canggih dan sulit dibuat, yang memberi mereka keuntungan dalam hal keamanan komersial. Kartu kredit sudah menggunakan hologram. Hologram pada kartu kredit dapat ditemukan dalam persegi panjang atau oval perak kecil yang biasanya ditemukan di punggung kartu kredit, yang merupakan hologram transmisi bercahaya putih yang didukung cermin. Mereka menampilkan gambar tiga dimensi yang terlihat oleh penonton saat dia memindahkan kartu dari sisi ke sisi dan berubah warna saat kartu dimiringkan ke atas dan ke bawah. Hologram ini sangat sulit untuk dipalsukan. Selain kartu kredit, uang kertas juga mulai memasukkan hologram aman. Contohnya dapat ditemukan di Inggris, karena uang kertas £ 5 terbaru menampilkan gambar Big Ben dan menggunakan holografi untuk menghasilkan serangkaian warna yang berubah saat uang kertas dimiringkan. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi teknologi hologram masa depan.

Seni

Seniman di seluruh dunia menggunakan hologram tiga dimensi untuk menggabungkan koleksi gambar diam atau video untuk menghasilkan karya animasi 3D, membengkokkan dan memotong ruang, dan untuk memahat cahaya. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi teknologi hologram masa depan.

Teknologi Masa Depan Harus Berkolaborasi

Setelah teknologi baru, seperti AR dan kecerdasan buatan, digabungkan, mereka dapat menciptakan teknologi baru dan kemungkinan baru untuk kerja sama, pelatihan, pendidikan, dan komunikasi.

Menariknya, pada tahun 2030, diperkirakan perbedaan antara realitas fisik dan digital hampir menghilang. Prediksi ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa interkonektivitas, cloud, AI, 5G, sensor, dan pemrosesan yang lebih cepat, teknologi komunikasi virtual adalah masa depan. Faktanya, perkembangan itu sekarang bergerak lebih cepat daripada sepuluh tahun terakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here