Rajin Pakai Serum Vitamin C, Tapi Wajah Malah Makin Kusam?

1
949
Serum Vitamin C
eye makeup - @strawberrymilktea

Babes, siapa yang rajin pakai serum, tapi wajah malah makin kusam? Kenapa yah bisa gitu? Serum wajah seperti apa sih yang bagus?

Well, umumnya serum wajah yang beredar di pasaran mengandung Vitamin C. Vitamin C pada serum wajah punya banyak manfaat, diantaranya untuk mencerahkan wajah dan sebagai antioksidan. Vitamin C sebagai antioksidan efektif mencegah berbagai macam kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin C juga bisa melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dan kulit kusam.

Vitamin C Sebagai Skincare
Nah, seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, serum wajah yang beredar di pasaran umumnya mengandung Vitamin C. Namun, Vitamin C sendiri punya banyak jenis atau turunan. Lalu, jenis vitamin seperti apa yang sebaiknya kita gunakan?

Pertama, yang harus diketahui adalah Vitamin C yang digunakan di dalam skincare sebaiknya memiliki komposisi maksimal sebesar 20%. Kalau persentasi komposisi Vitamin C yang terkandung lebih tinggi, maka beresiko menyebabkan iritasi pada kulit wajah.

Ada beberapa jenis vitamin C yang umum digunakan di dalam skincare, masing-masing jenis Vitamin C tersebut punya tingkat efektivitas yang berbeda pula. Nah, untuk kamu yang baru mulai menggunakan skincae dengan komposisi Vitamin C, sebaiknya menggunakan skincare dengan kandungan vitamin C yang lebih stabil, berikut ini beberapa contoh jenis Vitamin C yang bisa kamu pilih :
Ascorbyl-6-palmitate
Magnesium ascorbyl phosphate
Disodium isostearyl 2-o-L-ascorbyl phospate
Ascorbic acid sulphate
Tetraisopalmitoyl ascorbic acid

Apakah Bagus Menggunakan Skincare dengan Kandungan Vitamin C?
Pada dasarnya penggunaan skincare dengan kandungan Vitamin C relatif aman dan bagus. Vitamin C juga mampu membantu kinerja skincare lainnya seperti sunscreen dan antioksidan lainnya, artinya skincare dengan kandungan Vitamin C boleh digunakan bersamaan dengan skincare lainnya.

Vitamin C terbukti mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan mengurangi kerusakan radikal bebas yang disebabkan oleh sinar radiasi UV. Vitamin C sebaiknya digunakan di pagi hari sebagai booster bagi sunscreen atau tabir surya. Dan perlu diketahui, mengggunakan vitamin C tanpa dilayer dengan sunscreen, efek dari vitamin C malah bisa kebalikannya, loh.

Jadi misalnya kita menggunakan skincare dengan kandungan Vitamin C untuk mencegah hiperpigmentasi, tapi kita tidak menggunakan sunscreen, maka justru hal ini akan memicu terjadinya hiperpigmentasi.

Nah, jadi terjawab yah, kenapa wajah malah makin kusam walau rajin pakai serum Vitamin C. Bisa jadi karena ngga pakai sunscreen. Selain tidak menggunakan sunscreen, beberapa kandungan yang ada pada skincare berikut ini juga sebaiknya tidak boleh digunakan bersamaan dengan Vitamin C. Apa saja? Yuk, simak list nya di bawah ini :

1.Vitamin C dengan Retinol = tidak boleh sama sekali
Nah ini wajib banget diketahui ya, bahwa Vitamin C itu sebaiknya digunakan di pagi hari, sedangkan untuk retinol harus digunakan pada malam hari karena memiliki reaksi yang photosensitif, atau sensitif terhadap cahaya matahari.

  1. Vitamin C dengan Niacimanide = OK
    Banyak yang mengira kalau penggunaan Vitamin C dan niacinamide secara bersamaan dapat menyebabkan iritasi. Tapi, ternyata vitamin C dan niacinamide boleh digunakan secara bersamaan asal dengn cara yang tepat.

Niacinamide masuk ke dalam turunan Vitamin B3. Niacinamide memiliki banyak manfaat, antara lain berfungsi sebagai pelindung kulit dan meningkatkan hidrasi, meningkatkan kolagen, mengurangi sebum, serta meratakan warna kulit. Niacinamide juga cocok di semua jenis kulit.

Untuk penggunaannya, sebaiknya jangan mencampur antara Vitamin C dengan Niacinamide secara bersamaan yah. Vitamin merupakan molekul yang tidak stabail, rawan dengan oksidasi. Jadi Vitamin C harus digunakan pada pH yang rendah, sebaliknya niacinamide harus berada dalam pH natural atau lebih tinggi. Maka dari itu sebelum mengaplikasikan skincare pada wajah, pastikan komposisi skincare tersebut dan aplikasikan skincare dengan tekstur yang lebih ringan terlebih dahulu. Kemudian tunggu meresap sekitar 3-5 menit, kemudian aplikasikan skincare dengan tekstur yang lebih thick.

3.Vitamin C dengan AHA/BHA = dapat menyebabkan kulit kering
Sebenarnya menggunakan Vitamin C dengan AHA/BHA tidak masalah, tapi untuk yang memiliki jenis kering, hal ini bisa menyebabkan iritasi. Jadi, buat yang memiliki kulit kering, sebaiknya jangan menggunakan skincare yang mengandung Vitamin C dan AHA/BHA secara bersamaan. Kalaupun ingin menggunakannya, jangan menggunakannya setiap hari, yah.

  1. Vitamin C dengan Vitamin E = terbaik!
    Semua pasti tahu kalau Vitamin E sangat baik untuk kesehatan kulit. Tapi apakah bisa digunakan bersamaan dengan Vitamin C?
Serum Vitamin C
kulit sehat

Penggunaan vitamin C dan vitamin E pada skincare routine akan memberikan perlindungan antioksidan yang lebih baik dibandingkan dengan penggunaan Vitamin C saja. Kedua Vitamin ini memberikan manfaat untuk melawan kerusakan yang disebabkan dari radikal bebas.
Tapi ingat untuk tetap memberikan jeda pada setiap penggunaan skincare yah. Aplikasikan skincare dengan tekstur yang lebih ringan dahulu, disusul dengan tekstur yang lebih thick.

Nah babes, itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan jika menggunakan skincare dengan komposisi Vitamin C. Jadi ngga bingung lagi kan, kenapa rajin pakai serum Vitamin C, tapi wajah malah makin kusam?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here