Review OPPO Reno5 : Bikin Konten Jadi Makin Kreatif dengan Fitur AI yang Lebih Canggih

44
1761
OPPO RENO5
OPPO RENO5

OPPO baru saja merilis smartphone terbarunya 12 Januari 2021 yang lalu, yaitu OPPO Reno5 yang merupakan suksesor dari pendahulunya; Reno4. Kehadiran OPPO Reno5 digadang-gadang menjadi smartphone dengan spesifikasi yang sangat mendukung kreator kreatif. Well, secanggih apa sih spesifikasi OPPO Reno5?

SPESIFIKASI OPPO RENO5
Hadir sebagai penerus kesuksesan OPPO Reno4, OPPO Reno5 hadir dengan peningkatan pada fitur videonya. Seperti yang kita tahu, di era digital, konten video menjadi trend di sosial media. Tidak hanya milenials, rupanya hampir seluruh pengguna smartphone kini menikmati konten video. Ini terbukti dengan dominasi sosial media berbasis video seperti Tiktok, Youtube serta Instagram.

Layar OPPO Reno5
Rupanya OPPO sangat serius mendukung kehadiran smartphone untuk para konten kreator, nih. Hadir dengan layar AMOLED berukuran 6,4 inchi beresolusi FHD+, tentunya akan memberikan kenyamanan visual untuk para penggunanya. OPPO Reno5 juga mendukung Air Gesture, jadi kita bisa melakukan scrolling tanpa harus menyentuh layar. Fitur ini membantu banget loh ketika tangan kita sedang kotor, atau sedang makan sehingga tidak dapat menyentuh layar smartphone. Keren!
Tidak hanya itu, dengan refresh rate 90HZ bikin konten video yang dengan posisi vertikal akan terlihat lebih halus pergerakannya. Oh iya, untuk rasio layar-ke-body sebesar 91,7%. Luas, smooth dan pastinya nyaman, nih!

LAYAR OPPO RENO5
LAYAR OPPO RENO5

Kamera OPPO Reno5
Nah, ini dia andalannya OPPO Reno5. OPPO Reno5 ngga main-main di fitur ini, banyak inovasi canggih yang OPPO Reno5 hadirkan di fitur ini.
OPPO Reno5 didukung dengan 4 kamera belakang, ada kamera utama beresolusi 64MP, kamera ultra wide angle beresolusi 8MP, lensa macro 2MP dan lensa mono 2MP. Lalu untuk kamera depannya, OPPO Reno5 hadir dengan single kamera beresolusi 44MP F2/.4.
Secara keseluruhan foto yang dihasilkan memiliki warna yang natural, tajam serta konsisten di berbagai kondisi pencahayaan. Seperti yang kita ketahui, OPPO memang selalu memiliki hasil foto yang terbaik. Sepertinya layak untuk memberikan penjelasan detail mengenai kelebihan dari kamera OPPO Reno5.

Fitur Kamera
AI Highlight Video
Ini merupakan fitur pertama di industri yang menggunakan algoritma AI untuk mendeteksi keadaan cahaya secara otomatis. Fitur AI ini tersedia untuk kamera belakang serta depan.

Dengan fitur ini, kamera OPPO Reno5 secara otomatis akan mengatifkan Ultra Night Video untuk mengoptimalkan kualitas video malam hari agar terlihat lebih cerah, tajam, alami namun minim noise.

Lalu ketika kondisi cahaya latar yang terlalu kuat, seperti backlight, kamera OPPO Reno5 akan mengaktif HDR Live otomatis, alhasil subjek dan latar belakang akan terlihat sama jelasnya.

AI Mixed Potrait
Fitur ini bekerja menggabungkan video potrait dengan video latar belakang. Fitur AI Mixed Potrait memungkinkan kita mendapatkan efek yang lebih artistik.

AI Color Potrait
Fitur ini mendukung fungsi foto dan video, dengan fitur ini kita bisa membuat latar belakang menjadi hitam dan putih sekaligus menjaga warna asli objek. Sekali lagi foto maupun video yang dihasilkan menjadi lebih artsy dan kreatif. Pas banget untuk para konten kreator.

AI Monochrome Video
Nah, kalau fitur ini mampu menggabungkan 3 jenis filter video sekaligus, seperti menambahkan efek menyerupai film layar lebar pada objek dan menampilkan warna hitam dan putih pada latar. Fitur ini mendukung real time preview juga, loh.

Dual View Video
Ini merupakan fitur yang memungkinkan video ditangkap dengan kamera belakang serta depan secara bersamaan, yes bersamaan. Recording ganda dengan perspektif berbeda, jadi pengguna OPPO Reno5 mampu menyatukan rekaman si pengguna dengan objek yang direkam dalam 1 frame video.

Image Clear Engine (ICE)
Fitur ini mengoptimalisasi kemampuan kamera OPPO Reno5 untuk menangkap gambar yang sangat cepat. Foto yang dihasilkan lebih jernih walau objek sedang bergerak sekalipun. Contohnya seperti foto anak-anak yang bermain, atau foto orang berolahraga ataupun foto hewan kesayangan. Fitur ini juga bekerja untuk perekaman video.

Ultra Night Selfie dan Ultra Dark Mode serta Night Flare
Dengan dukungan kamera depan beresolusi 44MP, kamera OPPO Reno5 mampu mengoptimalkan foto selfie menjadi lebih cerah dan tajam, walau di kondisi minim cahaya.

Mode ultra dark akan otomatis membaca lingkungan dan bekerja di kondisi gelap, sehingga kamera OPPO Reno5 tetap dapat menangkap objek apa saja.
Oh iya, OPPO Reno5 juga punya fitur Ultra Night Flare, yaitu fitur eksklusif dari OPPO yang mampu menghasilkan foto malam yang jernih, cerah dengan efek bokeh alami.

Ultra Clear Image
Kamera belakang OPPO Reno5 mampu menghasilkan foto dengan resolusi hingga 108MP. Jadi foto yang dihasilkan akan memiliki struktur yang lebih padat, kaya warna serta detail yang tetap tinggi walau diperbesar beberapa kali.

SOLOOP
Buat kamu yang memang pengguna OPPO Reno series mungkin sudah akrab dengan SOLOOP. SOLOOP adalah editor video canggih, eksklusif dari OPPO. SOLOOP pada OPPO Reno5 memberikan dukungan fitur Auoto Generate dan Shoot Like an Influencer sehingga penggunanya dapat menambahkan filter, musik, atau memilih template video dan ini bisa dilakukan secara real time. Hasil video pun bisa dibagikan secara instant ataupun diedit menjadi film pendek. Heii, konten kreator this smartphone worth to have!

Perangkat Keras OPPO Reno5

Snapdragon 720G
OPPO Reno5 didukung prosesor Qualcomm Snapdragon 720G SoC dengan konfigurasi RAM 8GB dan ROM 128GB. Chip Snapdragon 720G ini dibekali dengan fitur-fitur Elite Gaming Qualcomm, serta grafis yang lebih halus. Sedangkan untuk konvektivitasnya, Snapdragon 720G ini dibekali dengan modem Snapdragon X15 LTE dengan kecepatan download hingga 800 Mbps
50W Flash Charge
OPPO Reno5 hadir dengan adaptor SUPERVOOC di dalam kotak. Dengan 50W Flash Charge, OPPO Reno5 mampu mendapatkan 80% tingkat kepenuhan baterai hanya dalam 31 menit saja. Dan akan terisi penuh 100% dalam 48 menit. Oh iya, OPPO Reno5 hadir dengan kapasitas baterai 4.310 mAh.

Desain OPPO Reno5
Secara penampilan, OPPO Reno5 memiliki desain yang mirip dengan pendahulunya dengan spektrum warna khas OPPO. OPPO Reno5 hadir dengan varian Starry Black dan Fantasy Silver.
Material belakang OPPO Reno5 menggunakan plastik polikarbonat, dan OPPO memberikan 6 lapisan khusus sehingga membuat body belakang OPPO Reno5 memancarkan 7 warna yang bisa berubah-ubah sesuai pencahayaan.

DESAIN OPPO RENO5
DESAIN OPPO RENO5

Kesimpulan OPPO Reno5
OPPO Reno5 memiliki banyak keunggulan dalam fitur kamera dan editong video. Dengan keunggulannya, OPPO Reno5 sangat cocok untuk para konten kreator yang kreatif dalam mengeksplorasi foto dan video. OPPO Reno5 merupakan pilihan tepat untuk menghasilkan konten yang berbeda serta unik.

Untuk performa, OPPO Reno5 sangat bisa diandalkan. Prosesor yang mumpuni serta daya baterai yang awet serta dukungan pengisian daya 50W Flash Charge menjadikan OPPO Reno5 smartphone yang mampu mengakomodir kebutuhan orang-orang yang aktif dan mobile. OPPO Reno5 dibanderol dengan harga RP.5 jutaan, sudah bisa pre order mulai 13 – 21 Januari 2021.

44 COMMENTS

  1. Mbak, yang 5G nya kapan masuk Indonesia? Sudah bisa dipakai belum yah di semester pertama 2021 ini? Pengen punya banget nih yg 5G

  2. Astraga, cepat kali sudah keluar Reno5 aja. Fitur AI nya banyak banget, ini beneran must have nih.. Bisa tuker tambah ga yah? Gue baru beli Reno4 nih!

  3. pengen banget ngerasain fitur kameranya, kata orang-orang paling bagus kamera OPPO. Ngumpulin duit dulu deh, moga kebeli di tahun ini.

  4. Bener juga nih, worth to buy. Prosesornya yang terbaru, dan pertama di duni. Snapdragon 720G makan banget buat nge game, jadi ga cuma menang di kamera. Oke lah OPPO.

  5. Harga 5 jutaan berati masih masuk ke hp mid range yah Mba? Kalau prosesor Snapdragon 720G itu masuk ke prosesor mid range juga? Penasaran dengan prosesor yang paling baru dari Snapdragon ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here