6 Khasiat Teh Hijau Untuk Kecantikan dan Kesehatan

1
413
Cup 1375899 1280
Cup - pixabay

Teh hijau atau green tea adalah salah satu varian teh yang paling banyak dikonsumsi setelah teh hitam. Rasa dari teh hijau memang tidak jauh berbeda dengan teh lainnya yang sering kita konsumsi.

Namun teh hijau memiliki kandungan antoksidan atau yang disebut dengan polifenol. Kandungan polifenol dalam teh hijau sangat tinggi, oleh karena itu teh hijau sangat dipercaya mampu menyehatkan tubuh serta berkhasiat mengencangkan kulit dan menghilangkan tanda-tanda penuaan dini. Selain itu teh hijau memiliki kandungan kafein yang paling rendah di antara jenis teh lainnya, sehingga teh hijau relatif aman bagi penderita hipertensi dan sakit jantung.

Teh hijau saat ini sangat populer ditambah lagi banyaknya penelitian yang membenarkan bahwa dengan teratur mengkonsumsi teh hijau dapat menurunkan resiko penyakit jantung, mengcegah penuaan dini, mencegah obesitas, menghambat pertumbuhan sel kanker serta menyehatkan untuk psikis juga karena efek teh hijau sendiri dapat digunakan untuk menenangkan pikiran. Karena kandungan Theanine dalam teh hijau mampu membuat otak lebih rileks dan berfungsi sebagai anti depressan.

Cafe 1573364 640
Cafe – pixabay

Namun perlu diketahui, manfaat dari teh hijau akan benar-benar maksimal kita dapatkan apabila kita menyeduh daun teh hijau daripada menggunakan kantong teh. Seduhlah daun teh dengan air panas, selain rasanya yang lebih nikmat, zat antioksidan yang dilepaskan juga lebih banyak. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin :

1. Menurunkan Berat Badan
Teh hijau sangat rendah kalori, apabila diminum tanpa gula. Dengan zat antioksidan alami yang ada di dalam teh hijau dapat membuat metabolisme tubuh menjadi lebih aktif dalam mencerna dan mengubah lemak menjadi kalori, yang pada akhirnya berat badan menjadi berkurang. Teh hijau juga mampu mendetoksifikasi tubuh dan menekan nafsu makan kita, sehingga bisa mencegah keinginan makan berlebih.

2. Mencegah Diabetes
Antioksidan alami yang dimiliki teh hijau juga mampu memperlambat penyerapan glukosa dalam darah. Oleh karena itu teh hijau mampu mencegah penyakit diabetes tipe II.

3. Mencegah Jerawat
Teh hijau mengandung polifenol yang bersifat anti inflamasi dan melindungi membran sel kulit, yang artinya teh hijau selain dapat menghentikan peradangan akibat jerawat, teh hijau juga mampu mencegah jerawat untuk muncul. Teh hijau juga mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas, membantu kulit menjadi lebih bercahaya, dan mengurangi kerusakan kulit wajah akibat paparan sinar matahari.

4. Menyehatkan Rambut
Zat polifenol selain baik untuk kulit juga baik untuk pertumbuhan rambut. Ditambah lagi teh hijau juga mengandung vitamin E dan C yang efektif merangsang pertumbuhan rambut dan menghaluskan rambut.

Untuk mendapatkan khasiat teh hijau untuk rambut sangat mudah. Cukup siapkan daun teh hijau dan seduh dengan air panas, kemudian diamkan selama satu malam dan simpan dalam kulkas. Lalu kamu bisa gunakan di esokan harinya. Caranya cuci rambut kamu sampai bersih lalu pada bilasan terakhir gunakan teh hijau yang sudah diseduh kemarin malam. Setelah itu tidak perlu dibilas lagi. Cukup diangin-anginkan hingga kering.

5. Penghilang Kantung Mata
Selalu bermasalah dengan kantung mata di pagi hari? Cukup kompres mata kamu dengan kantung atau ampas daun teh hijau yang telah diseduh. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lakukan secara rutin tiap pagi hari sampai menemukan hasil yang kamu inginkan.

Smile 2690309 640
Smile – pixabay

6. Melembabkan Wajah
Antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau akan melawan radikal bebas, dimana radikal bebas adalah penyebab timbulnya penuaan dini pada kulit. Teh hijau juga mengandung epigallocatechin, yaitu senyawa polifenol yang menjaga kulit tetap lembut dan elastis dengan melancarkan peredaran darah.

Untuk mendapatkan wajah yang lembut, lembab dan sehat, kamu cukup seduh daun teh hijau dengan air panas, lalu diamkan di dalam kulkas semalaman. Esok paginya kamu bisa menggunakannya dengan cara basahkan kapas dengan teh hijau dan usapkan pada wajah. Lakukan pijatan ringan di sekitar dahi, hidung, pipi dan dagu agar teh hijau meresp ke dalama kulit wajah. Setelah itu cukup diamkan wajah selama 10 menit lalu basuh wajah dengan air dingin hingga bersih.

Cara ini juga mampu merawat wajah yang terbakar akibat paparan sinar matahari, sehingga kulit wajah kembali sehat dan tidak meninggalkan bekas noda hitam.

Tee 1252397 640
Tee – pixabay

Selain manfaat yang telah dijabarkan di atas, teh hijau masih banyak memiliki khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Namun, sebaiknya cukup mengkonsumsi dua sampai tiga cangkir teh hijau saja setiap harinya untuk mendapatkana nutrisi dan manfaatnya dengan maksimal.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here