Windows 11 Rilis 5 Oktober 2021; Apa Saja Perubahannya?

1
37
Windows 11
Windows 11

Tanggal Rilis Windows 11 Ditetapkan untuk 5 Oktober, Tidak Ada Dukungan Aplikasi Android saat Peluncuran
Perangkat baru yang memenuhi syarat akan menerima peningkatan gratis Windows 11 terlebih dahulu.

Microsoft pada Selasa lalu mengumumkan tanggal perilisan Windows 11 yang akan ditetapkan pada 5 Oktober. Raksasa perangkat lunak itu mengatakan bahwa pada 5 Oktober, peningkatan gratis ke Windows 11 akan mulai diluncurkan ke semua PC Windows 10 yang memenuhi syarat dan PC yang telah dimuat sebelumnya dengan sistem operasi Windows generasi berikutnya akan tersedia untuk dijual.

Versi Windows 11 yang baru akan membawa beberapa perubahan, termasuk penyegaran pada antarmuka dan menu Start yang ditempatkan secara terpusat. Namun, sayangnya perubahan tersebut tidak akan menyertakan dukungan untuk aplikasi Android pada saat rilis resminya di bulan Oktober.

Microsoft akan mulai meluncurkan Windows 11 ke PC Windows 10 yang memenuhi syarat mulai 5 Oktober 2021, meskipun tidak semua PC akan diperbarui ke versi baru pada hari pertama. Oleh karena itu, pembaruan akan tersedia secara bertahap.

“Kami berharap semua perangkat yang memenuhi syarat akan ditawarkan upgrade gratis ke Windows 11 pada pertengahan 2022,” kata Aaron Woodman, General Manager of Windows Marketing di Microsoft, dalam sebuah posting blog.

Persyaratan Sistem Minimum Microsoft Windows 11 Telah Berubah
Pembaruan Windows akan memungkinkan pengguna untuk mengetahui kapan Windows 11 tersedia untuk PC Windows 10 mereka yang sudah ada. Pengguna akan dapat mencari pembaruan dengan masuk ke “Pengaturan” lalu masuk ke “Pembaruan Windows” kemudian pilih “Periksa Pembaruan”.

Microsoft sebelumnya telah berjanji untuk segera meluncurkan kembali aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC untuk memungkinkan pengguna memeriksa status kelayakan PC Windows 10 mereka. Sementara itu, penggunanya bisa mendapatkan aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC dalam pratinjau, jika penggunanya adalah anggota program Windows Insider. Pengguna PC Windows juga dapat melihat persyaratan sistem minimum Windows 11 untuk menentukan apakah PC yang digunakan memenuhi syarat untuk menerima pembaruan sistem operasi baru.

Windows 11 awalnya diumumkan akan tersedia sebagai pembaruan pada PC yang membawa CPU terbaru, meskipun Microsoft minggu lalu memperbarui persyaratan sistem minimumnya untuk menyertakan dukungan untuk CPU Intel yang lebih lama.

Windows 11 Akan Membutuhkan Lebih Banyak Upaya untuk Mengubah Browser Default
Penting untuk diketahui bahwa hanya perangkat baru yang memenuhi syarat yang akan ditawarkan pembaruan Windows 11 terlebih dahulu, sementara sistem operasi akan menjangkau lebih banyak perangkat di pasar dari waktu ke waktu. Microsoft juga bekerja sama dengan produsen dan mitra ritel untuk menghadirkan versi Windows terbaru ke berbagai PC Windows 10 baru segera setelah memulai proses peluncuran bulan depan.

Nah, jika kamu memiliki PC yang tidak memenuhi syarat untuk Windows 11, Microsoft telah memastikan untuk terus mendukung Windows 10 hingga 14 Oktober 2025. Baru-baru ini juga mengumumkan fitur baru termasuk peningkatan Windows Hello dan dukungan Wi-Fi WPA3 H2E yang akan menjadi bagian dari Windows 10 akhir tahun ini.

Karena itu, Windows 11 menawarkan tingkat pengalaman dan fitur baru yang tidak mungkin didapatkan di Windows 10. Ini termasuk daftar perubahan tingkat antarmuka, suara dan efek animasi baru, Tata Letak Snap, Grup Snap, dan dukungan multi-desktop yang ditingkatkan. Windows 11 juga membawa integrasi Microsoft Teams yang mendalam untuk memungkinkan pengguna tetap terhubung dengan kontak mereka dan secara default menampilkan menu Start di tengah.

Microsoft akan Merombak Aplikasi Windows 11 Bawaan Seperti Snipping Tool
Windows 11 juga menyertakan Microsoft Store baru dan dilengkapi dengan berbagai peningkatan serta peningkatan untuk menghadirkan pengalaman yang diperbarui dengan sentuhan, pena digital, dan input suara.

Namun demikian, tidak semua fitur yang diumumkan Microsoft bersamaan dengan peluncuran Windows 11, karena dukungan yang diantisipasi untuk aplikasi Android akan tersedia pada tahap selanjutnya.

“Kami berharap dapat melanjutkan perjalanan kami untuk menghadirkan aplikasi Android ke Windows 11 dan Microsoft Store melalui kolaborasi kami dengan Amazon dan Intel; ini akan dimulai dengan pratinjau untuk Windows Insiders dalam beberapa bulan mendatang,” kata Woodman.

Dukungan aplikasi Android pada Windows 11 tidak akan tersedia untuk penggunanya hingga akhir tahun 2022 karena Microsoft biasanya membutuhkan beberapa bulan dalam menguji pembaruan baru di bawah program Windows Insider-nya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here