Home Teknologi Apple iPhone 13 vs Samsung Galaxy S21: Mana yang Harus Kamu Beli?

Apple iPhone 13 vs Samsung Galaxy S21: Mana yang Harus Kamu Beli?

3
92
Ipjone 13 Samsung Galaxy S21
Ipjone 13 Samsung Galaxy S21

Apple iPhone 13 vs Samsung Galaxy S21: Mana yang Harus Kamu Beli?
Kalau kamu bingung mana yang harus dibeli antara smartphone flagship iPhone 13 Apple dan Samsung Galaxy S21, cob abaca review singkatnya di bawah ini.

Di semester ke dua tahun ini, dua raksasa; Samsung dan Apple merilis smartphone terbarunya. Dengan pengumuman iPhone 13, orang-orang pasti bertanya-tanya apakah mereka harus menggunakan salah satu flagships terbaru dari Apple atau salah satu rilisan terbaik Samsung Galaxy S21.

iPhone 13 dan Samsung Galaxy S21 rasanya memang cocok untuk dibandingkan karena masing-masing memiliki perbandingan spesifikasi head-to-head, dan tentunya memiliki pasarnya sendiri.

IPhone 13
IPhone 13

Desain dan Daya Tahan
Dengan pengecualian modul kamera yang didesain ulang, dan beberapa opsi warna baru, iPhone 13 terlihat seperti salinan pendahulunya. iPhone 13 hadir seperti kaca mengkilap dan dengan sasis aluminium yang memiliki lima varian warna: hitam, biru, merah muda, putih, dan merah.

Rel baja tahan karat dan bagian belakang kaca buram memberikan iPhone 13 Pro Max tampilan yang lebih canggih. iPhone 13 Pro Max tersedia dalam empat warna yang lebih lembut: biru, emas, abu-abu, dan putih.

Sementara seluruh jajaran Samsung S21 mendapat perubahan, tampilan bodinya menggunakan plastik matte dengan warna abu-abu, merah muda, ungu, dan putih. Modul kamera juga terintegrasi ke dalam bingkai aluminium.

Baik seri iPhone 13 dan Samsung Galaxy S21 memiliki peringkat IP68, dan dapat bertahan di air sedalam 4,9 kaki selama setengah jam. Di luar itu, ada beberapa perbedaan daya tahan utama.

S21 memiliki bodi plastik dan layar Gorilla Glass, sedangkan pelat belakang 21 Ultra terbuat dari Gorilla Glass. IPhone 13 dan 13 Pro Max menggunakan kaca Perisai Keramik khusus Apple untuk layar dan panel belakang. Apple mengklaim itu lebih tahan lama daripada layar kaca yang lainnya, tetapi jauh lebih rentan terhadap goresan. Forum Apple dipenuhi dengan keluhan tentang goresan garis rambut pada model iPhone 12 yang menggunakan kaca yang sama.

Perangkat keras
Selama bertahun-tahun, iPhone berada di atas angin dalam hal kekuatan pemrosesan, dan sepertinya posisi ini belum berubah.

Baik iPhone 13 dan 13 Pro Max menggunakan prosesor A15 Bionic terbaru Apple, tetapi model Pro memiliki GPU yang lebih kuat. Di iPhone 13 dan 13 mini, kita akan menemukan konfigurasi penyimpanan 128GB, 256GB, dan 512GB. Jika itu tidak cukup, model Pro menawarkan hingga 1TB.

Sementara itu, platform seluler Qualcomm Snapdragon 888 mendukung S21 dan S21 Ultra. Ada varian penyimpanan 128GB dan 256GB pada S21, sedangkan S21 Ultra juga memiliki opsi 512GB.

Apple tidak mencantumkan RAM di perangkatnya karena OS-nya lebih efisien daripada Android dan membutuhkan lebih sedikit sumber daya. Seri S21 berjalan hingga 12GB RAM pada Ultra, tetapi itu mungkin berlebihan untuk banyak orang. Baik flagships Apple dan Samsung memiliki performa yang lebih dari cukup untuk mengerjakan tugas apa pun.

Layar
Di sinilah hal-hal menjadi menarik, pada IPhone 13 menampilkan panel layar OLED 6,1 inci yang cerah dengan kecepatan refresh 60Hz. Di iPhone 13 Pro Max, kita akan menemukan panel OLED 6,7 inci yang lebih cerah dengan kecepatan refresh dinamis antara 10Hz dan 120Hz.

Nah untuk Samsung sendiri, telah lama dikenal dengan panel layar AMOLED yang cantik, dan seri S21 tidak terkecuali. Galaxy S21 menampilkan layar 6,2 inci dengan kecepatan refresh variabel yang berubah dari 48Hz menjadi 120Hz.

Samsung Galaxy S21 Ultra memiliki layar terbesar, dengan ukuran 6,8 inci. Dan seperti iPhone 13 Pro Max, S21 dapat turun hingga 10Hz saat Anda membaca dan melompat kembali hingga 120Hz saat bermain game.

Meskipun Samsung memiliki sedikit keunggulan untuk resolusi layar, sepertinya angka tersebut tidak terlalu berarti. Semua tampilan sangat tajam sehingga tidak mungkin untuk melihat kepadatan piksel yang lebih tinggi dengan mata manusia. Namun, tampilan Apple secara signifikan lebih cerah daripada seri Galaxy S21, menjadikannya lebih baik untuk konten HDR dan digunakan dalam cahaya terang.

Samsung S21 FE
Samsung S21 FE

Kamera
Baik Samsung dan Apple memiliki sensor kamera terbaik. Di iPhone 13, kita akan menemukan dua sensor 12MP yang diperbarui. Lensa utama memiliki aperture f/1.6 dengan piksel fokus 100% dan stabilisasi gambar optikal sensor-shift. Lensa ultrawide memiliki bidang pandang 120 derajat dengan aperture f/2.4 dan optical zoom out 2x. Di bagian depan ada kamera selfia dengan TrueDepth 12MP dengan aperture f/2.2.

IPhone 13 Pro Max memiliki modul kamera yang sedikit berbeda dengan tiga sensor. Baik lensa primer dan ultrawide 12MP memiliki lubang yang sedikit lebih besar daripada iPhone 13 untuk kinerja cahaya rendah yang lebih baik. Lensa utama masuk pada f/1.5, dan lensa ultrawide masuk pada f/1.8. Ada juga lensa telefoto 12MP dengan aperture f/2.8. Memiliki rentang zoom optik 6x, stabilisasi sensor-shift pada ketiga lensa, dan pemindai LiDAR untuk potret mode malam, fokus otomatis lebih cepat dalam cahaya rendah, dan aplikasi AR.

Sedangkan pada Samsung Galaxy S21 memiliki tiga kamera pada bodi belakangnya. Lensa telefoto utama 64MP dengan aperture f/1.8, dan memiliki autofokus deteksi fase ganda (AF), zoom optik hibrida 3X, dan stabilisasi gambar optik (OIS). Ada juga lensa sudut lebar 12MP dengan aperture f/1.8, AF piksel ganda, dan OIS. Lensa ultra lebar 12MP dengan aperture f/2.2 melengkapi ketiganya. Kamera depan memiliki resolusi 10MP dengan aperture f/2.2 dan AF piksel ganda.

Galaxy S21 Ultra memiliki modul kamera quad yang sangat berbeda. Sebagai permulaan, ada sensor 108MP yang memiliki aperture f/1.8, AF deteksi fase, serta OIS. Ini mendukung “nona-binning” untuk foto 12MP super tajam. Ada juga sepasang lensa telefoto 10MP dengan aperture f/2.4 dan f/4.9 yang bekerja bersama dengan sensor AF laser untuk menciptakan fitur 100X Space Zoom Samsung. Kedua lensa telefoto memiliki AF piksel ganda dan OIS. Lensa ultra lebar 12MP dengan aperture f/2.2 dan AF piksel ganda melengkapi gambar. Kamera selfie depan 40MP dengan aperture f/2.2 dengan AF.

Fitur spesial
Baik Apple maupun Samsung cenderung mencadangkan fitur khusus mereka untuk model paling mahal, seperti pemindai LiDAR pada iPhone Pro atau S Pen Galaxy S21 Ultra.

Untuk yang belum tahu, stylus Samsung tampak seperti fitur khusus, tetapi begitu kita menggunakannya, pasti kita akan ketagihan. S Pen memudahkan untuk membuat catatan tulisan tangan di S21 Ultra, mengedit foto, dan setiap menggambar animasi yang menyenangkan.

Dan kemudian ada MagSafe, ini adalah fitur bagus yang menghadirkan pengisian nirkabel maksimal 15W pada semua model iPhone 13. Pun sama halnya dengan Samsung Galaxy S21 yang mendukung pengisian nirkabel 15W Samsung melalui standar Qi universal. Nah, sudah bisa menentukan pilihan beli iPhone 13 atau Samsung Galaxy S21?

3 COMMENTS

  1. sama-sama flagship, sama-sama punya kamera bagus dan sama-sama punya performa yang bagus.
    tapi buat aku, tetap setia dengan Android, hehehe..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here