Review realme 8i: HP Serba Bisa dengan Budget Terbatas

1
49
Realme 8i
Realme 8i

Realme 8i telah diluncurkan di India sebagai penerus Realme 7i, walau belum resmi meluncur di tanah air, tentunya kehadiran realme 8i sangat ditunggu karena menjadi pilihan yang lebih terjangkau daripada realme 8.

Fitur utama smartphone baru realme ini adalah layar 120Hz, MediaTek Helio G96 SoC, dan baterai 5.000mAh. Hal yang paling menarik dari kehadiran realme 8i adalah harganya yang dimulai dari Rs. 13.999 (atau sekitar Rp.2,7 juta). Harga yang relative terjangkau inilah yang menempatkan realme 8i di salah satu segmen paling kompetitif di pasar. Bisakah realme 8i lebih unggul dari pesaing, atau haruskah kita mempertimbangkan opsi lain?

Desain realme 8i
Realme 8i memiliki layar yang lebih besar dengan lubang untuk kamera di sudut kiri atas. Bezelnya tipis di bagian samping tetapi relatif lebih tebal di bagian atas dan bawah.

Realme 8i memiliki pemindai sidik jari yang dipasang di tombol power di sebelah kanan, sedangkan tombol volume di sebelah kiri. Design posisi tombol sangat bagus karena penggunanya dapat menjangkaunya tanpa perlu meregangkan tangan.

Bagian kiri bingkai juga memiliki baki SIM. Bingkai datar di bagian atas dan bawah, dan sementara bagian atas kosong, bagian bawah terlihat sibuk dengan jack headphone 3.5mm, mikrofon utama, port USB Type-C, dan pengeras suara.

Body Realme 8i terbuat dari plastik dan panel belakang memiliki tekstur “arc beam” yang menyembul saat terkena cahaya. Panel ini mengkilap dan sayangnya meninggalkan sidik jari dengan mudah. Modul kamera berada di sudut kiri atas dan sedikit menonjol. Sekilas mungkin terlihat ada pengaturan quad-camera, tetapi hp realme 8i ini hanya memiliki tiga kamera. Salah satu ruang memiliki flash yang diposisikan di dalamnya.

Spesifikasi realme 8i
Realme 8i memiliki layar LCD 6,6 inci dengan resolusi full-HD+ dan kecepatan refresh 120Hz. Ini merupakan peningkatan dari panel 90Hz 720p pada realme 7i. realme 8i memiliki fitur kecepatan refresh dinamis yang beralih di antara enam kecepatan bingkai yang telah ditetapkan (30Hz, 48Hz, 50Hz, 60Hz, 90Hz, 120Hz) tergantung pada apa yang penggunanya lakukan pada smartphone. Ini juga memiliki tingkat sampling sentuh 180Hz dan kecerahan puncak 600 nits.

realme 8i didukung prosesor MediaTek Helio G96 SoC. Ada dua pilihan RAM dan penyimpanan: varian dasar memiliki RAM 4GB dan penyimpanan 64GB, sedangkan yang lebih mahal memiliki RAM 6GB dan penyimpanan 128GB. realme menawarkan fitur Virtual RAM yang memungkinkan smartphone menggunakan beberapa ruang penyimpanan sebagai RAM. Penggunanya dapat menambahkan hingga 5GB RAM Virtual dengan varian teratas.

Media penyimpanan pada realme 8i dapat diperluas menggunakan slot kartu microSD khusus. realme 8i juga memiliki dua slot Nano-SIM dan mendukung 4G serta VoLTE pada keduanya. Ada juga ac Wi-Fi dual-band dan Bluetooth 5, dan tiga sistem navigasi satelit.

Dalam hal perangkat lunak, realme 8i menjalankan realme UI 2.0 di atas Android 11. Realme 8i memiliki baterai berkapasitas 5.000mAh dan dilengkapi dengan pengisi daya cepat 18W di dalam kotak.

Kesimpulan
Kekuatan realme 8i adalah pada performanya. MediaTek Helio G96 SoC dan layar 120Hz membantu menghadirkan pengalaman transisi yang lancar. Kapasitas baterai yang besar dan disertai dengan pengisi daya cepat 18W yang dibundel sudah cukup mengakomodasi kebutuhan pengguna realme 8i yang aktif dan dinamis.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here