Area Cewe

Informasi Kekinian Seputar Cewek Harus Diketahui

Samsung Galaxy S22
Teknologi

Review Samsung Galaxy S22 dan Galaxy S22+: Spesifikasi dan Harga Android Premium Terbaru

Samsung Galaxy S22 dan S22+ mungkin tidak memiliki banyak hal untuk dibanggakan seperti S22 Ultra, tetapi tetap setara dengan iPhone di ranah Android.

HP terbaru dari Samsung Galaxy S sejauh ini menjadi rekomendasi mudah bagi siapa saja yang ingin membeli smartphone Android andalan. Namun, akhir-akhir ini, kita telah melihat banyak merek smartphone China mencoba di segmen smartphone premium, terutama untuk mencoba mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh keluarnya Huawei.

Tiba-tiba, Samsung harus menghadapi persaingan yang lebih serius di ranah premium, selain Apple. OnePlus melompat ke ruang ini dengan beberapa peluncuran andalannya sebelumnya, bersama dengan Xiaomi dan Vivo. Semua merek ini menawarkan produk yang sangat kompetitif yang cocok dan dalam beberapa hal, bahkan melebihi fitur dan spesifikasi yang ditawarkan oleh rekan Samsung Galaxy S, dan sepertinya momentum ini akan berlanjut pada tahun 2022.

Sementara Samsung Galaxy S22 Ultra berada di liganya sendiri dan tidak memiliki pesaing langsung yang berarti, lalu bagaimana dengan Galaxy S22 dan Galaxy S22+? Apakah masih masuk akal untuk memilih salah satu model Galaxy S22 yang lebih konvensional ketika pesaing menawarkan fitur yang setara atau bahkan lebih baik dengan harga lebih rendah? Yuk, baca terus untuk mengetahuinya.

Harga Samsung Galaxy S22 dan Galaxy S22+ di Indonesia
Samsung Galaxy S22 dan Galaxy S22+ masing-masing tersedia dalam dua varian, semuanya dengan RAM 8GB yang sama. Varian 8/128GB Galaxy S22 dibanderol dengan harga sekitar RP.11.999.000,- dan varian 8/256GB dijual seharga Rp.12.999.000,- di tanah air.

Sedangkan untuk varian 8/128GB dari Galaxy S22+ dibandrol dengan harga Rp.14.999.000,- dan varian 8/256GB dihargai Rp.15.999.000,-. Smartphone terbaru ini tersedia dalam warna Phantom White, Phantom Black, dan Green.

Desain Samsung Galaxy S22 dan Galaxy S22+
Kedua HP terbaru dari Samsung ini memiliki elemen desain yang identik dan hanya berbeda ukurannya. Kita akan mendapatkan layar dan baterai yang lebih besar dengan Galaxy S22+, bersama dengan kecepatan pengisian cepat yang sama dengan Galaxy S22 Ultra.

Galaxy S22 sekarang memiliki panel belakang yang berbahan kaca (Gorilla Glass Victus+), dibandingkan dengan panel belakang plastik Galaxy S21. Tampilan kedua model baru ini memiliki perawatan anti gores.

Galaxy S22 yang baru memiliki tampilan estetika yang lebih tajam dengan sisi yang lebih rata dan layar kaca yang rata di bagian depan dan belakang. Kedua smartphone memiliki bingkai aluminium yang sudah dipoles. Lapisan matte pada panel belakang kaca membuat Galaxy S22+ yang memiliki body lebih besar terasa cukup licin di genggaman. Namun, keduanya tidak meninggalkan bekas sidik jari pada body nya.

Samsung Galaxy S22 memiliki layar Full-HD+ Super AMOLED 6,1 inci. Sedangkan untuk Galaxy S22+ mendapatkan layar Super AMOLED 6,6 inci yang lebih besar tetapi mempertahankan resolusi full-HD+. Kedua layar menampilkan kecepatan refresh 120Hz. Layar berlubangnya memiliki bezel yang lebih tipis dan layarnya bagus dalam menahan sidik jari. Modul kamera belakang menonjol beberapa milimeter di kedua HP, membuatnya terlihat goyah jika kita mencoba menggunakannya di permukaan yang datar. Kedua perangkat memiliki peringkat IP68 untuk ketahanan terhadap debu dan air. Samsung Galaxy S22 cukup kecil untuk nyaman digunakan dengan satu tangan.

Spesifikasi dan perangkat lunak Samsung Galaxy S22 dan Galaxy S22+
Samsung Galaxy S22 dan Galaxy S22+ (bersama dengan Galaxy S22 Ultra) adalah smartphone seri S pertama dengan Qualcomm SoCs, bukan perangkat keras Exynos Samsung. Konektivitas nirkabel termasuk Wi-Fi 6, Bluetooth 5.2, dan NFC, ditambah ada port USB Type-C di setiap ponsel. Keduanya memiliki baki SIM ganda, dan mendukung siaga dual-5G pada beberapa pita 5G.

Untuk kapasitas baterainya sedikit menyusut di kedua smartphone terbaru Samsung ini, dibandingkan dengan pendahulunya masing-masing. Galaxy S22 memiliki baterai 3.700mAh yang lebih kecil sedangkan Galaxy S22+ menggunakan baterai 4.500mAh. Smartphone ini menjalankan One UI 4.1 berbasis Android 12.

Performa Samsung Galaxy S22 dan Galaxy S22+
Kedua smartphone ini memiliki tampilan luar biasa yang bernasib baik bahkan di bawah sinar matahari langsung. Layarnya juga mendukung pemutaran HDR10 dan HDR10+. Ini berfungsi seperti yang diharapkan di seluruh aplikasi dan layanan, menampilkan warna hitam pekat dan warna cerah.

Samsung Galaxy S22 dan Galaxy S22+ tampil setara dengan smartphone bertenaga Snapdragon 8 Gen 1 lainnya. Galaxy S22 dan Galaxy S22+ masing-masing mengelola 8.12.284 dan 8.37.822 poin di AnTuTu. Galaxy S22 mencapai 1.177 dan 3.197 poin dalam tes tunggal dan multi-core Geekbench, sedangkan Galaxy S22+ mencetak 1.212 dan 3.248 poin dalam tes yang sama.

Untuk gaming tidak menjadi masalah di kedua smartphone ini. Namun, untuk Samsung Galaxy S22 sering kali menjadi lebih panas daripada Galaxy S22+ saat bermain game dengan grafik tinggi seperti Call of Duty: Mobile.

Daya tahan baterai cukup baik di kedua smartphone. Baterai 3,700mAh Samsung Galaxy S22 mampu bertahan sekitar satu jam bermain game, streaming video, dan beberapa penggunaan kamera, ini cukup mengesankan untuk sebuah smartphone kecil. Sedangkan Galaxy S22+ tampil seperti yang diharapkan, bertahan sekitar satu setengah hari dengan baterai 4.500mAh.

Sayangnya, tidak satu pun dari smartphone ini dilengkapi dengan pengisi daya di dalam kotak, tetapi Galaxy S22 mendukung pengisian cepat hingga 25W dan Galaxy S22+ mendukung hingga 45W.

Kedua smartphone juga dapat mengisi daya secara nirkabel hingga 15W dan juga mendukung Wireless PowerShare, atau kemampuan untuk membalikkan pengisian daya ponsel dan perangkat lain yang kompatibel dengan Qi secara nirkabel.

Kamera Samsung Galaxy S22 dan Galaxy S22+
Samsung Galaxy S22 dan Galaxy S22+ memiliki pengaturan kamera yang identik. Kedua smartphone memiliki kamera utama 50 megapiksel dengan PDAF dan OIS, kamera telefoto 10 megapiksel dengan 3X optical zoom dan OIS, dan kamera sudut ultra lebar 12 megapiksel dengan bidang pandang 120 derajat. Kamera 10 megapiksel (dengan PDAF) di bagian depan masing-masing menangani selfie dengan baik.

Meskipun persaingan Android meningkat di jajaran smartphone premium, namun Samsung Galaxy S22 masih layak untuk diperhitungkan karena saat ini merupakan salah satu flagships kompak terbaik di pasar.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *