4 Cara Hindari Tindak Kejahatan Saat Berkendara

0
397
cara hindari kejahatan saat naik motor
Bike - pixabay

Girls, jaman sekarang sebagai cewe kita dituntut untuk menjadi lebih mandiri. Kita harus bisa melakukan apa saja sendiri, tanpa bantuan dari orang lain. Begitupun dalam urusan berkendara, sebagai cewe jaman now kita harus bisa melakukannya sendiri.

Karena tuntutan jaman, makanya tidak heran banyak sekali cewe yang membawa kendaraannya sendiri, tidak hanya mobil, kini banyak cewe yang membawa motor sendiri loh. Nah, tentu saja ini dapat memunculkan modus kejahatan baru. Oleh karena itu, selain harus bisa berkendara sendiri, kita juga harus bisa menjaga keaman diri kita selama berkendara.

Nah girls, berikut ini empat tips sederhana yang sangat berguna untuk menghindari tindak kejahatan buat kita yang sering menggunakan motor sebagai kendaraan pribadi. Langsung aja yuk, kita simak tipsnya berikut ini.

1. Fokus

cara hindari kejahatan saat naik motor
Motorcycle – pixabay

Ingat yah girls, selalu fokus saat berkendara. Perhatikan rambu-rambu lalu lintas yang ada. Perhatikan juga keadaan jalan selama kita berkendara. Hindari penggunaan earphone selama membawa motor. Selalu jaga jarak aman antara kendaraan kita dengan kendaraan lain.

Sebelum memulai perjalanan jarak jauh, ada baiknya pelajari dahulu rute yang akan kita ambil. Cari tahu dimana titik pos polisi dan pom bensin berada.

2. Kunci ganda
Jangan pernah malas untuk membawa dan menggunakan kunci ganda ya girls. Walaupun kita merasa telah memarkir motor kita di tempat yang aman, sebaiknya tetap gunakan kunci ganda.

Selalu waspada dan antisipasi kejahatan kapan saja dan di mana saja.

3. Bijak dalam memilih rute
Selalu pilihlah rute yang ramai digunakan pengendara lain. Walaupun kemungkinan arus lalu lintas lebih padat, tapi itu akan lebih aman untuk kita.

Jangan ambil resiko mengambil jalan yang sepi demi menghindari macet, karena keaman kita menjadi yang terpenting ya girls. Ingat, minimalisir kemungkinan resiko yang akan muncul ya.

4. Gunakan pakaian dan perlengkapan berkendara yang baik

cara hindari kejahatan saat naik motor
Motorbike – pixabay

Gunakan pakaian yang tepat dan baik setiap kali berkendara. Hindari menggunakan pakaian yang terbuka dan yang akan memancing tindak kejahatan. Gunakan juga sepatu flat yang memudahkan kita untuk mengendarai motor. Dan jangan lupa kenakan helm yang sudah SNI ya girls.

Waspada itu penting banget loh girls, apalagi di saat berkendara. Karena tindak kejahatan bisa terjadi kapan saja, jadi tindakan antisipatif akan jauh lebih bijak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here