SLS dan Paraben Pada Kosmetik, Benarkah Berbahaya?

1
46
Bahaya SLS Dan Paraben Pada Makeup
Bahaya SLS Dan Paraben Pada Makeup

Girls, pasti sudah banyak yang mendengar bahwa kandungan SLS dan Paraben pada kosmetik itu berbahaya dan bisa memicu kanker. Tapi apakah benar, SLS dan Paraben itu berbahaya? Benarkah kedua bahan kimia tersebut mampu memicu kanker pada manusia? Well, kita cek dulu yuk ulasannya berikut ini.
Girls, sebelum kita membahas bahayanya SLS dan Paraben untuk tubuh, sebaiknya kita ketahui dulu yah apa sih SLS dan Paraben itu?

SLS (Sodium Lauryl Sulfate)
SLS atau Sodium Lauryl Sulfate adalah bahan kimia yang lazim kita temukan di produk-produk kosmetik, misalnya saja seperti sabun mandi, sabun wajah, pembersih makeup, shampoo atau bahkan pasta gigi. seperti sampo, sabun badan, sabun wajah, pasta gigi hingga deterjen. Biasanya SLS itu ada pada produk-produk pembersih atau produk hygiene.
Ciri-ciri produk yang mengandung SLS adalah produk tersebut memiliki busa yang lebih banyak. Karena busa inilah yang bekerja sebagai pembersih dari debu dan minyak.

Bahaya SLS
Bahaya SLS

Lalu apa sih sebenarnya fungsi SLS?
SLS berfungsi untuk melepaskan lapisan minyak permukaan benda dan kemudian menangkap seluruh jenis kotoran yang melekat pada benda tersebut. SLS pada produk kosmetik atau kecantikan mampu melepaskan lapisan minyak serta molekul-molekul dalam kulit jadi proses pembersihan kotoran lebih efektif.

Kedengarannya sih bagus yah girls, karena SLS sangat efektif membersihkan kotoran. Tapi, sebagai tambahan informasi, bahan SLS ini dihasilkan dari minyak kelapa sawit yang mengalami proses produksi, jadi terdapat campuran kimiawi di dalam SLS.
Selain terdapat campuran kimia di dalamnya, cara kerja SLS yang mengangkat minyak secara menyeluruh tentunya dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Inilah mengapa SLS dapat menyebabkan iritasi dan gatal pada kulit.

Paraben
Paraben adalah zat kimia yang digunakan sebagai pengawet pada produk kecantikan. Paraben juga mampu mencegah timbulnya jamur dan bakteri, serta menjaga kualitas produk kecantikan.
Paraben sendiri punya beberapa jenis, di antaranya yang sering ditemukan pada produk kosmetik adalah methylparaben, propylparaben, and butylparaben. Namun tahukah bahwa jenis methylparaben dan ethylparaben dapat berubah menjadi racun apabila terpapar oleh sinar ultraviolet? Keduanya mampu menyebabkan iritasi, kerusakan pada kulit serta penuaan dini.

Bahaya SLS dan Paraben
Bahaya Paraben

Apakah SLS dan Paraben Harus Dihindari?
Memang belum ada larangan penggunaan untuk kedua bahan kimia ini, ditambah belum ada penelitian profesional yang membuktikan bahwa SLS dan Paraben menyebabkan kanker dan penyakit lainnya.

Namun seperti yang kita tahu, penggunaan bahan kimia yang berlebihan tentunya sangat tidak baik untuk tubuh. SLS dan Paraben pun apabila digunakan terus menerus akan terakumulasi di dalam tubuh, dan itu tentunya ngga baik kan, girls?
Penggunaan produk-produk kecantikan yang bebas akan SLS serta Paraben akan jauh lebih baik untuk kesehatan kulit dan tubuh kita, girls. Biasanya produk-produk yang bebas SLS serta Paraben merupakan produk alami, sayangnya produk-produk tersebut memiliki daya tahan yang pendek alias cepat expired.

Well, pada akhirnya keputusan ada di tangan kita. Masih mau menggunakan produk yang mengandung SLS dan Paraben?

1 COMMENT

  1. I’m really enjoying the theme/design of your website. Do you ever run into any browser compatibility problems? A couple of my blog audience have complained about my website not working correctly in Explorer but looks great in Firefox. Do you have any tips to help fix this problem?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here