Apa Itu Teknologi Hologram

1
39
Hologram Teknologi
Hologram Teknologi

Hologram adalah salah satu aplikasi laser untuk menghasilkan realitas maya holografik dan memberikan gambar tiga dimensi imajiner yang merekam semua informasi, yang menghasilkan hologram, dan holografnya adalah proses merekam gangguan gelombang yang berasal dari sinar laser pada media yang sangat sensitif terhadap cahaya.

Dimana sinar laser dibagi menjadi dua sinar yaitu pancaran sumber dan sinar tubuh yang bertemu pada medium sensitif, kemudian merekam interferensi antara kedua sinar tersebut, dan gangguan ini muncul dalam bentuk yang secara fisik dikenal sebagai ( pinggiran interferensi), dan ketika media ini diterangi kembali oleh pinggiran interferensi dengan sinar yang sama. Laser menunjukkan gambar tiga dimensi tubuh di ruang angkasa.

Ada perbedaan antara kata “Holograf” dan “Hologram”, karena proses pencatatan objek dan desain tiga dimensi disebut proses holografik, dan media perekamannya adalah holograf, sedangkan hologram adalah produk akhir dari proses perekaman, yang mengandung dua suku kata dari kata tersebut; Suku kata pertama adalah Holo yang artinya utuh, artinya lengkap, dan gram artinya pesan, artinya pesan lengkap atau gambaran lengkap.

Industri hologram telah berkembang dan dieksploitasi dalam bidang desain arsitektur interior dalam skala besar, seperti pembuatan lukisan seni holografik, model arsitektur holografik, lukisan dinding bergerak, jendela holografik, dan ubin holografik, dan semua elemen tersebut menjadi nampak pada ruang arsitektur interior.

Karena ketergantungan holografik pada warna, cahaya, dan sudut pandang yang berbeda terus mempesona penonton, ini adalah efek dinamis permanen, dan setiap kali perspektif penglihatan berubah, efek dan warna baru ditemukan, dan desainer harus mempertimbangkan apa yang akan diterima oleh penerima. lihat ketika bergerak di sekitar karya seni, dan tidak puas dengan satu sudut pandang seperti yang dulu terjadi saat Penggunaan media tradisional.

Hologram adalah cara untuk mewarnai ruang internal, menciptakan jenis konfigurasi warna menggunakan cahaya, dan juga menonjolkan nilai estetika yang setelah menggunakan hologram menjadi lebih kaya dan lebih bervariasi, sehingga keragaman dalam holograf bermula dari sifatnya yang berubah seiring perubahan lingkungan sekitarnya.

Jenis Teknologi Hologram

Hologram Transmisi Laser/ Hologram Transmisi Cahaya Putih

Jenis ini juga disebut Hologram Pelangi, dan desainer serta seniman dapat sepenuhnya mengontrol warna yang dihasilkan oleh jenis ini untuk menghasilkan desain dengan warna khusus atau warna alami.
Ada teknik lain yang telah dikembangkan melalui hologram spektroskopi untuk membuat ubin holografik dengan desain seluler untuk menunjukkan pergerakan dan meningkatkan kemampuan produksi kuantitatif ubin ini.

Holografi Berdenyut

Laser digunakan dalam pembuatannya dengan cara yang mengalir, cepat dan kuat untuk merekam bentuk yang akan difoto dalam beberapa nanodetik, karena dekat dengan flash kamera.

Holografi Integral

Ini dikembangkan untuk menggabungkan holografi dan sinematografi untuk merekam adegan atau desain animasi, dengan menempatkan sejumlah bidikan berurutan dua dimensi dan mengubah setiap bidikan menjadi hologram, sehingga hologram melekat satu sama lain, seperti benda bergerak apa pun. bioskop, video, film grafis atau desain Seni animasi yang dapat diubah menjadi hologram integral, dan jenis ini digunakan dalam apa yang disebut ubin animasi, ubin kehidupan, yaitu ubin holografik yang berisi desain bergerak yang digantung sebagai lukisan dinding dalam arsitektur interior .

Hologram Timbul

Ini ditandai dengan perwujudan sederhana dan proyeksi elemen desain.

Holografi elektron

Merupakan proses yang bertujuan untuk menghasilkan hologram oleh komputer secara real-time untuk proses pencitraan holografik (Real-time), dengan menghitung unit yang mengganggu dan merekonstruksi gambar secara cepat pada film holografik, namun jenis ini masih memiliki batasan yaitu itu berhenti dan tidak bisa menyeberang. Hal ini disebabkan oleh banyaknya informasi yang harus ditangani komputer melalui proses holografik. Batasan ini terbatas untuk menghasilkan hologram dengan bobot dan akurasi rendah.

Holografi digital

Printer holografik digunakan untuk tujuan ini dan berisi masker mekanis untuk paparan cahaya dengan akurasi tinggi, yang memungkinkannya untuk memindahkan film holografik ke semua sudut dan menampilkan desain padanya.

Printer holografik bertujuan untuk menghasilkan hologram tradisional dengan konten digital dan bukan dengan menggunakan pemandangan nyata, dengan menciptakan pemandangan virtual atau desain dengan program komputer, seperti gambar Cad / 3dmax atau salah satu program tiga dimensi dan mengubahnya menjadi biasa. hologram cocok untuk banyak aplikasi arsitektur, seperti visualisasi. Penggagas mesin arsitektur miniatur, dan di antara karakteristiknya adalah memungkinkan pengamat untuk berjalan ke kiri dan kanan maju dan mundur untuk melihat lebih dari satu perspektif bangunan atau kota, seolah-olah dia sedang berdiri di depan bangunan yang sebenarnya, dan Akibat banyaknya informasi yang dapat disimpan dalam hologram digital, kualitas yang didapat menjadi sangat prima.

Efek hologram terkait dengan cahaya insiden. Sinar matahari yang cerah memberikan efek warna yang kuat, sedangkan pencahayaan yang lebih sedikit akan menghasilkan efek yang lebih lembut dengan warna pastel yang halus, dan untuk pencahayaan malam hari juga memberikan efek yang berbeda dengan warna yang berbeda.

Hologram juga dapat digunakan di pintu, partisi, dan furnitur rumah, dan desainer dapat mengontrol warna dan bentuk yang dikeluarkan oleh hologram dari semua sudut menggunakan komputer, dan gambar holografik dapat diubah ke skala bangunan yang sebenarnya dengan empat fasad di tanah yang akan dibuat, atau patung imajiner di lapangan sebelum Pelaksana untuk merasakan ukuran dan ketinggiannya dan menyesuaikannya sebelum implementasi.

Ada juga metode untuk menampilkan hologram pada layar empat dimensi, yang sulit untuk diperhatikan oleh penonton, sehingga hologram tampak bagi kita seolah-olah menyatu dengan penonton, dan penonton dapat memakai kacamata kutub untuk juga memperolehnya. tampilan gambar tiga dimensi menggunakan proyektor laser, karena dapat menampilkan dua salinan dari gambar yang sama pada saat yang sama, tetapi pada dua sumbu yang berbeda, dan kacamata terpolarisasi memisahkan dua gambar, yang menghasilkan setiap mata melihat tampilan yang berbeda dari gambar yang sama, yang membuatnya tampak stereoskopis dan berguna dalam karya model cantik di ruang internal.

Hologram Teknologi
Hologram Teknologi

Elemen optik holografik dan sifat hemat energinya dalam lingkungan arsitektur

Selain nilai estetika holograf, properti praktis dapat ditambahkan ke dalamnya. Untuk digunakan dalam lingkungan arsitektural untuk menghemat energi, jenis ini disebut HOE – Elemen Optik Holografik.

Ini digunakan untuk menaungi dan memantulkan arah jatuhnya sinar matahari pada bangunan dan jendela pada sudut tertentu sambil membiarkan sinar melewatinya dan mengarahkannya ke dalam ruang ke kedalaman yang lebih dalam untuk mendapatkan lebih banyak cahaya alami, sehingga mencapai penghematan dalam energi yang dikonsumsi dalam penerangan dan AC, dan ini dicapai dengan menggunakan hologram semi-transparan yang dapat mengontrol energi matahari di gedung tanpa mengurangi dampaknya.

Teknologi hologram adalah teknologi masa depan yang akan merubah cara manusia berinteraksi dan berkomunikasi.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here