Begini Performa Whitechapel, Prosesor Google Pixel 6

0
1058
Whitechapel Google Pixel 6
Whitechapel Google Pixel 6

Menurut rumor yang beredar, Google sebentar lagi akan merilis smartphone terbarunya, yaitu Google Pixel 6 Series. Untuk smartphone terbarunya ini, Google dikabarkan akan menggunakan chipset khusus besutannya sendiri yang dinamakan Whitechapel. Chipset Whitechapel dilaporkan akan memiliki performa yang hampir setara dengan SoC Qualcomm Snapdragon 870. Benarkah demikian?

Google Pixel 6 yang akan dirilis sebentar lagi diberitakan akan menggunakan chipset khusus sendiri bernama Whitechapel. Chipset ini dirancang oleh Google bersama dengan Samsung. Laporan terbaru mengungkapkan, kinerja chip ini akan hampir setara dengan SoC Qualcomm Snapdragon 870.

Berdasarkan rumor yang beredar, Whitechapel akan menyaingi chipset Snapdragon 870. Ini menandai perubahan besar bagi raksasa pencarian itu yang selama ini selalu memadukan perangkatnya dengan prosesor Qualcomm. Kabarnya prosesor tersebut akan dibangun dengan 5nm dan kinerjanya akan berada di antara Snapdragon 888 dan Snapdragon 865.

Snapdragon 870 sendiri hadir sebagai prosesor flagship alias kelas atas, dan merupakan varian yang di-overclock dari Snapdragon 865+. Google tidak akan mengikuti secara mentah-mentah kinerja dari Snapdragon 888, untuk Whitechapel, Google akan berfokus pada peningkatan proses Pembelajaran Mesin (Machine Learning) dan kecerdasan buatan (AI). Karena Google tidak memiliki divisi khusus grafis seluler internal, maka Whitechapel kabarnya akan dipasangkan dengan GPU Mali.

Sebelumnya, bocoran dari Weinbach juga mengungkapkan beberapa spesifikasi yang diduga terkait dengan layar Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Google Pixel 6 akan hadir dengan resolusi layar FHD+ dan menawarkan kecepatan refresh tinggi, 120Hz. Sedangkan untuk Google Pixel 6 Pro akan hadir dengan resolusi yang lebih tinggi, yakni QHD+ serta kecepatan refresh yang sama.

Google Pixels 6
Google Pixels 6

Smartphone terbaru dari Google ini akan memiliki kapasitas baterai jumbo, yaitu sebesar 5.000 mAh. Walaupun demikian, belum ada konfirmasi resmi apapun dari Google terkait perangkat yang akan datang ini. Jadi, kita tunggu saja yah, pengumuman dari Google secara resmi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here